Jalan Panjang Kepenulisan dan Manfaatnya

Bismillah..

Kesabaran dibutuhkan untuk meraih sebuah cita-cita merupakan hal yang mustahil jika kita ingin meraih cita-cita kita sedangkan kita hanya berleha-leha dan tak sabar menanti sang durian runtuh. Berpangku tangan dan santai (maksudnya terlalu santai) juga bukan hal yang bagus untuk meraih cita-cita. Diperlukan pengorbanan, di saat yang lain bersenang-senang namun kita mau terbenam dalam sebuah pengorbanan. Ingatlah, bahwa sesuatu yang diperoleh dengan berkorban itu akan lebih berkesan.

Dalam hal ini penulis mau membahas hal ini menjadi hal yang lebih spesifik, yakni meraih cita-cita sebagai penulis. Penulis, bukanlah suatu cita-cita yang mudah untuk dilakukan, menulis juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, silakan Anda akan memilih mindset yang mana.

Jika kita ingin bisa, nampaknya pilihan kedua menjadi opsi kita. Menulis itu gampang, ya menulis itu gampang, kita tinggal menungkapkan apa yang kita fikirkan, apa yang kita kerjakan, apa yang kita rasakan dalam sebuah karangan, untuk awal-awal karangan bebas dulu lah, tanpa memperhatikan panjang atau pendek.
 
Seperti yang pernah penulis sampaikan, janganlah memikirkan apa yang akan kita tulis, jangan pernah, karena hanya akan menjadikan kita bingung, tapi tulislah keadaan di sekitar kita, yang kita rasakan, yang kita lakukan, atau yang kita fikirkan. Untuk bisa menjadi penulis yang lancar menulis jangan tertingggal oleh kita untuk menuangkan pemikiran atau pikiran kita, melalui diary misalnya, jangan hanya cukup dengan menulisi tamat sebuah buku diary tapi membutuhkan beberapa (more than one) buku diary yang musti kita isi.

Segera tangkap dengan cermat setiap hal yang keluar dari alam fakir kita, jangan lama-lama untuk membiarkannya begitu saja, keburu hilang nantinya. Tak beda dengan ucapan, banyak hal yang bisa kita tuliskan, uneg-uneg, curhat, pengalaman, how to, dsb. (Hehe tapi perhatikan pula tempat kita menuliskannya, jangan sembarangan menulis, fikir ulang apakah ini pantas ditulis di sini atau tidak) Dari pengalaman yang penulis alami (ehem), menulis itu bisa melegakan perasaan, bisa membangkitkan semangat, bisa merubah emosi, dsb bi idznillah (dengan seizing Allah) tentunya.

 Menulis, sebuah profesi yang nampak geliat-geliatnya, namun hanya sebagian orang yang terjun ke dalamnya, ayo kita jadi penulis sebelum lowongan untuk menjadi penulis berkurang. O iya, dengan menulis menjadi abadilah karya kita dengan catatan tidak kita cabut tulisan tersebut . Tulisan tetap hidup dan menambah pahala (just for tulisan yang positif) meski jasad kita terbujur kaku di liang lahat.

Sudah siap jadi penulis?? Ayo gerakkan jari jemari kita untuk menghasilkan karya-karya berisi bukan sekedar tong kosong berbunyi nyaring. Keep writing and blogging!!
Readmore >>

Aktivis Pindahan dari Dunia Nyata ke Dunia Maya

Bismillah.. Aktivis, dulu begitu menggebu diriku ingin selalu berkecimpung menjadinya, seorang aktivis yang sering disibukkan dengan tumpukan proposal, seorang yang berjalan dengan cepat dikejar waktu, seorang yang rajin berbicara di depan umum, seorang akhwat yang mengendarai motor dan berjaket dalam menjalankan tugasnya, yang menyuarakan spanduk-spanduk religius, nasionalis, dan sebagainya, seorang yang begitu sibuk dengan bejibunnya kegiatan, hingga kadang ada yang kelimpungan dengan dirinya sendiri (sekolah).

Hmmm,. Kini tak begitu berminat aku dengan itu semua, biarlah diriku disibukkan dengan aktivitas menuntut ilmu (syar’i), mempersiapkan kehidupan setelah matiku, mencari perbekalan untuk kampung akhirat nun jauh di sana. Kini biarlah aku menjadi aktivis dunia maya saja. Yang di sana ku tak perlu banyak mengumbar suara, tak perlu berjalan di jalanan untuk berorasi, tak perlu begitu disibukkan dengan kegiatan yang justru tak begitu mengena untuk ruhaniku, tak melenceng dari aqidah ahlus sunnah, tak begitu salah pemahaman.

Kucukupkan di sini, dan mungkin ini dunia ku, aku menyukai tulis menulis, aku lebih suka menuangkan pemikiranku dalam bentuk tulisan yang bisa diedit atau bisa diperbaiki. Maaf untuk kawan-kawan lamaku, kutinggalkan kalian, tak kudengar kabar kalian, hanya samar-samar yang semakin meredup, maaf tak kuteruskan perjalanan, kuberhenti. Maaf aku tak seperti yang dulu. Aku menginginkan kebaikan dan aku ingin mencari kebaikan, aku ingin terus menjadi pencari, tak henti. Hingga kaki ini bersatu dan seluruh tubuh berbalut kain putih bernama kain kafan. Aku juga ingin kalian menemaniku, mencari bersamaku, agar kalian juga merasakan keindahan, keindahan yang kurasakan, dan berusaha berjalan bersama melawan arus deras fitnah yang bertebaran.

Kuharap suatu saat bisa kita berjalan di jalan yang benar, kita bisa saling mengingatkan, bisa saling menasihati, bisa saling memberi dan menerima. Kita bisa bersatu, di dunia maupun di akhirat nanti (di tempat yang lebih indah tentunya). ^^ I love u all coz Allah, hanya karena Allah saja.
Readmore >>

permohonan kritik dan saran

assalaamu'alaykum... para pembaca yang semoga senantiasa dirahmati Allah, alhamdulillah telah beberapa bulan blog ini ada, maka dari itu penulis mohon kritik dan saran demi perbaikan blog ini. silakan ungkapkan uneg2 antum mengenai blog ini di kolom komentar. jazakumullahu khoiron
Readmore >>

Kisah Jerat Maksiat Ikhwan Akhwat

bismillah.. Kaefa halukum ikhwah?? Nimen hao ma?? Bagaimana kabar Anda?? Penulis ingin menceritakan kisah seorang akhwat yang (semoga) bisa kita ambil hikmahnya. Kisah klise yang mungkin sudah umum, namun tak apa lah mungkin bisa menambah perbendaharaan kisah yang kita punya. Agar lebih enak penulis akan bercerita dengan sudut pandang orang pertama pelaku pertama. Hehe, afwan ya kalo kebanyakan intro, langsung aja simak baik2 ya, kemudian insyaAllah akan penulis kupas cerita ini pelan2 di bagian akhir tulisan ini.

Kurang lebih 1 semester kisah ini bermula. Saat aku akan dan sedang menginjak tingkat 2 di bangku SMA. Saat itu aku baru awal2 dalam dunia maya, belum mengetahui apa2, ilmuku tak seberapa. Kutertarik membuat blog, karena banyak majalah yang memperbincangkannya dan mungkin bisa sebagai sarana aktualisasi diriku yang ingin menjadi seorang penulis. Kulangkahkan minimal sekali dalam sepekan untuk berkunjung ke warnet ato tempat lain yang bisa kugunakan untuk menyambangi dunia maya.

Awal tahun 2009 kubuat blog
, yang masih minim, minimalis sekali. Seorang blogger pemula yang ingin langsung dikomentari. Hemm ^^. Awalnya dengan ilmu seadanya ku posting blogku (ambigu gak ya?). Selain blogging kegiatanku ya browsing, surfing, searching, downloading, hehe tapi gak termasuk swimming, cooking, emping juga enggak ^^. 


Ketika kubuka blog seseorang kubaca sedikit, kemudian kukomen agar mengunjungi blogku yang masih buruk rupa ^^. Dari apa yang kubaca di majalah agar blog kita dikunjungi dan ato dikomentari pengunjung kita harus meninggalkan jejak, nah aku pake cara ini walo pun aku tak membaca secara keseluruhan blog yang kukunjungi itu. ^^V

Apa yang ingin kuketahui ku cari di internet, paling sering ya masalah agama, kalo yang di luar agama kadang c. hingga suatu saat ku ketik key word kota kelahiranku. Dari halaman satu ku berpindah ke halaman yang lain. Kadang menyarankan blog yang kukunjungi untuk menyambangi blogku. Hingga pada suatu blog, kubaca sedikit mengenai blog itu, aku sudah mencium gelagat dari bau itu, ya tetap saja kutulis jejak berupa alamat blogku.

Karena keawamanku mengenai dunia maya, kutulis hal2 mengenai diriku yang lebih gamblang, hingga nomor hape juga, padahal aku kan seorang akhwat, kalo ikhwan ja gak begitu masyalah hla ini. Hmm,,ckckck Hmm, masalah mulai muncul ni.


Suatu hari ada nomor tak dikenal masuk di hapeku. Suatu awal yang tak begitu kugagas (kupikir). Secara awal ya salam yang terlontar.tidak begitu kuhiraukan. SMS kedua-ketiga bertanya, ya kujawab seperlunya. Akupun menanyainya dan dia menjawab. Karena SMS2 itu aku pun terusik pada orang itu. Hingga berminat lah diriku membuka ulang blognya. Yaya, cukup kuketahui dia orang apa, dari hal2 yang tertata memenuhi blognya. Tak begitu tertarik. Dia sedaerah denganku namun ia bersekolah di luar daerah. Dia bertanya, ya kujawab seperlunya. Hingga menjelang pemilihan (hehe lupa2 ingat pemilihan apa) aku bertanya-tanya, dari info yang kudapat mengenai orang seperti ini harusnya begini namun kenapa dia tidak seperti ini. Benakku terusik kembali.

Hingga kutanyai dia, cara pandangnya semakin menguatkan aku meyakini dia bahwa ia orang X (seperti ini saja ya menjebutnya). SMSan pun terjalin di antara kami, dan setanpun bertindak dalam hal ini, meniupkan bisik2nya, merayuku dengan angan indah. Dan tepat berhasillah setan menggoda diriku yang waktu itu juga terserang futur, hingga futur berkepanjangan. Setan pun menampakkan indah apa yang kuperoleh darinya, semakin memperindah pandanganku mengenai dia. Terjerumuslah aku pada lembah yang sudah seharusnya kami tinggalkan, karena kami sama2 tahu dan kami juga sesama aktivis dakwah.

Suatu aib yang amat cela. (semoga pembaca tidak terjerumus pada lembah ini, astaghfirullah, ampuni kami ya Allah). Pandanganku semakin buta (mungkin) kuanggap setiap kami berinteraksi (SMS, mxit sedikit) pasti ada ilmu yang kuperoleh. Namun yang haram tetap saja haram. Aku berkeinginan SMSan ini hanya ketika libur dan ketika kembali ke bangku sekolah sudah putus SMSan di antara kami. Suatu awal yang berat untuk memutus jerat SMSan di antara kami, bahkan aku juga sudah membuat fesbuk. Dipastikan dia bisa ol setiap saat, dan akupun juga menyukai aktivitas ini karena bisa mengembangkan kemampuanku dalam bidang kepenulisan, (dalihku). Beberapa kali Allah mengingatkan aku, peringatan yang harusnya membuatku sadar. Walau kadang ia menyapaku dalam chat room, namun tak ku gubris dan butuh perngorbanan yang besar untuk ini.

Lama-kelamaan kami pun sadar akan dosa kami, akan kelalaian kami, akan bergelimangnya kesalahan kami. Kami mencoba berlepas satu dari lainnya, beraattt sungguh berraaatttt. Hati harus kugadaikan dalam transaksi ini. Kubang dosa kami masuki dan kami harus menerima resiko. Kucoba bertahan, bertahan dengan luka ini. Kubawa pergi dan kututup dengan daun kesabaran. Ku pinta pada-Nya agar Ia menyembuhkan dan menutup luka ini. Walau terlihat bekasnya, namun alhamdulillah aku bisa pergi dari lubang dosa ini.
 


Pelajaran yang bisa kusampaikan bagi para akhwat => mungkin kita tak begitu tertarik pada seorang cowok, tapi setan tetap saja pintar menggoda kita, begitu ada celah ia masuki tuk merayu kita layaknya bapak ibu kita dulu Adam dan Hawa,. Celah itu dimasuki dengan seseorang yang berlabel ikhwan, ya ikhwan sebutannya.

Ikhwan dalam pandangan:
orang yang sudah liqo, sudah ngaji, berjenggot (meski tipis), ya yang pasti paham agama. Setan menjebak kita, hubungan ikhwan-akhwat yang tetap saja haram. Bagi akhwat, kusarankan jangan kau cicipi hal haram ini, karena belum saatnya, belum halal, dan lagi kau kan rasakan pada akhirnya. Sebuah akhir yang menyakitkan karena memang kita tak tahu dia jodoh kita atau bukan dan semua itu tanpa kepastian. Maka janganlah kau masuki lembah ini, sakit yang tiada kira mungkin, tak terperikan. Kalo sudah siap saja bisa langsung dinikahkan (hehe) tapi permasalahannya kita belum siap dan belum mempersiapkannya, hanya puasa tameng kita. Ya puasa bisa menjadi perisai bagi kita yang belum bisa menunaikan ibadah separuh dien kita ini.

Walau berakhir sakit, namun ada beberapa ilmu yang bisa kuambil, aku kembali menapaki sebuah jalan yang dulu sempat kutinggalkan. Jalan yang dulu kuyakini, dan alhamdulillah kini kukembali dengan cara yang lain. Alhamdulillah kutemukan hal2 yang lebih baik setelah meninggalkan ke-haram-an ini. Alhamdulillah, sekarang bisa kembali dan dipandu oleh akhwat2 (yang awalnya juga dikenalkan olehnya, alhamdulillah bisa bertemu (just in cyberspace) akhwat yang sekufu dengannya dan ini lebih baik insyaAllah). Senyum pun terukir, ternyata di balik musibah yang menyakitkan ini tersibak kebaikan bagi diriku. Memang Allah memberi yang terbaik menurut-Nya. Dan inilah aku. Alhamdulillah. Alhamdulillah sekarang sudah sadar dan sudah tidak berinteraksi.”


Alhamdulillah, penulis turut bersuka cita dengan keadaan sekarang akhwat ini, Allah telah berikan hikmah kepadanya dan semoga berkekalan dan ia beristiqomah serta melakukan ini karena Allah.

Dari kisah si atas kita bisa mengambil pelajaran, yakni:
1. jangan berhati2 di dunia maya saja, namun di dunia maya juga, karena setan tak akan menyerah hingga kita terjerembab ke lubang maksiat.
2. HTS(hubungan tanpa status) / pacaran terselubung via chatting,fb, ato hp ikhwan akhwat mungkin kita akan senang di awal, namun rasakanlah di akhir. (hehe, agak geram ni). Sebuah awal yang penuh bumbu2 racikan setan yang bertabur kebahagiaan, namun di akhiri dengan rasa sakiittt (bagi yang belum mampu menyempurnakan separuh dien). ^^
3. Allah memberikan yang terbaik untuk kita, so don’t be sad!! Inilah pilihan Allah dan pasti ada hikmah/kebaikan yang bisa kita ambil.
4. percayalah bahwa kita pasti bisa memutus sesuatu yang haram.

Kita berdoa semoga Allah senantiasa menjaga kita dari hal yang semacam ini, bila sudah terjadi mari kita perbaiki, kita set ulang agar cinta kita hanya tertuju pada-Nya, puasa jangan lupa kita laksanakan sebagai tameng bagi yang belum mampu menikah, semoga hari ini lebih baik daripada kemarin, semoga keberkahan Allah selalu meliputi kita. Aamiin. ^^

keep smile, keep spirit, wa keep blogging…!!! alhamdulillah.
Readmore >>

belantara dan lautan dunia maya

Bismillah.. Belantara dunia maya, beribu sampah berserakan di dalamnya, namun tak jarang kita temukan harta karun yang bisa menghantarkan diri kita menuju hal yang lebih baik (biidznillah). Harus punya pegangan kita dalam mengarungi dunia nyata maupun dunia maya ini, diperlukan tauhid yang mengakar dalam sanubari kita hingga ianya bisa menjadi filter dalam setiap langkah kita. Asal tauhid telah terpatri dari lubuk hati insyaAllah kan kita temukan berjuta mutiara di lautan dunia maya. Ayo kita memilah-milah kemudian memilih mana yang berguna dan mana yang bermudharat. Mari kita sibak, ketika ada yang tersangkut di filter kita ya kita buang sampah itu Jangan sampai kita terpeleset bahkan terperosok dalam jurang kegelapan, berhentilah sebelum ajal menyambangi Jika nasi sudah menjadi bubur maka biarlah ia menjadi episode kehidupan kita, yang kita bisa mengambil pelajaran darinya, juga bisa menjadi pelajaran bagi orang lain Lantunkan istighfar dan mari kita berusaha tuk tak mengulangi Segera alihkan diri dari hal2 yang membuat kita merugi Alihkan segera ke hal2 yang memberi banyak maslahat pada diri kita Sibukkan diri untuk hal2 yang baik agar kita tak disibukkan dengan keburukan Mari beristighfar dan mencoba bangkit, bangkit tuk songsong kehidupan yang lebih indah, karena di sana terbentang kehidupan yang diangini keindahan ^^ semangat!!!
Readmore >>

Kisah Sedih Anak Wanita Karier

Bismillah.. Ini merupakan jeritan hati seorang muslimah yang ingin berbagi sedikit hal yang bisa kita gunakan sebagai tambahan bagi kita yang ingin mencari pekerjaan atau bagi kita yang ingin menjadi wanita karir. Sebuah kisah yang sedikit menyedihkan dari kehidupan seorang anak beribukan wanita karir, dan penulis berharap kita tidak  menjadi wanita karir. Perhatikan ceritanya yha.
 
Ibuku, dulu aku senang karena aku bisa dekat dengannya sewaktu kecil dan mungkin saat itu aku belum mengetahui apa-apa. Sebelum tidur ibuku mengajariku membaca surat Annas, Alfalaq, dan Al Ikhlas. Juga teringat dulu sewaktu kecil aku dan bapakku yang seorang guru menantinya di dekat kuburan (karena dulu aku tinggal di dekat kuburan) sewaktu sore menjemput, ya sekitar jam 15.00. Masa kecilku. Dulu waktu TK aku, bapak, ibu, dan kakakku tinggal di rumah nenek. Dan sewaktuku SD, ortuku mempunyai rumah sendiri. Ketika SD, sepulang sekolah aku diwajibkan tidur, dari jam 12.00-15.00. hmm, SD aku belum begitu lelah, hingga ketika jam tidur yang kulakukan bukan tidur melainkan pura-pura tidur, jadi ketika dilihat bapak aku merem (alasanku waktu itu, tidur kan merem, ya sudah aku sudah merem berarti aku sudah tidur), namun hal-hal lain kulakukan sewaktu bapak pergi (tidak melihatku).

SMP tak beda jauh, dan kini SMA kurasai betul sedihnya jadi anak wanita karir. Teman-temanku makan dengan hasil olah tangan para ibunya, sedangkan aku, aku hanya bisa merasainya 1 pekan 1 kali, yakni hari Ahad yang waktu itu ibuku libur. Tapi alhamdulillah, masih bisa merasai itu, mungkin di luar sana ada yang lebih buruk dari kondisiku.

Ibuku pulang sore, bapak kadang kerja selain jadi guru itu yakni wirausaha, jadi sewaktu aku pulang siang rumahku diam, rumahku hanya dinding-dinding yang membisu, sepi sekali, kadang hanya ditemani oleh gemericik air. Namun kadang pula bapak di rumah untuk istirahat. Kadang kurasai juga aku kurang diperhatikan oleh ibuku, orang lain semisal teman atau kakak kelasku lebih mengetahui diriku aku.

Aku juga segan kalau mau bercerita yang buruk atau kisah sedihku, karena hanya akan berakhir pada perang mulut atau aku dimarahi dan serasa tidak klop dengan pemikiranku.

Resiko melakukan selingkuh lebih besar, maaf ya, karena lebih banyak waktu yang tersita bersama laki-laki yang bukan mahromnya daripada dengan suaminya. Paling-paling rumah hanya dijadikan tempat peristirahatan.

Itu sekelumit cerita tentangku.

Dan aku bersyukur akan hal ini, karena masih banyak orang yang lebih sedih dariku, maksudnya kisahku ini tak begitu tragis dan dengan hal ini aku bisa bercerita seperti ini. Pokoknya enjoy u’r life deh.! ^^

Terima kasih buat yang mau menampilkan ceritaku ini Itu tadi cerita dari seorang anak beribukan wanita karir, dari sini kita bisa mengambil beberapa pelajaran, agar kita lebih baik tidak menjadi wanita karir, karena yang mempunyai kewajiban mencari nafkah itu suami (telah kita ketahui bersama). Beberapa pelajaran itu :
1. anak kurang diperhatikan, sehingga bila ia masuk ke lingkungan negative (lingkungan yang distruktif) ia akan menjadi anak yang nakal.
2. resiko perselingkuhan amat terbuka.
3. rumah menjadi kurang terurus.

Dan ini semua kasian pada sang anak yang kurang mendapat perhatian. Seorang ibu merupakan madrosah (sekolah) pertama bagi anak, namun wanita karir mempercayakan semua hal mengenai ibunya pada sekolah (yang tak begitu intens mengawasi anak) atau malah mempunyai baby sitter yang kemungkinan kalau baby sitternya baik maka sang anak malah merasa beribukan si baby sitter, namun jika baby sitternya kurang baik maka hal ini berimbas pada pertumbuhan pengetahuan/input pada si anak. 

Tergantung pula pada lingkungan atau teman sebaya, alhamdulillah jika bisa masuk ke lingkungan semisal anak TPA, tapi kalau malah masuk ke lingkungan yang buruk maka anak dalam pertumbuhannya akan menginput hal-hal negative, dan suatu saat jika ada masalah di rumah maka ia akan lari pada kawan yang nakal itu dan melampiaskan kekesalah tidak dengan cara yang baik.

Hal ketiga, kasian pula jika terjadi perselingkuhan. Baru tahap awal saja sudah bisa melukai si anak, semisal SMSan. Bagaimana kalau ke tahap yang tinggi, akan semakin menghancurkan hati si anak, dan ini kembali pada lingkungan si anak, jika lingkungannya baik, misal ada seseorang yang bisa mengarahkannya ke hal positif it’s ok, namun bila lingkungannya negative bisa saja ia lampiaskan dengan hal-hal yang akan merugikannya.

Hmm, maaf ya, kali ini bahasannya seperti ini, penulis hanya ingin berbagi melihat tingkah polah wanita karir dan dampaknya. Juga info tambahan bagi kita yang ingin jadi wanita karir, agar sedikit demi sedikt memangkas niatnya untuk menjadi wanita karir. Walau gajinya banyak, namun itu kebahagiaan yang fatamorgana, bukan kebahagiaan yang seaslinya. ^^
Readmore >>

lomba blogger SMA N 1 WONOGIRI

Bismillah… Hari ini, tepatnya tanggal 17 Desember 2009 hari Kamis telah diadakan Lomba Blogger di SMA N 1 Wonogiri dengan penyelenggara yaitu OSIS dan guru TIK SMA N 1 Wonogiri dalam rangkaian acara Class Meeting selama tanggal 14 hingga 17 Desember 2009. Acara ini diperuntukkan bagi siswa-siswi Smansa, wajib bagi satu kelas membuat 1 blog yang dibuat oleh 2 siswa atau boleh juga 1 siswa. Acara ini dilaksanakan dalam 2 gelombang, yaitu gelombang 1 pada jam 7.00-10.00 WIB dan gelombang 2 yaitu jam 10.00-13.00 WIB. Hehe, budaya tak ontime pun terulang, kira-kira jam 7.00 lebih acara baru dimulai. Penulis berada pada gelombang pertama dengan berpartnerkan Dyo. Pada gelombang ini pesertanya ialah siswa kelas X dan sebagian siswa kelas XI, sedangkan pada gelombang kedua pesertanya adalah siswa kela XII dan sebagian siswa kelas XI. Lomba ini diadakan di ruang Multimedia atau ruang Mulmed Smansa dengan diawasi oleh bapak guru2 TIK salah satunya yakni pak Muh dan coordinator pelaksana dari OSIS yakni sdr. Yudhi. Alhamdulillah dapat makanan tambahan nih, snack dipesan dari Diana yang diletakkan di sebuah kotak berwarna merah muda berisikan Aqua, roti, dan snack lainnya. Awalnya penulis merasa nyantai mengikuti acara ini, setelah satu jam sebelum acara berakhir baru penulis sibuk mengutak-atik blog yang sebelumnya bernama asysyadblues.blogspot.com yang diganti dengan 11science1smansa.blogspot.com. Mula-pula kami, perwakilan dari sepatu (sebelas IPA satu ^^) mencari template, karena kami tidak bisa terkoneksi dengan pasti dengan situs penyedianya, maka kami copas kode HTML dari blognya Dyo, hanya template hlog, bukan semua tampilan yang sudah jadi, kami copas kemudian ada beberspa aksesoris yang kami buang karena dalam tampilan blognya juga tidak ada, kemudian kami memasang aksesoris jam dan kalender, dilanjutkan posting, kemudian memasang aksesoris lain seperti Shout Mix, Feedjit, Widgeo, banner komunitas, etc. Dyo pun mengedit tata letaknya. Wa, kami yang dari sepatu keluar paling akhir dari peserta gelombang 1, sedangkan peserta gelomnag 2 telah menanti. Hmm, maaf ya ^^. Setelah itu ada penilaian. N Wassalamu’alaykum wr… semoga Allah memberi yang terbaik dan mewujudkan harapan kami, ^^ T.T amiin.
Readmore >>

hindari kantuk dengan menjadi cleaning service

Bismillah.. Halo, halo yang pada lagi liburan. Sampai sekarang udah menghasilkan apa ni, masakan kek ato yang lain?? Hmm, kali ini penulis ini memberi tahu salah satu cara agar kita bisa menghindari kantuk yang mendera di pagi hari, bagi yang lebih mafhum bisa dishare di sini ilmunya, tafadhol. Langsung saja caranya adalah lakukan kegiata yang membutuhkan gerak fisik. For example: cuci piring, nyapu, menyirami tanaman, dan bersih-bersih. Hehe afwan kayaknya ni cara lebih khususon untuk yang akhwat, yang ikhwan juga bisa melakukan qo, itung2 bagi yang masih tinggal ma ibu buat Bantu ibu. ^^
Readmore >>

indahnya islam

Bismillah.. Islam memeng indah ketika kita bisa masuk ke dalamnya, kita totalitas di sana, hanya untuk-Nya, karena-Nya, dan oleh=Nya. Bisa dikatakan indah jika kita mau benar-benar meresapinya, hingga hal-hal kecil yang ada di sana. Seberapapun tindak-tanduk kita pasti ada ganjarannya. Suatu hal yang kecil itu bisa bernilai besar. Ya Allah tetapkanlah hati-hati kami dalam dienul islam ini. Hati yang mudah terbolak-balik, hati yang mudah berpaling, hati yang mudah menetap, hati yang bisa terkoyak, tetapkanlah, teguhkanlah dalam dien yang haq ini. Islam never die, islam is my way.  silakan dibuka Jilbab Online 
Readmore >>

warning

Bismillah,, semoga berkah. Alhamdulillah masih bisa bersua melalui tulisan ini setelah sekian lama (berapa taun bu?? :) ).. setelah bejibaku ama yg namanya semesteran wa ulangan,, kurang lebih 2 pekan q tinggalkanmu, berhenti sejenak berjuang demi ayah dan bunda yg tak lelah memperjuangkan q, berjuang utk kehidupan q yg lebih baik. Ini ada cerita dari seorang akhwat.. Mengenai peringatan2 yg Allah berikan utknya yg mungkin bisa qta ambil hikmahnya, agar qta pun tak terjerembab ke dalamnya,.. - suatu ketika ia lakukan maksiat, ia mendapat peringatan dg si tikus yg menganggunya, keluar masuk kamar tidurnya, dan mengacak2 lemarinya. - dulu,, tak terkontrol polah tingkahnya dg hape,, always onlen, yg terjadi adl hapenya ilang. Kehilangan flash disk, yg padahal dg itu ia bisa gunakan utk banyak meraih kebaikan. - Dulu, ketika adzan sholat berkumandang tak segera ia berpaling dari komputernya, flash disknya lupa gag di ambil dari CPU, ia ingat sewaktu pintu rungan itu tlah ditutup, sehari setelahnya ia mencarinya, dg menanyakannya pd penjaga rungan itu, ternyata ada yg ngambil, dan alhamdulillah yg ngambil itu mau ngemabiliin flash disknya. Alhamdulillah pun ia haturkan dg tekat tak mau mengulanginya. - Belum lama ini bibirnya mengembang bak roti panggang, ketika adzan isya’ berkumandang, tak segera ia sambut panggilah Allah itu, malah tak bergeming di depan benda berlayar monitor itu. Ini karena ada penghalan juga c katanya. Sekian, beberpa peringatan yg moga membuat qta cepat tanggap pd keadaan, n semoga bisa menjadi penghalang maksiat. Keep smile, keep spirit, wa keep blogging!!! 
Readmore >>

menyusuri cyberspace

Bismillah.. Berjalan di dunia maya… Entah sudah berapa lama q lahir di dunia maya ini,, dimulai ketika SMP diajari ibu guru , dg computer yg lelet kayaknya.. berlangsung coba2 ke warnet bersama teman2 yg tak jauh dari sekolah. Pertama2 nggak dunk,, tapi seiring berjalannya waktu q ketahui sedikit demi sedikit. Ketika SMA,, dari beberapa majalah yg membahas tema ngeblog semakin menyulut niat q utk membuatnya,,, dan alhamdulillah februari 09 q buat blog ini, posting pertama dibuat di perpustakaan Wonogiri dg computer yg lelet tapi alhamdullillah bisa posting wa punya blog. Tak berhenti sampai di situ,, kaki maya q pun terus melangkah, menyusuri dunia maya yg membutuhkan kesabaran ini, membuat email, membuat blog, dsb ato mungkin computer yg lolanya minta ampun.. Sepekan sekali q sempatkan ke warnet. Hingga komen2 pun q layangkan pada blog2 yg pernah q kunjungi agar mereka pun mengunjungi blog q ini. Dan alhamdulillah, bi idznillah dan qadarullah perjalanan q di dunia maya ini menghantarkan q pd jalan yg dulu sempat q tinggalkan, q temui orang2 yg dulu membimbing q,, walau kerikil tak terhindari, aral tak terlewati, ujian pun,, q bersyukur pada Allah, Rabb semesta ini, Karena Ia memberiku jalan yg ini, dan bukankah yg diberikan Allah itu jalan yg terbaik??  wa spirit!! Give thanks 2 ALLAH.
Readmore >>

nasihat

Nasihat u akhwat yg sering chatting dg ikh1 dan ato sbalikx.. Keep istiqomah d jln da'wah Jaga izzah Jangan pantang menyerah tuk hadapi tantangan wa ujian hingga akhir hayah awali dg basmalah tuk akhiri dampak berbahayah(halah mlah ngac0isasi). Wis keep smile wa spirit,ykinlah antum bs,ALLAHU AKBAR,takbir bertalu2 dlm ruang jiwa yg membisu(y ialah bu,kn lg nulis wa gag da tmendx,ms0g ameh ng0m0ng dwe).[with smile]
Readmore >>

ikatlah ilmu dg menuliskannya

"Qiyadul 'ilma bil kitaabah." ikatlah ilmu dg menuliskanx,,sbuah hikmah yg tak henti m'supp0rtku untuk menjadi penulis,penulis apapun-insyaALLAH yg p0sitif-. Sbuah hikmah yg tak luput d fikirku ketika aku malas mencatat. Sbuah hikmah yg ingin kudengungkan hingga menggema ke seluruh pel0s0k negeri(cielah,upu tenand??) sebuah hikmah yg menempaku menjadi sese0rang yg ingin slalu bkreasi b'in0vasi dg kata2,mengutak-atiknya menjadi suatu yg indah. Al Qur'an-pun tak lepas menginspirasiku,,menginspirasi tuk menjadi penyusun kata2 yg unik,apik wa menggelitik,,,d akhir ayat ada persamaan bunyi;rima/sajak,uniklah... Aku mungkin bukan se0rang yg pandai merangkai kata membentuknya menjadi sesuatu yg mempes0na mungkin juga bukan si cerdik merajut jalinan huruf menjadi sesuatu yg urut wa runtut mungkin juga bukan si manis jembatan anc0l(apalagi,,haha ng0c0l) back t0 t0pik n suasana mungkin bukan jg si cerdas membangun pilar asa dlm larik,bait,paragraf ato apalah. Tp aku ingin mewujudkanx mulai dr dulu,lusa,kemarin,skrg n akn dtg insyaALLAH.. ALLAHU AKBAR!
Readmore >>

renungan bagi jiwa yg melemah

Wahai diri wahai jiwa wahai hati wahai raga kemanakah al Qur'an yg selama ini kau gembar gemb0rkan? Kemanakah hadist2 yg selama ini kau k0ar2kan? Kemanakah ilmu2 yg selama ini kau dengung2kan? Telah menguap ditelan zamankah? Telah menguap bersama semangat yg memunahkah? Telah pergi bersama jiwa yg letihkah? Telah lari bersama raga yg kian larakah? Kemanakah ia? Wahai raga wahai hati wahai jiwa wahai diri wahai diri,kemanakah dirimu? Wahai raga,kemanakah ragamu? Wahai hati,kemanakah hatimu? Wahai jiwa,kemanakah jiwamu? Nyalakanlah lenteranya dg ilmu, jagalah nyalanya dg keistiq0mahan, lindungi dg ikhlas n kesabaran, agar ia teguh n tegar d bawah naungan hati,jiwa,raga,diri. ALLAHU AKBAR!!
Readmore >>

ketika 16 ku injak

enambelas,,bukan usia yang muda untuk seorang anak enambelas,,bukan usia yang tua untuk orang dewasa enambelas,,usia yang sedang untuk masa remaja enambelas tahun hidupku,,kulakukan untuk apa?,,sudahkah baik? sudahkah berkembang? sudahkah menjadi lebih baik? harusnya kurenungi setiap langkah ini,, tertatih,, sudahkah mereka bahagia dengan keberadanku,, ataukah mereka merana bermuram durja,. entah.. periku sebelum tidurku,, maafkan aku,, bila pilihan diri ini kadang menyakitimu, melukaimu, menyayat hatimu,, maafkan segala salah khilafku, maafkan lagkah ini jika membuatmu menitihkan airmata lara, maafkan,, aku menilai sesuatu itu baik berdasarkan takaranku, bukan takaranmu.. periku, aku ingin menemui dirimu yang dulu,, yang mengajarkanku membaca annas, alfalaq, al ikhlas sebelum tidurku,, periku izinkan aku menggapai citaku, izinkan aku melagkah pada jalan ini. periku,, hatiku berbisik i love you,, tapi entah tiap kutahu raut itu aku menjadi enggan bercerita denganmu,, periku mengapa terkadang ketika aku ingin bercerita dan aku bercerita kau sendatkan cerita itu dengan melawan jalan pemikiranku,, periku,, aku ingin punya periku yang baik, yang memberi solusi, yang memberi tempat bercerita untuk semua keluh kesahku, yang menjadi tempat linangan airmataku, bukan pada tissue tapi pada hangat peluk kasihmu, pundakmu dan dekap cintamu. periku,,i love you....doakan aku slalu... (mungkin periku takkan membaca ini,, tapi izinkan diri ini menumpahkan sedikit gundah gulana)
Readmore >>

op ti mis

Bismillah.. Begi2 mudah berucap begi2 tak sulit menulis tapi,, begi2 sulit beristiq0mah mengejawantah.. Tapi haruz tetap yakin n 0ptimis,,siapa yg kan membangkitkan semangat qta kalo bukand qta sendiri, siapa yg kan menyalakan gej0lak spirit kalo bukand qta sendir, n Allah i2 bdasarkan prasangka hambaNya.. So ayo meng0ptimiskan sesuatu n diistiq0mahkan suatu hal i2.. Aku berlindung kpdMu dr keburukan n kejahatan hati lisan n pbuatan.
Readmore >>

anak = ortu??

Bismillah.. Anak mencerminkan orang tua,, tp belum tentu setiap anak mengambarkan karakteristik ortux,, lingkungan,media,tman,, mjd fakt0r lain pbentuk kpribadian anak... Benarlah: "stiap anak i2 lahir dlm k'ada'n yg suci ortux lah yg mbuad ia jd yahudi,nasrani,ato majusi."(redaksi hadits yg bener cari sendiri y!)
Readmore >>

bercak noda hitam

Bismillah.. Menekuri diri, banyak debu kesalahan, menempel pd sgmumpal darah,yg jika ia baik,baiklah semuax,n sbalikx. Gelisah,mengembangkempiskan paru2,menaikturunkan perut,menambah detak jantung,, d0sa i2lah fakt0rx. Ya Allah., insyafi diri, d blik tirai2 kesalahan, banyak bercak2 n0da d sana, hitam,, ketika d biarkan akan smakin menghitam. Mejadikan iax mati. Ketika ia mati,diri bak mayat berjalan. Dialah hati.. Ya Allah Yg Maha memb0lak balikkan hati teguhkanlah hati hamba pd dienMu.
Readmore >>

280909

Bismillah.. 280909,,biarlah tanggal i2 terukir dlm dinding sejarah diri q.. Tanggal i2,adl hari d mana keinginan besar q terwujud,, adl hari yg mana cita2 q tcapai,, adl hari d mana q sempurnakan slh 1 sisi kemuslimahan q.. Adl hari yg mana diri q tlah d perkenankan memakai gaun ketaqwaan k t4 q menuntut ilmu,,n i2 b'arti aq b0leh memakaix ketika btemu n0n mahr0m q.. Dulu, q perjuangkan,,namun pr0p0sal i2 d t0lak n aq sempat terpuruk,,terpuruk dg 2 pilihan,melanjutkan dg tdk sek0lah ato pending.. Aq memilih pilihan k2.. Q cari,q cari,q daki,q sebrangi... Hingga r0madh0n 1430 H.. Ku ajukan pr0p0sal i2 kembali,sempat ada ketegangan,,tapi alhamdulillah pr0yek q tercapai.. Sekitar 3 hari sebelum i2,aq haruz bgelut u menurunkan ambisi q,aq mengalah karena belaian tu2r ibu. Aq mengalah.. N ternyata kekalahan i2 n sikap q melunakkanx,,alhamdulillah.. Kini bjalan spt ini.. ALLAHU AKBAR!
Readmore >>

tazkiyatunnafs

Bismillah.. Menutup lembaran lama membuka lembaran baru memurnikan keikhlasan menyucikan hati menapak jalan kebenaran karenaNya menginjak satu persatu berpr0ses melapangkan hati seluas samudra membuka mata hati selebar2x gapai ilmuNya membingkai seribu asa tuk raih jannahNya bertemu dgNya dan RasulNya. ALLAHU AKBAR!!
Readmore >>

lara yg mencuat

Bismillah.. Bulir2 hangat ini keluar lg, lebih dahsyat.. Mengucur deras,sederas aliran lara d tusuk paku berkarat k ulu hati. Lelaki i2,,membwatq muak n smakin membenci,,ada segumpal bara d hati... Tapi masih ada embun bening yg bs mensuci. Ya Allah,,tunjukillah kami(khususx peri q n malaikat q) k jalan lurus. Agar kami bs berkumpul d jannahMu,n d dunia ini kami merasai nikmat. Q siram hati q dg embun pagi yg bening nan sejuk tuk padamkan amarah ini.. Aq tau tapi aq tak tau haruz bgmn. Laa tahzan,innallaha ma ana.. :-) Allah mencintai q.. Allahu akbar!
Readmore >>