Buscar

Loading...

PENGMAS REALITA III ILP2MI #1


Bismillah…

Alhamdulillah, usai juga 1 pekan PENGMAS REALITA III ILP2MI (Pengabdian Masyarakat Realisasi & Aplikasi Hasil Penelitian III Ikatan Lembaga Penalaran & Penelitian Mahasiswa Indonesia). Subhanallah, mengasyikkan sekali, hha.

Kegiatan ini berlangsung +- dalam 1 pekan yakni tanggal 1-6 April 2013 di Jember. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini ada 65 orang yang berasal dari 25 universitas yang tergabung dalam ILP2MI. 


Realita III ini dilaksanakan di Dudun Lengkong, Deda Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember.
 Peserta yang mengikuti pengmas ini berasal dari:
1. UKM Penelitian Unnes 
2. R'nB Undip 
3. SIM UNS 
4. RIPTEK Unnes 
5. LKM UNJ 
6. MUDA(UKPM) UNJ 
7. UKM P&K UNSWAGATI 
8. LPM INSTIKA 
9. BRM UNTAD 
10. RISET UNSOED 
11. UNRI 
12. LKP2M UIM Malang 
13. UKMP UNY 
14. LKIM PENA UNISMUH Makasar 
15. UKM KPM UMY 
16. KALIMAS ISI 
17. UKM UNAIR 
18. PPIMP UNP 
19. UKM P&K Universitas Gorontalo 
20. UKMKPI Unhas 
21. UKM Penalaran UNIKAMA 
22. UKM Penalaran Universitas Andalas 
23. UB 
24. LPM Penalaran UNM 
25. UPI UGM

Dengan digawangi UKM PELITA Universitas Jember ^_^

Nah ini penulis akan bercerita(via tulisan) beberapa sekuel yang kami jalani. Hhe.
Cap cus…

SABTU, 30 MARET 2013

Kami(kontingen Undip(mas Malik, Mega, dan aku) rencana berangkat setelah sholat Maghrib), namun qodarullah belum jua ada Taksi kosong yang siap mengantar kami. Baru jam 8.11 PM kami dari Sukun bersama kontingen Unnes(mas Hudi, mas Arif, dan Agus). Jam 10.18 PM sampai Boyolali dan jam 11.03 PM kami tiba di Solo. Oya, kami naik bus EKA.

AHAD, 31 MARET 2013

Kami sampai Terminal Bungurasih, Surabaya jam 5.36 AM dan sampai di Terminal Jember jam 10.49 AM. Setelah turun kami dijemput oleh mas Reza dan mbak Amalia. Kami diantar ke UNEJ(Universitas Negeri Jember).

Sesampai di sana kami bertemu mbak Dian P. (LO untuk R’nB Undip). Kami menuju kamar, di kamar 015 ada 2 peserta lain dari INSTIKA yakni ada mbak Zizi(2010) dan mbak Iin(2009). Nah, di kamar sebelah ada anak-anak UNS yakni ada Afi(2012), Ayik(2011), dan Mira(2011). Peserta UNS merupakan peserta yang diseleksi terlebih dahulu yakni dengan membuat PKMM.
Ada acara yang terlewatkan pada hari ini, entah kenapa, hmm.

SENIN, 1 APRIL 2013

Kami tidak berolahraga pada saat ini. Pada hari ini kegiatannya ialah memberian amunisi materi untuk bertempur. Sebelumnya ada pembukaan, acara dibuka dengan Pembacaan Al-Qur’an, Laporan Ketua Panitia yakni mbak Hidayatul Ulyah, Sambutan Ketum PELITA yakni mbak Hanifatul Imtitsal, Sambutan Sekjen ILP2MI yakni Daeng Soma Salim Sain, sambutan PR3 UJ, dan Sambutan Bupati Jember.

Oya, ada pementasan tari juga, oleh 2 mbak-mbak. hhe

Setelah pembukaan itu, ada perkenalan untuk tiap UKM. Saat ini, R’nB tidak hanya memperkenalkan diri saja, namun juga memperkenalkan UTC(Undip Technopreneurship Challange).

Kemudian acara selanjutnya ialah materi “Saatnya Pemuda Berkarya untuk Masyarakat” yang disampaikan oleh mas Muhammad Rif’an Rahmatulloh. Masnya mengawali materi dengan diskusi tentang keadaan Indonesia sekarang ini, awalnya dikit yang mengacungkan jari, namun setelah mau berakhir banyak yang mau mengacungkan jari, hhe. Materi selanjutnya ialah “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan dan Pengembangan Masyarakat” yang disampaikan oleh mbak Dian Rismawati. Jleb juga pas materi ini, karena ada video tentang Negara terkaya yakni Indonesia. Selanjutnya ialah materi “Public Speaking” yang disampaikan oleh ibu Selfi B. Helpiastuti, S.Sos, M.Si. fun banget pas materi ini, ibunya asyik, gak bikin bocan deh, hhe. *Yang pengen ngopi materi bisa ke saya, hha*

Setelah amunisi dikantongi, pada malam harinya pembagian kelompok. Ada 3 kelompok besar, yakni ada Tim Potensi Lokal, Tim Pendidikan Anak, Tim Pendidikan Guru. Tim Potensi Lokal berkecimpung pada pembuatan pupuk kompos dan pembibitan (sawi, pare, dkk). Tim Pendidikan Anak masih dibagi 2 yakni untuk anak MI dan untuk anak SD. Sedangkan untuk Pendidikan Guru lebih ke arah memotivasi guru.

Sebenarnya juga belum begitu selesai diskusinya, tapi ruang akan segera ditutup, jadi kami membubarkan diri +- pukul 10.00 PM.

Kami kembali ke penginapan dan tidurrrr XD 

Pada hari ini kami berkenalan dengan peserta lain, dari berbagai daerah, berbeda adat, berbeda logat. Hari ini sebagai start up untuk kegiatan kami di hari mendatang. Spesifikasi kelompok memudahkan diskusi dan persiapan amunisi.

Point-point yang perlu diperhatikan:
1. Bhineka Tunggal Ika
2. Hari awal harusnya bisa menjadi wadah agar kita saling kenal, dengan kawan darimanapun, karena beberapa hari ke depan kita akan bekerjasama dengan mereka. Kenali karakter masing-masing.
4. Buat run down bayangan agar kegiatan tidak molor-molor.
5. Antusiasme yang selalu perlu dipupuk. 


Ditulis Oleh : asysya

Artikel PENGMAS REALITA III ILP2MI #1 ini ditulis oleh asysya pada hari Sunday, 7 April 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang PENGMAS REALITA III ILP2MI #1 dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 comments:

yaser arafat

mantap blognya.....

Masdhiana

Makasih mas Yaser ^^

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron