Semua Ada Jalannya

Slow down
Selow
Woles

Semua ada jalan, kalo kita mau melangkah
Mengetuk pintu-pintu untuk berbagi(maksudnya minta dibagi XD)

Semua ada solusi: 1 solusi ato banyak solusi /*Keinget MTL XD */
Tinggal kita mau mencari atau tidak

Ketika memang sulit dikerjakan, tanyakan sajaaaa
Pada ahlinya
Pada mereka yang berpengalaman
Pada mereka yang tlah mencicipi garam kehidupan
Pada mereka yang tlah merasakan pahit getir pengalaman

Percaya pada-Nya.

Terima kasih untuk semua yang tlah membantu dengan cerita atau tanya jawab ^_^
Readmore >>

Jangan Putus Asa Belajar Bahasa

Meskki lidah tertatih, bak anak kecil belajar bahasa/ membaca tetap semangatlah!
Ingat, suatu saat pintu ilmu kan terbuka selebar-lebarnya, langsung dari sana penulisannya. 
Banyak kitab bisa dilahap.
Jadi jangan putus asa dan menyerah.
Jangan turut dalam godaan setan untuk berhenti karena lelah.
Ini hanya sementara, kan kau rasakan manis buahnya. 
^_^
Readmore >>

Pelajari juga yang Tak Kau Suka

Ketika kamu hanya mau mempelajari hal yang kau suka, maka itu tak kan mengembangkan dirimu.
Ketika kau cuma nunggu mood tiba, truss kalo moodmu gak muncul" kamu diema aja gitu?

Ketika kau hanya menerima yang kau suka, trusss yg gak kamu suka mau diapain. 
Gak semuanya kita bisa milih 'cuma yang kita suka'. Karna butuh universalitas. 
Karna mungkin yang tak kau suka itu menambah pengetahuanmu.
Perlahan belajarlah dan coba dikomunikasikan dengan mereka.
Readmore >>

Rencana Tak Sesuai Fakta

Ketika dulu kau berencana dan punya tujuan
Tak serta merta di depan mata sekarang sesuai dengan perencanaan matang kita
Banyak pilihan di tengah jalan yang melahirkan konsekuensi-konsekuensi untuk meraih suatu tujuan.

Sebuah jalan yang tak terpikirkan dan malas untuk memikirkan kadang ternyata menjadi kenyataan yang musti ditelan.
Peluang dan kesempatan gak datang 2 kali. Ketika ia datang dua kali, yang kedua tak se-fresh yang pertama.

Sudah.. nikmati pilihanmu, ambillah hikmah, belajarlah dari sana, tanamlah dan petiklah buah yang banyak, jangan lupa menyirami dan memupuk agar panenmu banyak.

Lakukan itu dengan niatan karena Allah.
Hukum alat tergantung tujuan.

Jadikan ini semua sebagai bekal kehidupan nyata suatu saat nanti ketika benar-benar "Welcome to the Jungle"
Readmore >>

Bukan Jabatan tapi Esensi

Bukan nama atau jabatan, tapi esensi itu semua lebih berarti daripada pangkat/ gelar. 
Bekerjalah, orang lain dan Allah yang menilai.
Jabatan dan gelar hanyalah ilusi yang fana, karna yang lebih penting ialah kontribusi. 

Carilah pahala yang besar dan sebenarnya, bukan yang fana di dunia. 
Toh semua ada balasannya. Apa yang kita usahakan sama dengan apa yang akan kita dapat. 

Buatlah jejak-jejak kecil, yang mana rekam jejak itu kan jadi nostalgia di hari tua.
Sebagai batu loncatan ke tempat yang lebih tinggi jua.

Timbalah ilmu, carilah pengalaman, perluas jaringan, input hal positif, serta hal baik yang lainnya. Sebagai penunjang kehidupan mendatang. Jangan gunakan waktumu untuk sia-sia karna dia kan menebash(XD lebay) lehermu.

Mumpung belum sibuk, mumpung mash single, mumpung belum punya yang musti dirawat dengan baik, mumpung muda, mumpung masih hidup, dll.

Teruslah belajar, ilmu tidak diperoleh dengan badan yang bersantai-santai!
Readmore >>

Jaga Komunikasi

Kehidupan emang keras Nak...
Ketika kau ingin tegak berdiri mandiri, orang yang tak tau bilang macem-macem hal kurang postif tentangmu.
Kehidupan kadang cuma asumsi tanpa klarifikasi. 
Asal ambil kesimpulan, sepihak menentukan.
Memang seperti itu. Jadi, jaga komunikasi. 
Klarifikasi dan teliti sebelum mengeksekusi.
Jangan terbakar api.

Komunikasi, mungkin masalah komunikasi.
Ketidaksinkronan antara komunikan dan komunikator => Miskomunikasi
Komunikasi itu krusial.
Jaga komunikasi. 
Yang ingin disampaikan seseorang musti benar-benar sesuai ma yang dia inginkan dan penerima pun menangkap hal yang sama. 
Agar tidak terjadi sesuatu yang fatal

Selow, yang penting jaga komunikasi
Buka dialog dan diskusi biar gak salah arti
Berusahalah terbuka dan gak ditutup-tutupi
Agar jelas dan tiada yang tersakiti ^_^
Give thanks to Allaah


Readmore >>

Hargailah Perubahan

Hargailah perubahan.
Kau musti lihat seberapa usaha. 
Mengubah tiada menjadi ada itu perubahan, meski bentuknya kecil. 
Mungkin yang bisa kau lakukan hanya sampai di sini. 
Tapi kau bisa tetap memperbaiki yang ada dengan mem-back up penerusmu. 
Jangan kau ualngi kesalahan yakni dengan penerusmu melakukan kesalahan yang sama. 
Ia harus lebih baik darimu!
Readmore >>

Semoga Semangat Selalu Menyala

Ya Allah, ketika semangatku menyala...
Jangan padamkan ia sebelum mencapai titik terakhir...
Hingga semua ini bisa kupertanggungjawabkan dengan lega...

Ya Allah, sulutlah semangatku untuk trus membara
Membakar/ melahap kemanfaatan yang ada
Readmore >>

Sabar & Buat Deadline Semu

Sabar Nak...
Berhubungan dengan banyak orang itu butuh kesabaran dan rasa mengerti. 
Mungkin kita ingin segera tuntas, tapi mengertilah kondisi orang lain. Mereka tak serta merta lepas tanggung jawab itu, mereka manusia, kadang lupa, ada kegiatan lain, atau alasan lain yang dibenarkan. 
Yang pasti, bikin deadline semu aja . Biar kamu gak keteteran sendiri. Bikin back up.

Ketika disamaratakan mungkin ada yang kurang respon, nah langkah berikutnya ialah spesifikasi, eh mksdx dispesifikkan XD

Hmm. ya itu ada kalanya qt tegas, ketika emg kondisi dia tau dan gak da alasan menolak.
Tapi adakalanya qt lunak, kalo kondisi memaksa mereka u/ gak bisa ato pending ato da alasan yg logis.

Ya itu juga kembali ke kita, gmn manajemen qt? Bikin DEADLINE SEMU
Readmore >>

Kisah Singkat Berjilbab

Teringat dulu...
Ikut organisasi keagamaan gak musti pakaian/ perilaku harus sama ma yang lain(meski diharapkan kelaknya juga sama ^_^ )

Dulu Ana ikut kegiatan keagaman, ikut Rohis, mau ikut Farohis(Forum aktivis kerohanian Islam) Wng juga. Dalam kondisi ia belum berjilbab, sedangkan teman-temannya semua pake jilbab. Mungkin sempat minder, tapi itu bukan penghalang baginya untuk menuntut ilmu dan bergerak dalam dakwah. Karna semangat dan niatnya tlah menggebu meski kondisinya seperti tiu.

Yang bisa Ana lakukan saat itu ialah "memakai kaos kaki setinggi lutut" yang itu kadang membuatnya diolok" oleh orang yang melihatnya "eh mbak, mau main sepak bola ya XD"

Ana cuek saja, ia tetap berjalan terus ketika ada yang bilang seperti itu.

Dan alhamdulillah dengan berjalannya waktu dan perubahan perilaku pada ortu, Ana diizinkan memakai jilbab, dia bangga, dan bisa berpakaian sesuai -mendekati- aturan.
 
Readmore >>

Tak Punya Tujuan Bak Perahu Tanpa Tau ke mana kan Berlabuh

Sebuah perahu yang tak tau tujuan yang teromang ambing dengan ganasnya arus samudra.
Dan kemanakah kan berlabuh?
It's your business.
Kamu musti punya tujuan yang jelas. Tujuan jangka panjang, tujuan jangka pendek. 
Buat hidupmu lebih berarti. 
Lakukan mulai dari sekarang!
Karna akan berefek untuk ke depannya.
Jadilah pohon yang akarnya tertancap kuat di dalam tanah.
Pohon itu kokoh dan kuat, angin tak mudah mempermainkannya.
Readmore >>

Ngaca! Apa Pantas Mendapatkannya

Ketika kau ingin mendapatkan sesuatu, kau juga musti ngaca! Apa pantas kau meminangnya sedangkan yang tlah kau lakukan ialah mengkhianati dan meninggalkannya..

Bisa jadi dia tlah kecewa dan memilih orang baru untuk berproses dengannya, daripada denganmu yang tak tau akan sebuah kepercayaan

Meski kau tlah mengenalnya, namun jika orang baru itu mungkin bisa menjadikannya bahagia(menjadi lebih baik), biarlah ia bersamanya

Dan kau juga hsrus tau diri, kau sudah menelantarkannya, dia berhak memilih dan mencoba yang baru yang insyaAllah lebih baik

Dan kau pantas mendapatkan ini, karna kau melalaikan sebuah amanah/ kepercayaan padamu..

*Kek stat galau XD*
Readmore >>

Berjaan/ Berlari Inget Goal

Ketika kau berjalan/ berlari pasti ada goal yang ingin kau peroleh.
Dan semua itu mustinya bermuara pada wajah Allah. 
Mungkin kau tersandung, kau menemui jalan yang terjal, kau kecapekan, kau sendiri, dan banyak hal tak mengenakkan yang kau temui. Hal itu tak boleh menyurutkan langkahmu.

Ketika kau terjatuh, segeralah bangun.
Yang lain sudah mendahului, hendaknya kau segera meneruskan langkah juangmu.
Masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan. Masih ada waktu untuk membenahi kerusakan yang terjadi.

Jangan sampai hal" lain mengalihkan pandanganmu dari goalmu.
Mungkin terasa lelah sekarang, tapi yakinlah kan kau temui buah dari semua itu.
Ingat semua ada ilmunya. Jangan sampai lelahmu sia".

^_^
Ada yg lebih berat darimu, Nabi Nuh dakwah +- 900 tahun kan..
Nabi Muhammad sampe dilempari dan berdarah.
Nabi Muhammad sabar menyuapi sang buat yang selalu mencercanya.


Mungkin mereka tak peduli dengan ucapanmu, tapi ingat 1 perbuatan lebih bermakna dari 1000 ucapan. 
Bertindaklah, semangat, dan salurkan semangat itu ke seantero negrimu

XD #AlahOpoSih
Readmore >>

Pertanggungjawaban Nilai Kuliah

Nilai kuliah pun perlu dipertanggungjawabkan, yakni dengan ngajari yang belum bisa.
Ketika nilai itu berbanding lurus dengan bisa ngajari ya dia pantas dapat nilai itu.
Tapi kalo dia gak bisa ngajari ya berarti dari mana nilai itu(?) Dipertanyakan!
XD

Ngajari berefek positif pada sang pengajar juga, karna biasanya lebih bisa/ paham. Jadi jangan takut berbagi ilmu. Toh, ketika kita semakin pintar (secara bersama) itu ngefek ke akreditasi jurusan(sebelumnya: ngefek ke cepet lulus).

[KEJAR (KELOMPOK BELAJAR) DIGIT]
Readmore >>

Muktamar HM*F || Muktamar Hari Akhir

Logikanya...
Kalo mungkin sebagian temen ada yang khawatir/ takut dengan yg namanya LPJan/ Muktamar HM*F, harusnya mereka ya lebih takut dengan LPJan di hari kemudian yakni yaumul hisab.
Eksekutornya "bukan cuma" anggota umum, tapi juga vertikal langsung ke Allah ta'ala.
Dan rasa takut itu harusnya tercermin dalam tindakan sehari-hari.
Readmore >>

Back Up Semua

Mangkanya diback up.
Teliti semuanya, apakah memang fix atau enggak(?)
Cari back up kalo dia gak da respon, /*Gak setiap orang ada buat kita*/
Coba udah berapa orang yang dirugikan ketika ber-jam jam tanpa kepastian
Tanpa kejelasan dan tanpa hasil yang jelas

Dan esok ialah eksekusi terakhir
Semua butuh proses
Ini akibat menunda-nunda dan sering lalai
Ketika di belakang tinggal-lah penyesalan

Ada waktu sedikit, manfaatkanlah!
Masih bisa, selagi masih ada waktu, untuk berjuang
Agak kelak tidak terulang
Readmore >>

Bisnis Ilusi Susah Tapi...

Bisnis mungkin terlihat susah, namun ketika dicoba dan berjalan 'all is well'. Dibutuhkan rasa berani menghadapi tantangan (yang paling berat) mungkin mengancam nama baik kita yang semula tak beriak. 

Dibutuhkan semangat, tekad, mau mencoba hal baru, tidak malu(untuk perkara yang tidak memalukan XD), ketekunan, amanah, disiplin diri, dan bertanggungjawab. 

Ketika kau punya ide, just do it! Segera eksekusi! Kalo gak sekarang kapan lagi.

Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga kaum itu yang mengubahnya sendiri.

“Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki.”(HR.Ahmad)

“Sebaik-baik pekerjaan adalah pekerjaan seorang pria dengan tangannya dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR. Ahmad, Al-Bazzar, Ath-Thabrani dan selainnya, dari Ibnu ‘Umar, Rafi’ bin Khudaij, Abu Burdah bin Niyar dan selainnya).

“Orang yang bertransaksi jual beli masing-masing memilki hak khiyar (membatalkan atau melanjutkan transaksi) selama keduanya belum berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan dalam jual beli, tapi jika keduanya berdusta dan tidak terbuka, maka keberkahan jual beli antara keduanya akan hilang,” (Muttafaqun ‘alaih)

[Digit Hmif Undip sponsored by Must Discipline Printing]
Readmore >>

Hargai ia!

Cobalah menghargai upaya orang lain dengan cara memerhatikannya dan tidak sibuk sendiri, jika kau memang butuh padanya. 
Jika tidak, mungkin sebaiknya kau penuhi urusanmu dengan tidak mengganggu yang lain atau dirinya.
Readmore >>

Amanah

Amanah, memundaknya memang tak mudah
Ketika menjalankannya kadang tergiur dengan yang lainnya
Menumpuk, hingga saat pertanggungjawaban pun dipertanyakan
Bagaimana keberjalanannya

Bukan hanya sampai di dunia, karna ingat saja..
Salah satu ciri munafik ialah tak amanah

Amanah...
Amanah utama belajar

===

Mengubah -1 menjadi 0
Mengembalikan kepercayayaan
Itu bukan perkara mudah
Aku pun percaya akan sebuah kepastian

===

Mungkin membangun kepercayaan itu sulit..
Tapi inilah perjuangan yang musti kita tempuh
Tuk perbaiki citra yang berderau
Tuk mencerahkan citra itu

Membangun kekuatan memang tak mudah
Tapi percayalah!
Pasti kita bisa melaluinya
Bukan soal kenyamanan, tapi soal gimana kita mau bekerja keras
Tuk mendapatkan kepulihan nama kita
Bahkan wanginya bisa semerbak harum
===

WE ARE SUPER TEAM! BUKAN SUPERMAN!
Readmore >>

Amanah

Amanah, memundaknya memang tak mudah
Ketika menjalankannya kadang tergiur dengan yang lainnya
Menumpuk, hingga saat pertanggungjawaban pun dipertanyakan
Bagaimana keberjalanannya

Bukan hanya sampai di dunia, karna ingat saja..
Salah satu ciri munafik ialah tak amanah

Amanah...
Amanah utama belajar

===

Mengubah -1 menjadi 0
Mengembalikan kepercayayaan
Itu bukan perkara mudah
Aku pun percaya akan sebuah kepastian

===

Mungkin membangun kepercayaan itu sulit..
Tapi inilah perjuangan yang musti kita tempuh
Tuk perbaiki citra yang berderau
Tuk mencerahkan citra itu

Membangun kekuatan memang tak mudah
Tapi percayalah!
Pasti kita bisa melaluinya
Bukan soal kenyamanan, tapi soal gimana kita mau bekerja keras
Tuk mendapatkan kepulihan nama kita
Bahkan wanginya bisa semerbak harum
===

WE ARE SUPER TEAM! BUKAN SUPERMAN!
Readmore >>

Ngerjain Mat di Depan Kelas, Cobalah!

Ketika kau akan mengerjakan soal Matematika di depan, kau mencoba melangkahkan kaki.
Dengan segenap latian, persiapan, dan percaya diri.
Melangkahlah...

Karna dari situ kau akan lebih paham, di mana salahmu, di mana kurangmu..
Tak semua orang mendapatkan kesempatan dikoreksi langsung seperti itu..
Musti berebut..

Cobalah... 
Kesalahan itu akan meninggalkan bekas yang bisa kita melangkah darinya. untuk tidak mengulanginya lagi.
Readmore >>

Jangan Cuma 'Buang Sampah'

Daripada mengeluh gak produktif, mending segera lakuin hal yang bisa menghantarkan produktivitas..
Orang yg kamu tumpahin unek"mu emang nyaman kalo kamu ngeluh terus..?
Apalagi kalo cuma buang sampah, tanpa perubahan..

Semangat Belajar!
Readmore >>

ALGORITMA DELIVERY PRINTING XD

Algoritma membuka jasa delivery printing:

1. Siapkan semua modal (alat komunikasi, motor, modem-selalu ada pulsa-, printer, laptop, kertas, strepler serta isinya, cover(mika serta manila), tinta, gunting, penggaris, dll)
2. Publikasi
3. Perluas jaringan
4. Back up tinta

[by: Must Discipline Printing]
 
Readmore >>

Modal Bisnis

Bersiap untuk kondisi yang terburuk
Persiapkan semuanya. Jadi ketika orang lain not available, kita tetep bisa survive

Ini awal, dalam perjalanan belajar, dari sini ambillah hikmah
Karna memang tak mudah

Do your best & give the best
Take Allaah do the rest

Manusia bisanya berusaha
Berusaha bisa amanah dan dapat dipercaya

Siapkan modal yang serius kalo mau fokus di sini
Siapkan mental dan bergeraklah
Readmore >>

Kakak yang Baik di Organisasi

Kalo kita memang keluarga, seharusnya kakaknya ikut membimbing adiknya dengan baik, mengontrol, dan memantau. Seorang kakak akan perhatian dan "tidak rela adiknya menginjak lubang kesalahan yang pernah dialaminya".

Iya kami mahasiswa, tapi kadang kami masih merasa sebagai anak kecil yang baru lahir, butuh tuntunan. 
Bimbing kami, hingga kaki ini kokoh menapak bumi. 
Maaf jika mungkin manja, namun ini sangat kami harapkan dari adik yang tak tau apa-apa.

Semoga esok lebih baik, lebih rapi, lebih terkoordinasi, ada yang selalu mendampingi atau melihat dari kejauhan laju roda dakwah ini. Agar kami tumbuh dalam didikan yang kuat dan kokoh serta bisa melahirkan adik adik yang lebih tangguh, kuat, dan rapi.
Readmore >>

Jadilah Kuat

Jadilah kuat. 
Agent of change.
Seseorang yang melihat sampah, mau membuang sampah itu pada tempatnya.
Seseorang yang melihat kebelumberesan, ia mau menatanya kembali.
Jadilah kuat, karna kita tak sendiri. Ilusi kita lah yang kadang mengatakan kita sendiri. 
Itu hanya sementara, karna semua kan baik-baik saja.
Readmore >>

Organisasi Kampus Beda dengan Organisasi SMP dan SMA

Organisasi di kampus SUNGGUH BERBEDA dengan saat SMA atau SMP. 
Sudah menyandang nama 'mahasiswa', soft skill benar-benar diasah. 
Jika kurang pertimbangan bisa salah jalan. 
1-2 fokus berkualitas, insyaAllah bagus.
Yang penting cabangnya jangan banyak".
Kasian kita, kasian organisasi tersebut(bisa terdzolimi dia), inget ortu, dan kasian orang di sekitar kegiatan tersebut.
Readmore >>