♥ APENDIKSITIS; PENYEBAB DAN PENYEMBUHAN ♥

Bismillah.. Baru saja aku ingin menuliskan smsku dengan teman-teman tadi. Hhe, sudah menjadi kebiasaan hapeku kebanyakan sms, jadi sms lainnya tidak bisa masuk. Jadi ceritanya begini, qodarullah teman deketku suspect appendiksitis. Hmm, setauku apendiksitis itu radang umbai cacing. Iya, dia juga tahu mengenai itu. Karena koneksiku kadang tidak mendukung, aku tanya pada teman yang sekiranya kompeten untuk menjawab pertanyaan seperti ini. Aku kontak dan alhamdulillah langsung dibalas. Dari jawabannya kurang lebih begini. Jadi apediksitis itu iya radang usus buntu atau umbai cacing itu. Membesar gitu dan rasanya nyeri. Penyebabnya karena infeksi. Infeksinya bisa karena makanan yang tidak tercerna. Contohnya biji cabai dan biji jambu. Hhe mengenai biji jambu karena aku menyukai jambu biji aku dulu sempat berpikir, hmm pengen buat jambu biji tanpa biji. Semoga kelak ada. Hhe Next, bisa juga karena feses yang mengeras terus masuk ke situ gara-gara konstipasi/ jarang BAB. mengatasinya Cuma dengan jalan operasi (kalau sampai benar-benar terasa sakit). Setelah kukopi dan kukirimkan ke temenku. Temenku bales gini. Katanya dokter bilang kalau dia harus menghindari beberapa makanan. Dan mereka adalah noodle, soft drink, pineapple, jackfruit, hot, acid, sauce,-. Klo nyeri ny udh ga kambuh lg, ditunggu smpe usia 20 th baru d ksih antibiotik wat pnymbuhn, so bs tnp operasi. Nah itulah tadi tanya jawab singkat antara aku, temanku, dan temanku. =) kalau dibuat tulisan lumayan juga, satu halaman kena. Semoga bermanfaat. Untuk temanku yang bertanya makasih udah memanggilku untuk menulis dari idemu dan untuk temanku yang menjawab makasih udah memberi jawaban atas kebelumtahuanku.. =)
Readmore >>

我 是。。。 (2)

DITULIS KETIKA KELAS XII 我 在 WONOGIRI 国 立 高 中 一 小 学 习。 他 在 PERWAKILAN 街。 我 的 家 离 学校 远。 学校 里 有 图书馆, 电脑房, 食堂, 教室, 礼堂, 和, 厕所。 他 的 校长 是 MULYADI 先生们。 我 爱 我 的 学校。 他 是 很 好。 我 班 的 老师 是WARDHANI 。 我 的 班 长 时 AAN。 我 的 叫教室 里 有 很 多 东西 比如说 桌子,椅子,书本, 笔, 和, 黑板。 我 有 很 多 同学们, 比如说: FATHIMAH 和 RIZKI。 我 的 汉语 老师 是 ANIS 老师, ANGGA 老师, 和 ZHANG 老师。 ANIS老师 和 ANGGA 老师 是 印尼 人。 ZHANG 老师 是 中国 人。 我 很 高兴 学习 汉语, 但是 他 是 难。 早上 六点 一刻 我 上 课 了。 下午 一 点 半 我 放学 了。
Readmore >>

我 是…

DITULIS KETIKA KELAS XII. 我 叫 MASDHIANA. 我 住 在 GIRIMARTO, WONOGIRI. 我 今 年 是 八 岁 了。 我 的 生 日 是 八 月 三 十 一 日。 我 是 三 年 级。 我 在 WONOGIRI 国 立 高 中 一 小 学 习。 我 家 里 有 四 国 人。 他 们 是 爸爸, 妈妈, 哥哥, 和 我。 我爸爸 是 老师。他 叫 SUKOCO. 我 妈妈 叫 UNGGUL WICAKSONO. 我哥哥 是 HARTINI. 我 的 家 在 WATUGEDHE 街。 我 很 高兴 在 那人。 我 的 家 是 安静 和 干净。 但是, 现在 我 在宿舍。 在 周末, 我 回 家。 (To Be Continued)
Readmore >>

^^ I'm Now; Kepasrahan^^

Bismillah.. Tak terasa kini usiaku semakin beranjak saja. Satu bulan yang lalu aku sibuk mempersiapkan SNMPTN, dan kini snmptn sudah kulalui. Saat ini aku berharap amat dan sangat agar aku bisa diterima di Pendidikan Dokter UNS atau Teknologi Informasi UGM. Ya Allah, aku hanya berharap padaMu, pasrah padaMu dengan semua yang aku usahakan. Untuk saat ini aku belum menyiapkan cadangan. Aku benar-benar berharap denganNya agar aku bisa memasuki salah satu dari dua jurusan tersebut. Aku akan berusaha kembali kalau aku belum diterima di PTN tanggal 30 Juni 2011 kelak. Namun aku benar-benar percaya padaNya. Saat ini aku menanti tanggal 30 Juni itu, semoga saja bisa langsung diterima. Kalau belum diterima insyaAllah aku akan mencoba swadana atau SM UNY. Aku sangat ingin bisa kuliah di Jogja. Ortuku memberi kesempatan untuk memilih Jogja atau Solo. Nah aku pilih keduanya itu. Sebenarnya ada minat untuk kuliah jauh dari ortu, namun ortuku tidak mau. Hmm.. yah nurut sajalah.
Readmore >>

♥ TIPS H-7 UN (UJIAN NASIONAL) ♥

Bismillah.. Alhamdulillah, kini aku lulus dan predikatku sebagai siswa sudah lenyap berganti menjadi worker. =) Dulu H-7 bertanya pada orang-orang yang sudah berpengalaman mengikuti UN SMA. Hhe pengalamanku baru UN SD dan SMP. Pertanyaan yang sama aku lontarkan pada orang-orang terdekat. Dan tak lama kemudian muncullah jawaban dari teman-teman. Berbagai macam jawaban aku jadikan referensi dan input untukku. Jawaban yang kuperoleh: ♥ Berusaha untuk lebih dekat ke Allah, trus matengin materinya… jaga kesehatan, ^^ (Mb Evy) ♥ Persiapan fisik ja dek, belajar sperluna ga usah ngoyo. Yg penting banyak2 muhasabah dketin diri ma Allah…percayalah kejujuran yg kn mngantar pd ksuksesn. Krn ud trbukti, yg trpenting bukan nilai tp proses. (Mb Argi) ♥ sring mdekatkn diri padaNya j dik, byk berdoa, siapkn mental, tenangkan hati+pikirn, jga diri dari maxiat.. sring latian2 soal. (Mb Mus) ♥ bljr dek, tp jgn t’lalu spaneng, jgn wayangan (…), jg kondisi bdan. Mgkin u/ materi p’siapn qt uda ok, tp gr2 tbuh ga sehat ntar dhr qt nglokro, jgn jdkn UN sbg beban, nikmati saja… (Mb Lia) ♥ Udah siap materiny blm? Klau udah, buat iseng2 ngrjain sol aja. Tp ga usah nggoyo. Msal blm, cba ddata dlu bab2 yg blm ykin.trus dplajari lg. usahakn ga stres d mgu ini. Udah tinggal brngkt perang aja lah istilahny. Hhe. (Mb Avi) ♥ Niat akn mciptkn nsib kta, pusat pngndalian dri adl skap, pcya diri adl cra u/ mraih skses, prestasi tak dpt d raih tnpa antusias, antusias adl msin pnggrak ksksesn, temuknlh alsan bsyukur, kmdian tantanglh drimu, kuasai pkiran. Pluang sllu dhimpit o/ ksulitn tp tiada usha tiada hsil. Satu2nya cr lu2s ujian adl mnghdapiny dg ikhlas, good luck… (Mb HS) ♥ Yo sinau soal2 un bny berdoa bny istirahat djg ksehatne jgn smp sakit,, hindari tdr larut mlm,, klo blajar subuh gpp,, d cb 40 soal dlm 1,5 jm bs sls p g,,jd tw kmampuanny,, klo g bs sls mulai dpilih bab yg prioritas mudal dlu,, y terakir klo d berusaha tgl berdoa j mg dbri kmudhn. (Mb RW) ♥ …Kalau saya, H-7 diperbanyak memahami soal per satu pkok bhasan, sampai bnar2 pham,misal, dl sy integral paling sulit, pdhl itu yg kluar 4 soal dik, jd itu bner2 sy pahami, sampai soal bntuk apapun bs sy kerjakan. Dan alhamd, brhasil.tp jg jgn dsepelekn materi yg mudah2. Tp santai dik, ndak usah nggoyo. Jgn lupa perbyk thjud, dhuha, dan shodaqoh. insyaA d beri rizki kmudahn (Mb Lutfi) ♥ … Ikhtiar maksimal, doa optimal, hasil tawakal. Lebih dmantapkn dg sering ngerjain sal2, dtmbh ibdh2ny (tp jgn niatny krn mw ujian ja), mnta soa org2 dket (khususny ortu). Sisipkn jg doa utk tmen2. Krn doa utk kbaikn insyaAllah kmbli pd qt sndri. (Mb AD) ♥ Tinggal bnyk2 doa, dhuha, tahajud, atau ibadah lainny. Tp klau puasa relatif. Soalny ada yg lbh baik ga puasa dl buat mkan pg dan nmbah nutrisi. Trus, ga usah lat soal lg drpd nanti down klo tnyta ada yg blm mudeng. Mending baca rangkumn2 bhan. Atau bs dg inget2 lg rumus smart GO. Yg penting udah ga tlalu ngoyo lg. smgt ya dek… (Mb Avi) Nah, ini tadi pendapat-pendapat teman yang masih saya simpan. Jadi kesimpulan TIPS-TIPS H-7 Ujian Nasional : 1. Fokus ke review materi. Beberapa bulan mendekati UN pasti sudah dipersiapkan dengan sedemikian rupa dan mantap. Nah H-7 ini fokuskan saja ke mengulang materi. Dikhawatirkan secara psikologis nanti kalau nambah mencoba soal yang ternyata lebih berat dan rumit plus kita kesulitan mengerjakannya bisa membuat terjun bebas mental kita. Mereview ini bisa dengan membaca ulang rangkuman materi yang memenuhi SKL yang sudah kita buat, membaca ulang buku kumpulan soal-soal UN yang sudah dijawabi dan dberi keterangan tambahan, dan bisa juga dengan membaca ulang cara cepat, The King, dan Smart solution yang diberikan di bimbingan belajar. 2. Mempersiapkan dan menjaga mental serta fisik. Maksudnya kita persiapkan mental serta fisik kita untuk bertanding. Dengan try out-try out mental kita telah dipersiapkan sehingga saat-saat ini tinggal mempertahankan ketenangan. Untuk fisik, jaga kondisi, jaga tidur, serta pola makan. Untuk tidur usahakan jangan larut malam. Pokoknya H-7 itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan kita. Agar kelak pada waktu hari H kita sudah siap tempur. 3. Tingkatkan spiritual. Hmm, untuk masalah ini semoga Allah selalu menjaga kita dan keamanan kita. Ditambah sholat dhuhanya, sholat tahajud, shodaqoh, doa, dll. Tapi tetap niatkan untuk-Nya. Doakan teman-teman juga, karena kita juga akan mendapatkan doa itu (para malaikat mengamini dan untukmu juga). Itu tadi beberapa tipsnya, semoga bermanfaat dan membantu. Untuk penulis sendiri alhamdulillah lulus dengan nilai akhir 8,4. Ini nilai sedang namun penulis tetap senang, karena ya itulah kemampuan penulis. =)
Readmore >>

♥ JUMBARA (JUMPA BAKTI GEMBIRA) PMI CABANG WONOGIRI 14-16 JUNI 2011 ♥

Bismillah.. Hari ini adalah tanggal 15 Juni 2011 untuk kali keduanya aku mengikuti JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) PMR se-Wonogiri yang diadakan oleh PMI cabang Wonogiri. Namun saat ini aku bukan sebagai peserta namun aku sebagai supporter untuk SMPku yakni SMP N 1 Sidoharjo. =)
Aku ceritakan mulai kemarin ya. Kemarin kami berencana berangkat dari Sidoharjo jam 7. Namun karena satu dan lain hal rombongan mini bus dan truk yang mengangkut peserta serta pembina Jumbara untuk PRAMANDA (Palang Merah Remaja Ndarjo Siji) sekitar jam 7 lebih. Satu minibus dan satu truk meluncur dari SMP N 1 Sidoharjo, sedangkan aku dan Asti menunggu di Watugede. Kami berdua nyepeda. Setelah kami sampai TKP (lapangan Petir), bu Niken (Pembina PRAMANDA) menghubungi sekretariat untuk menanyakan letak kapling kami. Sembari menunggu bu Nick; panggilan akrab beliau, kami menurunkan barang-barang dari truk, kemudian setelah bu Nick menemukan persis TKPnya, kami meletakkan barang-barang di sana. Kami berkerja semua, saling membantu dan semampu kami. Setelah barang-barang selesai diturunkan truk melaju meninggalkan kami. Kami lantas mendirikan tenda. SMP N 1 Sidoharjo bernomor urut 12 (kaplingnya).
Mas Agil, Bu Nick, dan beberapa anak mendirikan tenda. Karena aku belum paham mengenai hal seperti itu, aku, Asti, dan beberapa adik membuat mading yang akan kami tempatkan di depan tenda. Setelah pembuatan tenda selesai, acara selanjutnya yakni upacara pembukaan. Selain tenda putra dan putri, kami mempunyai tenda untuk dapur. Kalau tenda putri di belakangnya ada SMP N 2 Wonogiri sedangkan kanannya SMP 6 Wonogiri. Untuk tenda dapur, di depannya ada SMA N 1 Girimarto dan di samping SMA N 1 Girimarto ada SMA N 1 Wonogiri (tenda-tenda putra). Untuk urusan makanan kami memasak sendiri dengan dipandu oleh bu Nick. Setelah upacara, kegiatannya santai hingga sekitar jam 1. Sekitar jam itu ada travelling. Yang mengikuti traveling ini ada 10 anak. Jadi bentuknya 10 anak itu jalan-jalan kemudian ada pos-pos gitu untuk tes mereka. Nah pas travelling ini anak-anak pada dehidrasi. Mereka kemudian sms mas Agyl untuk mengirimi mereka minuman. Kemudian kakak-kakak alumni yang bawa sepeda mengantarkan minuman untuk mereka dengan bantuan orang PMI. Give thanks to him. Next, jadi 2 anak menetap di PRS yakni Sonya dan Abu. Kemudian lainnya yakni ada tes da praktek PP, PK, HPI, kepemimpinan, doras, dan kesiapsiagaan bencana. Yang mengikuti travelling ini yakni Betari, Riska, Meila, Raras, Ganang, Gilang, Anin, dan Galuh. Selain travelling hari pertama ini ada kegiatan lomba artikel bahasa inggris dan life skill.
Pembuatan dan pembacaan artikel ini dilaksanakan oleh Bela. Artikel berbahasa inggris yang dikumpulkan sebelum di TKP ini memuat cerita tentang kegiatan PMR di SMP N 1 Sidoharjo. Sedangkan life skill; ini merupakan ceramah. Yang mengikuti ceramah yakni Jane dan Dewi. Kegiatan di malam hari yakni drama yang dipentaskan oleh sebagian sekolah. Hari kedua. Kegiatan pada hari kedua yakni hasta karya. Delaya dan Nanda yang membuat kreasi daur ulang dari botol aqua. Keenam botol ini dijadikan lampion. Hhe, sekedar tambahan saja, kemarin penulis juga melihat-lihat kreasi sekolah lain. Penulis tertarik denan salah satu kreasi entah sekolah mana, jadi itu botol bekas dijadikan lampion, tempat minum, tempat snack, dan tempat tissue. Variasinya itu hlo yang beda. Acara ini dilaksanakan pada siang hari di bawah pepohonan, meski panas pn masih menyengat. Serta peserta favorit juga tetap menjalankan tugasnya. Rosa Kurniasih; dia adalah peserta favorit SMP N 1 Sidoharjo dan juga merupakan pentolan PRAMANDA untuk saat ini. Pada hari ini juga diadakan life skill. Siang harinya, kami berkumpul di tempat yang cukup rindang untuk latihan drama. Dan malamnya drama pun dipertunjukkan. Anak-anak yang mengikuti drama ialah Masyur, Akbar, Ganang, Galuh, Abbi, Riki, Dinar, Abu, Meila, Bela, Raras, Dewi, Delaya, Sonya, Betari, Anin, Riska, Rosa, dan kawan-kawan. Konsep drama ini seperti OVJ yakni adanya dalang dan iringan musik, dengan perkakas seadanya tentunya dan menitikberatkan pada pertolongan pertama dan PMR. Pada malam ini, bertepatan dengan terjadinya gerhana, alhamdulillah diberikan kesempatan pada Asti, Anggi, Basuki, dan Mas Agyl untuk berkumpul bersama. Mereka tidur di depan tenda putra. Sedangkan untuk hari ketiga pagi ini diisi dengan outbound. Dan sekitar jam 2 itu kami bongkar tenda. Kemudian barulah upacara penutupan dilaksanakan plus pembacaan kejuaraan.
Oya, mungkin Teman-teman sedikit bertanya-tanya mengenai peserta favorit. Hmm, kasian juga peserta favorit itu karena ia dalam waktu tiga hari itu kegiatan melulu. Naum tak apalah, jadikan, pengalaman ya Dek. =) hhe nani kan banyak makan garam.
Untuk kegiatannya, peserta favorit ini pada hari pertama yakni berkenalan dengan peserta favorit dengan kontingen lain dan ada game. Untuk hari kedua; game dan test tertulis. Dan hari ketiga; presentasi. Ternyata walaupun sudah SMA/SMK alumni-alumni SMP N 1 Sidoharjo masih peduli dengan SMPnya. Ketika tidak ada kegiatan mereka kadang main ke tenda. Ngobrol-ngobrol , criting-criting, sharing, ketawa-ketiwi itu yang kami lakukan. Dan mereka adalah Sandi Supriyatna (SMK N 2 Wonogiri), Basuki (hhe sekarang panggilanmu Uky t(?) dia dari SMA N 2 Wonogiri), Fathur juga dari skanda, Zaki dari Smanda, Asti dari SMA N 1 Wonogiri, Anggi (alumni SMA N 3 Solo), Sandi (alumni Smanda), dan aku (Masdhiana; alumni SMA N 1 Wonogiri). untuk urusan konsumsi kami memasak sendiri, sampai-sampai agak kasian sama anak-anak sekitar tenda dapur, karena hanya mencium baunya. =) hhe wah tidak sepeti dulu, kalau aku dulu pas kemah wisata mandinya di rumah penduduk namun tidak bayar, namun sekarang katanya temen-temen itu mandi bayar Rp 2.000,00. Jadinya uang mereka banyak terpakai untuk mandi. =) hmm, suasana di sana tidak seperti yang kurasakan pada waktu jumbara Desember tahun 2005, kalau dulu itukan becek dan kita sampai tinggal di rumah penduduk dan tendanya tidak kami tiduri, namun kalau jumbara ini yakni bulan Juni di tengah bulan, sungguh terik mataharinya menyerbu kami. Kan hari kedua yakni tanggal 16 kan ada gerhana jadinya juga bisa menikmati pemandangan itu tanpa terhalang untuk temen-temen yang tidur di luar. Katanya Asti jam setengah 3 pagi itu dia lihat gerhana tersebut. Trus kan katanya dia dminta untuk membangunkan temen-temen yang lain, namun ternyata yang dibangunkan tidak bangun-bangun. =) apalagi ya? Sepertinya dicukupkan sekian. Kalau ada yang kurang bisa ditambahi dan kalau ada yang kurang tepat bisa dikoreksi. Dan inilah mungkin yang dinanti-nanti, pengumuman pemenang.
Dan hasilnya adalah….
1. Peserta favorit: 6
2. Perkampungan sehat: 15
3. Kreasi daur ulang: 4
4. Galleri foto: 8
5. Drama: 6
6. Artikel bahasa Inggris: 5
7. Travelling: 13
8. PRS: 12
9. PK: 9
10. PP: 10
11. Juara umum: 2.4 atau nomor 9 Ya jadi modelnya sekarang seperti ini dan setiap lomba semua kontingen mendapat medali. Hmm, yang tak habis kami (Aku dan Asti) pikir apa tidak capai ya orang yang mengumumkan pemenang-pemenang itu soalnya dari ke-20 peserta diumumkan semua mereka berada di nomor berapa. Dan itu terdiri dari 20 Madya dan 20 Wira. Untuk
Wira juara umumnya adalah SMA N 2 Wonogiri(1.1), SMK N 1 Wonogiri (1.2), dan SMK N 2 Wonogiri (1.3). sedangkan untuk madya juara umumnya ialah SMP N 4 Purwantoro (1.1) dan SMP N 1 Wonogiri (1.2). dan SMP kita berada pada 2.4 atau nomor 9 dari 20 itu.
Setelah mengetahui keadaannya seperti ini, tugas kita bersama untuk menjadi lebih baik lagi dan semoga 2 tahun lagi kita bisa membawa piala yang banyak.
Readmore >>

♥ DONDONK !! DONOR DONK !! *asking* ♥

Bismillah.. Kemarin ada nope baru SMS saya kalau akan diadakan DORAS (Donor Darah Sukarela). Namun setelah klarifikasi, ternyata misskomunikasi, pasalnya saya baru saja ngobrol dengan anggota PRAMANDA (Palang Merah Remaja Ndarjo Siji; tempat saya bernaung menyalurkan hobi dan aspirasi sewaktu SMP di SMP N 1 Sidoharjo). Hmm, yang ada di otak saya, keren bener nih, menggalang anggota untuk bantu-bantu jumbara dengan donor darah. d^^b Namun saya teringat sewaktu mau update status, wew ini SMA N 1 Wonogiri atau SMP N 1 Sidoharjo ya. Hmm, kemudian saya sms nope yang baru saja sms saya apakah ini penyelenggaranya PARASMANSARI (Palang Merah Remaja SMA N 1 Wonogiri). Hmm, ckckck... Ya sudahlah, wong saya juga tidak ada kesibukan apa-apa. InsyaAllah ikut deh. Ini merupakan pengalaman kedua dalam hidup saya untuk donor darah. Dulu itu pas aku masih menjabat kelas XII yakni tanggal 9 November 2010. Dan hari ini tanggal 11 Juni saya sebagai alumni SMA N 1 Wonogiri donor lagi. Dulu c tidak begitu terasa ya rasanya Cuma saat jarum masuk ke pembuluh darah vena dan ya sudah. Namun, entah kenapa tadi itu lumayan. Tapi insyaAllah tidak akan menyurutkan langkah saya untuk donor lagi suatu saat nanti. Ada adik kelas XI yang tanya gimana rasanya. Hmm, rasanya kalau tadi itu, ya biasa saja. Aku ceritakan kronologinya ya tadi. Aku sampai di sana (Aula selatan SMA N 1 Wonogiri), duduk-duduk sebentar. Kemudian barulah mendaftar ke pengurus PMR SMA N 1 Wonogiri. Ups maksudnya mengisi identitas. Pendaftaran dilakukan via sms ke nope yang kemarin juga dismskan oleh anggota PARASMANSARI. Setelah pengisian identitas yakni menuliskan nama, pekerjaan, alamat, dsb aku menimbang massaku (bukan berat ya, tapi massa, karena satuannya kg =) ). Setelah itu berbaringlah aku di tempat yang sudah disediakan. Kubuka tangan kiriku, aku sudah prepare jadi pakai manset. Sang ibu mempersiapkan peralatan. Sang ibu mengolesi lenganku dengan alkohol kemudian jarum itu menuju venaku. Masuklah ia, lantas sang ibu melekatkan solasi di alat itu. Nah, mengalirlah si darah menuju kantong. Nah saat itu rasanya juga tidak begitu mengerikan, hanya terasa cengkring-cengkring gimana gitu. Di saat yang sama untuk kelas XIInya ada Ilham, Adit, dan Afif. Kami ngobrol-ngobrol sewaktu darah kami disedot. Si ibu juga berbincang-bincang dengan kami. Setelah kantong penuh, si ibu menhentikan laju darah ke kantong. Ibu itu melepas jarum dari lengan kiriku. Dan beliau meletakkan kapas di atas lubang bekas jarum. Namun, qodarullah, setelah kapas dilepas dan akan diberi handsaplas (ni nulisnya bener gak ya (?) ) si darah tetep getol mau keluar. Nah aku tetap membentuk lenganku menjadi huruf V. aku duduk di atas, kemudian si ibu bertanya kepadaku apakah darahnya masih keluar, kemudian aku mendekat pada si ibu. Si ibu kemudian membuka kapas itu dan alhamdulillah darahnya putus asa untuk keluar. Kemudian handsaplas diletakkan di atas lubang merah itu. Setelah itu adik PMR menanyaiku apakah mie gelasnya mau dibuat atau tidak, aku katakan tidak, dan karena aku tadi sudah disedot, ganti aku menyedot kacang hijau dan minuman lain. Aku duduk-duduk sebentar, kemudian menyeselesaikan urusanku di tempat lain. Sampai di sini ceritanya. Menarik juga, tadi ada yang sms apa ada efek samping dari donor darah. Aku langsung interest untuk membuat artikel tentang donor darah Setelah ketertarikanku muncul, aku segera tancap gas tanya pada mbah Google mengenai donor darah, kucari dengan key word dampak donor darah. Muncullah artikel-artikel, hanya kubuka sekitar 4-5. Dan inilah yang kuperoleh…. ♥ Beberapa hal yang perlu diperhatikan: 1. Umur eritrosit (sel darah merah) kurang lebih adalah 120 hari (4 bulan), jadi jeda donor itu 3-4 bulan. 2. Peralatan steril dan single use. PMI menggunakan yg steril dan hanya sekali pakai. 3. Jika Hb rendah sebaiknya tidak donor darah, karena kondisi tubuh akan menurun atau bahkan sakit. 4. Jika terkena infeksi, kemungkinan ada penyakit di dalam darah sehingga sebaiknya tidak donor darah. 5. Usia 18-60. Namun, kalau yang penulis tau sebelumnya itu usianya 17 tahun atau 17-3 bulan. 6. Untuk wanita, tidak sedang haid, karena pada saat itu wanita mengeluarkan banyak darah jadi dikhawatirkan kalau terkena anemia. ♥ karena darah kita diambil, bawaannya kurang darah, sehingga mengakibatkan lemas, capek, jadi maunya makan terus. Hhe tapi inikan ‘bawaan’ sehingga perasaannya bisa kita tepis dengan rasa yang ‘fine-fine aja’. Setelah menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dan sedikit akibat dari donor darah, sekarang penulis akan menyebutkan manfaat-manfaat jika kita donor darah. ♥ Manfaat Donor Darah: 1. Menjaga kesehatan tubuh. “Kok bisa menjaga kesehatan tubuh?” mungkin itu yang ada dibenak pembaca sekalian. Ya, bisa. Karena zat besi dalam darah yang tinggi rentan penyakit jantung dan akan terjadi oksidasi kolesterol. Produk oksidasi kolesterol tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan itu berarti memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Dengan donor, jumlah zat besi dalam darah lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 2. Meningkatkan produksi sel darah merah. “Nah lo kalau kek gini gimana, kok bisa? Secara kalau donor itu darah kita diambil, kok hasilnya malah sebaliknya?” yep, jadi gini. Donor darah akan membantu mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah sehingga si STB (sumsum tulang belakang akan segera re-fill sang eritrosit yang telah hilang ditelan kantong darah. =) 3. Membantu menurunkan berat badan. Dengan memberikan 450 mL darah akan membantu proses pembakaran kalori kurang lebih 650. Jumlah kalori ini merupakan jumlah yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. 4. Mendapatkan kesehatan psikologis. Jadi, kalau habis donor darah kan kita bisa merasakan kepuasan, meski mungkin hal yang kecil namun perasaan itu masih ada; bisa membantu sesama. Dan itulah kepuasan psikologisnya. Kalau lansia, mereka akan tetap merasa berenergi dan bugar. 5. Mendeteksi penyakit serius. Nah kalau kita mau donor darah, sebelumnya itu darah kita akan dicek, yakni pengecekan penyakit-penyakit ini: HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Dengan pengecekan ini kita bisa tau kesehatan kita. Yap, itulah manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dengan mendonorkan darah kita. Namun, tetaplah niat utama kita hanya untuk-Nya. Manfaat-manfaat itu hanyalah tujuan kesekian yang ada di hati kita. Artikel ini ditulis dengan sumber mbah Google yakni situs ini : freetaskcampuss.co.cc dan yahoo answers. Kalau ada tambahan lain silakan ditambahkan atau ada opini lain silakan dituliskan. =) Keep blogging! Keep writing! =)
Readmore >>

^^ Let's Reading And Writing; Benefits of Them ^^

Bismillah Hay Friends, my hobby is reading and writing. And know, i wanna ask you to like them. Because of they are very useful for us. But, before it, i wanna tell you my brief story. Previously, i wasn’t like reading. But my neighbour lent his books for me. It was magazines. Okay, i read it. I read one by one the page. He lent me islamic book. One day, after i visited PMI Wonogiri, i had found a small bookstore. I interested to visit there. I bought a book After that, i often visits there. From there, my hobby was developed. From a megazine, i found an article which discussed about blogging; an activity to explore our talent in writing. I tried to make a blog. I had a blog in February 2009. I wrote my ideas, opinions, stories, etc. Until now i am a blogger. Why we should like reading and writing? I want to share my ideas with you. ^^ We should like reading because: 1. With reading, we can know everything. We can open the window of world by reading books. 2. We feel poor of knowledge, so that it make us keep searching. 3. What we read, it will determine us five years again. 4. It is positive activity which can develop our selfs to positive things. 5. Input=output. If we often read a good books, we will be a good person. ^^ We should like writing because: 1. With writing, we can explore our ability. 2. Next day if we die, what we white will not die. 3. We can useful for another people.
Readmore >>

..:: Masih Berminatkah Ber-Alay Ria Di Blog (?) ::..

Bismillah Halo kawan-kawan, kuulangi ya,”Masih Berminatkah Ber-Alay Ria Di Blog(?)” hhe sebuah statement setengah pertanyaan yang tiba-tiba muncul dibenakku dan ingin kuungkapkan lantaran kemaren ngobrol dengan kawan lama tak jumpa. Teringat pula dulu bagaimana aku mengenal kata “Alay”. Hmm, dulu itu temanku kan ngobrol mengenai alay. Dan akupun bertanya sesungguhnya maksud kata alay itu apa. Kalau setahuku, aku dulu dapat kata alay dari blog seorang kawan maya yang membicarakan tulisan 4l4y, hhe seperti ini. Lantas temanku itu menjawab bahwa alay itu atasnya lebay. Hhe kalau secara matematisnya kan berarti “integralnya lebay”. Haha.. Hmm, itulah yang kumaknai sekarang mengenai alay. Kemaren di SMA N 1 Wonogiri ada cap tiga jari. Alhamdulillah bisa berjumpa denan kawan-kawan. Rasanya ingin meluapkan rasa kangen dan pengen cerita-cerita. Nah kita memutuskan untuk ke Al Azhar, mushola SMA N 1 Wonogiri. Dari perbincangan (haiah sok perbincangan, ya maksudnya pembicaraan kami), aku menemukan ide yang mencuat dari otakku dengan lahirnya tulisan ini. Temenku bilang kalau kita pakai tulisan alay, nanti mbah Google bakal disorientasi (kekacauan arah) sama arti tulisan kita. Ya tau sendirilah, seperti apa bahasa 4l4y itu, contohnya ada kata “ia” yang berarti “ya”, nanti kalau pakai Google Translate kan bisa jadi “she,he, ato it”. Hmm,, Jadinya sekarang untuk blog mulai hati-hati deh dengan penggunaan kata. Mungkin saja suatu hari nanti ada orang asing yang berminat baca tulisan kita, terus karena keterbatasan bahasa dia pakai jasa Google Translate. *hhe ngateng dikit =)* Hmm, jadi teringat tulisan awal di blog yang aku buat kacau balau. Hmm, alhamdulillah masih diingatkan untuk tidak beralay di blog. Lha gimana ya alay itu lucu menurutku dan bebas berekspresi, ya kan? Yup, tapi kita harus ingat, sebaiknyakan letakkan sesuatu pada tempatnya. =) okok... =)
Readmore >>

^^ Karier Di Jalan ^^

Bismillah.. Alhamdulillah Allah memberi kenikmatan padaku dengan memberi kemampuan padaku untuk bisa naik sepeda motor. Hmm, awalnya dilatihi oleh ayah di lapangan sepak bola waktu liburan. Berlatih-berlatih dan berlatih. Hingga sang waktu berjalan. Dan akupun semakin bisa bersepeda. Namun, ayahku tetap seorang disipliner yang mengharuskan aku memiliki SIM dulu baru boleh membawa sendiri sepeda ke jalan raya. Hhe, tapi pada suatu kesempatan, aku dan teman-teman TPA pas lagi kumpul bareng, ada keinginan untuk jalan-jalan. Ya Allah, sampailah aku di Omah Tiban, suatu tempat wisata di Girimarto. Aku ke sana dengan teman-teman yang berjumlah sekitar 5 perempuan. Subhanallah, kami diizinkan menikmati ciptaanNya yang sungguh menawan hati. Setelah itu kami jajan bareng juga. =). Sesampainya di rumah aku kena marah orang tuaku. Ya benar sih apa yang mereka katakan kepadaku. Aku mengendarai sepeda motor tanpa surat-surat, yang pastinya itu bisa saja merugikan diriku, bahkan tak hanya diriku, namun mereka juga. Hhe. Ayah berjanji padaku untuk membuatkan SIM pada awal tahun 2011. Logikanya gini Guest, aku ulang tahun pada agustus itupun tanggal terakhir. jika aku membuat SIM pada 2010 itu maka berlakunyakan hanya sampai 2015, namun jika aku membuat pada awal tahun 2011, maka berlakunya bisa sampai tahun 2016. Ok, kuterima apa kata ayahku. Sampailah pada awal 2011, namun qodarullah aku juga belum dibuatkan. Hingga setelah ada ujian sekolah (kalau tidak salah), baru ada kesempatan untuk membuat SIM dan alhamdulillah aku punya SIM. Meski KTP, SIM, dan sepeda sudah ada, namun ayah belum memberi aku kuasa penuh untuk bepergian menggunakan sepeda. Alhamdulillah dengan adanya Super Intensif di Ganesha Operation (GO) selama satu bulan lebih satu pekan aku bisa menggunakan sepeda itu, ya paling enggak satu pekan sekali memakai sepeda itu meski Cuma hari Sabtu. Ya nyicil latihanlah biar kelak tidak kaget kalau harus ke Solo dengan bersepeda. Hhe, aku ingin mengembangkan diriku dan sebagai tantangan untukku. Waktu itu aku pengen plus-plus, karena tentornya laki-laki, aku minta tolong ke salah satu temanku untuk menemani aku, dan nanti pulang bareng aku gitu. Mutualismelah. =). Alhamdulillah dia mau. Dia itu temenku yang dulu pas kelas satu satu bangku dengan aku. Dari GO udah sekitar jam 5. Ya aku dan temanku berjalan ke arah Selogiri. Hmm, cukup jauh rumahnya tapi tak sejauh rumahku. Oya, untuk helm, aku pinjem GO. =). Aku mampir kembali ke Go, mengembalikan helm, dan pulang. Katanya untuk kartu pendaftaran itu memakai kertas terus portrait bukan landscape. Ya Allah, padahal udah senja gitu. Ya sudah, alhamdulillah ada tempat rental yang sekaligus warnet. Aku mampir sana. Senja semakin beranjak. Di temaram itu aku meluncur ke TKP yakni rumahku, Doho, Girimarto. =) Hhe lain hari aku mencoba diriku lagi, wah aku lupa-lupa ingat rumah Nanda, jadinya aku nyaris tersesat. =) alhamdulillah aku bisa menemukan rumah Nanda. Ya, aku ke GO lagi untuk ngenet cari informasi dan mencocokan jawaban SNMPTN 2011. Dan kemarin (6/6/2011) aku main ke rumah Rizki, hhe ke Pacitan Gan. Ya Allah, katanya perjalanan 2 jam. Dengan kemampuanku yang minim dan ke-ngateng-anku yang maksim, aku dan Rizki dari Wonogiri jam 11. Subhanallah, dia, temanku, bersekolah dengan jarak rumah ke sekolah sejauh itu, makanya dia ngekos, tak sedekat jarak rumahku ke sekolah. Hmm, Alhamdulillah, meski agak nabrak-nabrak, aku dan Rizki sampai rumah dengan selamat. (lho, Selamat siapa? =) ). Jam 2 aku cabut dari rumah Rizki dengan membawa buah Jeruk yang banyak dan nikmat. =) qodarullah, dengan kecepatan sekitar 80 km/jam dan karena ada kerikil-kerikil serta jalan yang kurang rata, aku tergelincir. Alhamdulillah aku tak apa. Dan subhanallah, ada dua orang bapak-bapak yang dengan rela meluangkan waktunya untuk menolong aku, tepatnya ‘membangunkan’ sepedaku. Bapak-bapak itu juga menanyai keadaanku. Aku katakan pada mereka bahwa aku tidak apa-apa. Cuma terpeleset itu. lagian aku juga terjatuh sendiri. Hmm,, Aku melanjutkan perjalananku. Alhamdulillah, ternyata pakaianku yang tebail dan berlapis bermanfaat. Paling tidak sakitnya hanya sedikit. Hhe. Hmm, apa ya aksiku selanjutnya. Tunggu sekuelnya (hlo?? =) )
Readmore >>

♥ Competition of Young Red Cross♥

(Sumber gambar: www.ksrtarakan.cc.cc)

Name: Masdhiana S.
Number: 24
Class: VIIIB
Subject of Instruction: the English
Date: at Sunday, 4th March ‘07



At 16-18th December 2005, i and my friends went to Kerjo Lor to competition of Young Red Cross. There were a lt of competition, such as: first aid competition, education for young, take care for relations competition, fast handy competition, game, etc.

At 16th December 2005, after we arrived at Kerjo Lor, we arranged luggages. At this date My friends followed competition of poetry reading. They were Esa and Ayu. Not to mention that, there were fast handy competition. Miss Nia, Miss Widyawati, and Miss Diana followed this competition. I and other my friends made 2 tents. Because rain fall down and we tents hit flood. We slept in home around member.

At 17th December 2005, at morning i washed my face and brushed my tooth. After that we breakfast. At afternoon i and my friends followed first aid competition. They were Miss Fifin, Miss Gilang, Miss Aini, Singgih, Vera, and I. Not to mention that, there were take care for family competition. Miss Dewi, Miss Muthoharoh, Miss Galuh, and Dana followed this competition. At night we slept in home around member.

At 18th December, at morning i washed my face and brushed my tooth. Three days i didn’t bath, only on i went to home. At afternoon we did game with other Junior High School. Because i didn’t clean, after that i spray my head with rain water.

At 18th December 2005, at evening i and my friends went home and brought three cups. We won fast handy competition, education for young competition, and take care for relations competition. We went home with water eyes. I felt happy, althouh we didn’t public win. I felt happy because i got waluable experience.

Readmore >>

♥ACT AS SPIDERMAN♥

Last year, my mother slept in my boarding house. She stayed there because she went home in the mid night. She had to report her job during one year. She reported to Semarang office. My friend wasn’t in the boarding house, so my mother could sleep with me. My mother said that she would come in mid night. And really she came. In the mid night, i opened the main door of Wisma Melati. I heard car’s sound. I believed that it wa car used by my mother. Poor her, she looked so tired. After my mother arrived she wanted to subtitude her cloth, because she didn’t carry her cloth, so she used my cloth. My size and her size weren’t different. So my mother could use my cloth. Because of she was so tired, she could sleep easily. In the morning, my mother had to go to her office.about 6.00 am, we ate at Bu Endang’s restaurant. I liked eat there because the price was affordable, the food was so delicious, and the nutrient was good for my healthy. Hmm, yummy,, then my mother had to go to her office. After we had breakfast, my mother prepared to go to her office. My mother went to her office by public transportation. In the evening, my mother went and i went to our house. We used car to reach our house. From Semarang my mother bought some meal. I ate that on the way at car. In the way where it was close to my house, we watched my father who crossed us. After we arrived at home, i looked for the key of my house as soon. I was very shock, the key didn’t stay at the usual place. Hmm, i went to behind of my house immediately, oh the door was locked. Oh,,, poor me... it means that i had to be spiderwoman... ups spiderman... I tried, tried, and i tried to reach the leave of window in the top, in the most top. Oh, i didn’t reach it because i didn’t tall enough. Although we had used table to reach the window. I though, though, and though as Jimmy Neutron how to reach the most top window which didn’t lock. Oh,, there was chair to help me. My mother knew my action, so she forbiden me to do that action because she was so afraid of that. After my mother went out, i put the chair in the top of table, oh alhamdulillah, i could reach the leave of window. As soon, i opened the leave of window. I put one stick to open the leave of window. I reach the window by my hand, also i took up one of my foot. After that, i entered my head and also my other foot. Oh,, alhamdulillah, now i was here. I was staying in the top of window. This action was so difficult for me, but before it, sometimes i do it. Oh yeah, i acted this with my dress, but i had dismissed my jilbab. “Hoho.. i’m staying in the top” now, i thinking how can i climb to the down. Hmm, i tried one of my foot to turn the window, all action. I tried one by one carefully. After that, i turned my other foot. Oh that window was so height, but give thanks to Allah, i could act this without accident. After i stayed at a little top of window, i climbed to the down. After that my mother came and knew my action. She was very amazed and the pleasure was on my heart. Huft.... i opened the door which locked by its self. The last i was very happy. We could enter the house.
Readmore >>

♥Steps on My Journey To Reach My Dreams♥

Bismillah.. The life must go on. Dan kini telah usailah SNMPTN 2011. Penantian satu bulan semoga bisa kugunakan untuk kemanfaatan. Guest, semoga Allah membalas perjuangan dan pengorbananku dengan yang setimpal, sukur2 dengan apa yang aku harapkan. *amiin*. Satu bulan Guest, bejibaku dengan soal-soal. Hmm,, kalo kata mb Avi c, u/ masuk ke Kedokteran (baca:Pend Dok) UNS harus belajar ampe mabok dulu. Haha, entah udah mabok pa belom aku. Alhamdulillah c, belajar bisa intens. Aku ikut GO sejak kelas XII. So, satu bulan lebih 1 pekan kemaren aku bener2 fokus ke sana. Ampe gag bisa ngurusi kehidupan dunia mayaku. Hoho, maaph yak. Jadi gini Plend, qt masuk mulai jam setengah sebelas, trus selesai jam 14.15. untuk hari Jumat, karena ada sholat Jumat. So masuk mulai jam 10, pulang jam setengah 3. Hmm, pas 3 pekan awal c aku masih biasa, coz juga masih nggantung, diterima di snmptn undangan gag. Pi aku juga harus prepare, menyiapkan kondisi buruk, dan qodarullah, emang aku belum diterima di univ via snmptn undangan. Ya mungkin ini cara Allah agar aku tetap berusaha. Dan untuk mengetahui seberapa kegigihanku. Akankah aku menyerah ato aku mencoba menghadapi tantangan again. Ya hari-hari kujalani dengan les-les dan les. Hhe biar pulang bisa ngirit, aku pulangnya nebeng ibu, dan waktu selama menanti itu aku gunakan untuk plus-plus (fasilitas dari GO untuk siswanya yang belum paham akan materi, so bisa ditanyakan saat itu) atopun ngenet. Setiap pekan juga ada try out Plend. Pas try out pertama, aku salah meletakkan pilihan jurusan. Aku milih teknologi Pendidikan UGM di my first choice, nah baru pilihan kedua Pend Dok UNS. *Wah yang bener aja Bung?? :P*. Ia c, kalo dilogika seumpama aku pilihan pertama ja gag diterima apalagi pilihan kedua. *haha* Hmm, alhamdulillah according 2 GO hasilnya aku diterima di Teknologi Informasi UGM(PG: 35,00). Saat itu PG-ku 35,07. Untuk pekan pertama masih agak enjoy, habis UN pula, butuh refreshing kan. Aku masih bisa enjoy di dunia maya. Nah pekan kedua, pas TO aku membalik pilihan jurusanku. Qodarullah, ada something wrong apa, hasil TO q Cuma 28 koma, dan ternyata tes Kemampuan IPA ku kagak ada. Ya Robb.. tapi setelah aku hitung sendiri PG-ku naik, masih antara 30-40 %. Hhe, jadi pas mengerjakan aku tulis jawabanku di kertas soalnya. Untuk TO pertama pembahasannya ada di kopian. Hmm, Go Green masih melekat di otakku. Kalo aku ngopi, berarti itu mengonsumsi kertas. Padahal pembahasan bisa ditulis di kertas soal To itu. ya sudahlah. Untuk TO kedua aku minta soft file ke Mb AW. Selain Go Green, kan aku bisa nulis ulang tu, biar cara-caranya semakin melekat di otakku. Begitu untuk seterusnya. Hhe tapi pas TO berapa gitu, kan Mb AW pas nggak ada, nah aku minta pembahasan ke Pak DJ (hhe peace ya Pak, aku telah merepodkanmu, padahal dirimu udah sibuk ngurusi anak SD, masih aku repodkan dengan ulahku, wah kasian juga c, beliau benar-benar bersusah payah mencarikan pembahasan To untukku, pasalnya kita juga gag tau nama filenya apa.hmm,, ckckck). tapi setelah Mb AW, Pak DJ, sekitar 2X diberi pembahasan TO o/ Pak AG. Hmm, alhamdulillah, setelah agak sedih dengan TO 2ku yang masih jadi Mr-i, TO ketiga Allah membaik, PG-ku jadi sekitar 41,.. dan bisa di peringkat 1 kelompok IPA di GO. Tapi,, *mengutip perkataan teman* gag ngefek kita nomor berapa di GO, yang paling urgent, seberapa bisa kita stabil di PG yang kita harapkan.. wallahi.. Next, TO ke-4 qodarullah, entah kenapa aku pas ngerjain juga kurang ngeh. Wal hasil PG-ku terjun bebas di 33,.. and the last TO, alhamdulillah, nangkring di numb 1 again dengan PG 42,27. Tapi itu belum cukup bekal untuk bisa ke Pend Dok UNS. Pasalnya PG Pend Dok UNS versi Go itu 48,35. Sedangkan untuk mencapai sana butuh 7-8 persen again. Tapi aku masih punya pilihan kedua yang PG-nya 35,00, so itu bisa jadi parasit untukku bisa aku gag sampe ke 48,35 dan terjun ke bawah. Dari PG-ku terakhir itu jarak dengan pilihan kedua juga sekitar 7-8 persen. Hmm, sekarang sudah usai rencana B. Saatnya menyusun rencana C (via SM, UM, ato Simak UI). Selain itu aku juga harus menyiapkan dua kondisi antara di terima dan belum diterima di PTN. Aku berharap pada Allah akan X Factor. Tujuanku memilih jurusan dan PTN itu aku pengen banget bisa bermanfaat untuk orla, bisa membahagiakan ortu, dan yang terpenting pas kul aku bisa ngaji. Aku pengen banget punya lingkungan yang bener2 baik. =) Setelah belum diterimanya aku di PTN dengan jalur SNMPTN undangan, aku bener2 fokus ke SNMPTN, meski qodarullah ada something trouble with my self. Hhe, pengumuman snmptn undangan j aku minta tolong Rizky Henrika untuk membukanya. Ya udah deh kalo kenyataan bilang aku belum diterima, saatnya berbuat lebih baik lagi. Dan kemarin hari bersejarah dalam hidupku, tanggal 31 Mei 2011. Aku tes snmptn. Aku tesnya di SMP 20 SKA. H-1 aku cari TKP, bareng babe. Wah, ternyata ada short cut untuk bisa ke tempat itu tanpa lewat UNS. Pas hari itu kita pake shortcutnya. Aku nglaju ma babe, alhamdulillah, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.. alhamdulillah, ketika ada temenku yang ortunya gag merestui untuk kuliah, namun Allah memberi banyak kemudahan kepadaku untuk bisa berusaha meraih mimpiku. Qt berangkat dari humz jam 5 pagi. Kita pilih jam segitu coz pas jam2 itu Wonogiri dan Solo belum rame, so nantinya kita gag kejebak macet. Hari kedua pun sama. Dan ternyata jam di mobil menunjukkan angka yang sama pas kita berangkat. Ternyata anak SMA N 1 Wonogiri yang ada di SMP 20 surakarta ada 5 anak RSBI (Aini, Nur Eka, Iped, Goji, dan Salafudin) sedangkan yang reguler just aku n Riris. Aku di ruang 9 dengan nomor 976, sedangkan Riris di ruang 10. Wew, ternyata Yuni temenku SD juga ada di situ tesnya. Aku tau setelah di cmez aku kalo doski ketemu babe q. Dan kini aku harus menyusun rencana C untuk kehidupan dan masa depanku. =) Harus tetep semangat, punya perencaan, dan matang dalam semua tindakan.. =) Keep smile! Keep blogging! Keep writing! Keep criting-criting! =) *Wannabe productive again* Buad temen2 yang kaya pengalaman, share with me yak.. kasih masukan ato saran2 kek gitu.. =) Plend, doakan aku ya moga bisa jadi muslimah yang dokter ato diberi yang terbaik oleh Allah. =) makasih... Jazaakumullahu khoyron... May Allah bless u (all)... _-- Quote: “Sesungguhnya Allah tdk akan mengubah nasib keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (Ar Ra’d:11) --_
Readmore >>