Buscar

Loading...

♥ JUMBARA (JUMPA BAKTI GEMBIRA) PMI CABANG WONOGIRI 14-16 JUNI 2011 ♥

Bismillah.. Hari ini adalah tanggal 15 Juni 2011 untuk kali keduanya aku mengikuti JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) PMR se-Wonogiri yang diadakan oleh PMI cabang Wonogiri. Namun saat ini aku bukan sebagai peserta namun aku sebagai supporter untuk SMPku yakni SMP N 1 Sidoharjo. =)
Aku ceritakan mulai kemarin ya. Kemarin kami berencana berangkat dari Sidoharjo jam 7. Namun karena satu dan lain hal rombongan mini bus dan truk yang mengangkut peserta serta pembina Jumbara untuk PRAMANDA (Palang Merah Remaja Ndarjo Siji) sekitar jam 7 lebih. Satu minibus dan satu truk meluncur dari SMP N 1 Sidoharjo, sedangkan aku dan Asti menunggu di Watugede. Kami berdua nyepeda. Setelah kami sampai TKP (lapangan Petir), bu Niken (Pembina PRAMANDA) menghubungi sekretariat untuk menanyakan letak kapling kami. Sembari menunggu bu Nick; panggilan akrab beliau, kami menurunkan barang-barang dari truk, kemudian setelah bu Nick menemukan persis TKPnya, kami meletakkan barang-barang di sana. Kami berkerja semua, saling membantu dan semampu kami. Setelah barang-barang selesai diturunkan truk melaju meninggalkan kami. Kami lantas mendirikan tenda. SMP N 1 Sidoharjo bernomor urut 12 (kaplingnya).
Mas Agil, Bu Nick, dan beberapa anak mendirikan tenda. Karena aku belum paham mengenai hal seperti itu, aku, Asti, dan beberapa adik membuat mading yang akan kami tempatkan di depan tenda. Setelah pembuatan tenda selesai, acara selanjutnya yakni upacara pembukaan. Selain tenda putra dan putri, kami mempunyai tenda untuk dapur. Kalau tenda putri di belakangnya ada SMP N 2 Wonogiri sedangkan kanannya SMP 6 Wonogiri. Untuk tenda dapur, di depannya ada SMA N 1 Girimarto dan di samping SMA N 1 Girimarto ada SMA N 1 Wonogiri (tenda-tenda putra). Untuk urusan makanan kami memasak sendiri dengan dipandu oleh bu Nick. Setelah upacara, kegiatannya santai hingga sekitar jam 1. Sekitar jam itu ada travelling. Yang mengikuti traveling ini ada 10 anak. Jadi bentuknya 10 anak itu jalan-jalan kemudian ada pos-pos gitu untuk tes mereka. Nah pas travelling ini anak-anak pada dehidrasi. Mereka kemudian sms mas Agyl untuk mengirimi mereka minuman. Kemudian kakak-kakak alumni yang bawa sepeda mengantarkan minuman untuk mereka dengan bantuan orang PMI. Give thanks to him. Next, jadi 2 anak menetap di PRS yakni Sonya dan Abu. Kemudian lainnya yakni ada tes da praktek PP, PK, HPI, kepemimpinan, doras, dan kesiapsiagaan bencana. Yang mengikuti travelling ini yakni Betari, Riska, Meila, Raras, Ganang, Gilang, Anin, dan Galuh. Selain travelling hari pertama ini ada kegiatan lomba artikel bahasa inggris dan life skill.
Pembuatan dan pembacaan artikel ini dilaksanakan oleh Bela. Artikel berbahasa inggris yang dikumpulkan sebelum di TKP ini memuat cerita tentang kegiatan PMR di SMP N 1 Sidoharjo. Sedangkan life skill; ini merupakan ceramah. Yang mengikuti ceramah yakni Jane dan Dewi. Kegiatan di malam hari yakni drama yang dipentaskan oleh sebagian sekolah. Hari kedua. Kegiatan pada hari kedua yakni hasta karya. Delaya dan Nanda yang membuat kreasi daur ulang dari botol aqua. Keenam botol ini dijadikan lampion. Hhe, sekedar tambahan saja, kemarin penulis juga melihat-lihat kreasi sekolah lain. Penulis tertarik denan salah satu kreasi entah sekolah mana, jadi itu botol bekas dijadikan lampion, tempat minum, tempat snack, dan tempat tissue. Variasinya itu hlo yang beda. Acara ini dilaksanakan pada siang hari di bawah pepohonan, meski panas pn masih menyengat. Serta peserta favorit juga tetap menjalankan tugasnya. Rosa Kurniasih; dia adalah peserta favorit SMP N 1 Sidoharjo dan juga merupakan pentolan PRAMANDA untuk saat ini. Pada hari ini juga diadakan life skill. Siang harinya, kami berkumpul di tempat yang cukup rindang untuk latihan drama. Dan malamnya drama pun dipertunjukkan. Anak-anak yang mengikuti drama ialah Masyur, Akbar, Ganang, Galuh, Abbi, Riki, Dinar, Abu, Meila, Bela, Raras, Dewi, Delaya, Sonya, Betari, Anin, Riska, Rosa, dan kawan-kawan. Konsep drama ini seperti OVJ yakni adanya dalang dan iringan musik, dengan perkakas seadanya tentunya dan menitikberatkan pada pertolongan pertama dan PMR. Pada malam ini, bertepatan dengan terjadinya gerhana, alhamdulillah diberikan kesempatan pada Asti, Anggi, Basuki, dan Mas Agyl untuk berkumpul bersama. Mereka tidur di depan tenda putra. Sedangkan untuk hari ketiga pagi ini diisi dengan outbound. Dan sekitar jam 2 itu kami bongkar tenda. Kemudian barulah upacara penutupan dilaksanakan plus pembacaan kejuaraan.
Oya, mungkin Teman-teman sedikit bertanya-tanya mengenai peserta favorit. Hmm, kasian juga peserta favorit itu karena ia dalam waktu tiga hari itu kegiatan melulu. Naum tak apalah, jadikan, pengalaman ya Dek. =) hhe nani kan banyak makan garam.
Untuk kegiatannya, peserta favorit ini pada hari pertama yakni berkenalan dengan peserta favorit dengan kontingen lain dan ada game. Untuk hari kedua; game dan test tertulis. Dan hari ketiga; presentasi. Ternyata walaupun sudah SMA/SMK alumni-alumni SMP N 1 Sidoharjo masih peduli dengan SMPnya. Ketika tidak ada kegiatan mereka kadang main ke tenda. Ngobrol-ngobrol , criting-criting, sharing, ketawa-ketiwi itu yang kami lakukan. Dan mereka adalah Sandi Supriyatna (SMK N 2 Wonogiri), Basuki (hhe sekarang panggilanmu Uky t(?) dia dari SMA N 2 Wonogiri), Fathur juga dari skanda, Zaki dari Smanda, Asti dari SMA N 1 Wonogiri, Anggi (alumni SMA N 3 Solo), Sandi (alumni Smanda), dan aku (Masdhiana; alumni SMA N 1 Wonogiri). untuk urusan konsumsi kami memasak sendiri, sampai-sampai agak kasian sama anak-anak sekitar tenda dapur, karena hanya mencium baunya. =) hhe wah tidak sepeti dulu, kalau aku dulu pas kemah wisata mandinya di rumah penduduk namun tidak bayar, namun sekarang katanya temen-temen itu mandi bayar Rp 2.000,00. Jadinya uang mereka banyak terpakai untuk mandi. =) hmm, suasana di sana tidak seperti yang kurasakan pada waktu jumbara Desember tahun 2005, kalau dulu itukan becek dan kita sampai tinggal di rumah penduduk dan tendanya tidak kami tiduri, namun kalau jumbara ini yakni bulan Juni di tengah bulan, sungguh terik mataharinya menyerbu kami. Kan hari kedua yakni tanggal 16 kan ada gerhana jadinya juga bisa menikmati pemandangan itu tanpa terhalang untuk temen-temen yang tidur di luar. Katanya Asti jam setengah 3 pagi itu dia lihat gerhana tersebut. Trus kan katanya dia dminta untuk membangunkan temen-temen yang lain, namun ternyata yang dibangunkan tidak bangun-bangun. =) apalagi ya? Sepertinya dicukupkan sekian. Kalau ada yang kurang bisa ditambahi dan kalau ada yang kurang tepat bisa dikoreksi. Dan inilah mungkin yang dinanti-nanti, pengumuman pemenang.
Dan hasilnya adalah….
1. Peserta favorit: 6
2. Perkampungan sehat: 15
3. Kreasi daur ulang: 4
4. Galleri foto: 8
5. Drama: 6
6. Artikel bahasa Inggris: 5
7. Travelling: 13
8. PRS: 12
9. PK: 9
10. PP: 10
11. Juara umum: 2.4 atau nomor 9 Ya jadi modelnya sekarang seperti ini dan setiap lomba semua kontingen mendapat medali. Hmm, yang tak habis kami (Aku dan Asti) pikir apa tidak capai ya orang yang mengumumkan pemenang-pemenang itu soalnya dari ke-20 peserta diumumkan semua mereka berada di nomor berapa. Dan itu terdiri dari 20 Madya dan 20 Wira. Untuk
Wira juara umumnya adalah SMA N 2 Wonogiri(1.1), SMK N 1 Wonogiri (1.2), dan SMK N 2 Wonogiri (1.3). sedangkan untuk madya juara umumnya ialah SMP N 4 Purwantoro (1.1) dan SMP N 1 Wonogiri (1.2). dan SMP kita berada pada 2.4 atau nomor 9 dari 20 itu.
Setelah mengetahui keadaannya seperti ini, tugas kita bersama untuk menjadi lebih baik lagi dan semoga 2 tahun lagi kita bisa membawa piala yang banyak.

Ditulis Oleh : asysya

Artikel ♥ JUMBARA (JUMPA BAKTI GEMBIRA) PMI CABANG WONOGIRI 14-16 JUNI 2011 ♥ ini ditulis oleh asysya pada hari Friday, 17 June 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang ♥ JUMBARA (JUMPA BAKTI GEMBIRA) PMI CABANG WONOGIRI 14-16 JUNI 2011 ♥ dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron