BINA REMAJA MUSLIM UNS 2010

Bismillah.. Kaifa halukum ikhwah? Alhamdulillah banyak waktu luang yang bisa penulis gunakan untuk menuangkan ide-ide yang tertendapkan di otak. Ikhwah, kemarin tepatnya tanggal 25-27 Juni 2010 JN UKMI UNS mengadakan Bina Remaja Muslim atau BRM.

BRM merupakan suatu wadah untuk qta mengembangkan diri dan terbina oleh kakak-kakak yang ada. Acara ini dihadiri SMA N 1 WONOGIRI, SMA N 2 NGAWI, SMA N 1 PURWANTORO, SMA N 1 BATURETNO, SMA N 2 JOGJA, SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA, SMA 1 NGRAMBE, SMA 1 SAMBUNG MACAN, SMK ITSI SKA, dsb.. (entah masih ada yang lain ato nggag, ini seingat penulis. =)

 Berbagai macam kegiatan diselenggarakan di sana, ada mabit, outbound, pemberian materi, dan sebagainya. Kegiatan ini ditujukan pada aktivis dakwah di Solo dan sekitarnya. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa-siswi SMA. Tema dari kegiatan ini adalah MENJADI REMAJA RELIGIUS, SMART, DAN MANDIRI.

 Acara yang dihadiri oleh 30 ikhwan dan 50 akhwat ini dibuka pada siang menjelang sore hari di Masjid Nurul Huda atau biasa yang disingkat dengan NH lantai 1. Sambutan-sambutan dilayangkan pada kami peserta yang tampak lugu-lugu*cie2 sok iyes* nan lucu2 *haghag*. Sebelum sambutan ada acara registrasi. Waktu reg qta mendapat pin, block note, dan lembaran-lebaran aturan, sanksi, dan lembar ukhuwah. Wah ternyata ada amalan2 yang musti qta kerjakan dan ada sanksi jika qta tidak melaksanakannya.

Malam pertama kami menginap(baca:mabit) di NH lantai 1 dan seterusnya pada malam kedua. Pada malam harinya(hari pertama) ada session yang dengan pemateri bapak Muhammad Badawy. Beliau menerangkan kepada kami materi aqidah yang membuat teman2 terkantuk2. snack kecil pun disugguhkan pada kami. Malam hari sekitar jam 10 kami dipersilakan tidur. Tidur hingga jam 3 pagi tanggal 26 juni 2010. setelah bangun, cuci muka, dan keperluan pribadi lainnya, serta berwudhu teman2 melaksanakan sholat berjamaah yang diimami oleh takmir masjid NH(sepertinya). =) Aktivitas pagi yang dimulai dengan tahajud dilanjutkan dengan sholat subuh, baca al-qur’an dan alma’tsurat. Dilanjutkan dengan riyadhoh. Olahraganya pemanasan. Peserta yang udah gedhe2 diminta membuat gerakan yang diajarkan ke peserta lain. Setelah cukup panas acaranya mandi. Kegiatan ini bisa dilaksanakan di kost Salsabila, Annisa, dan di NH (untuk akhwat). Inilah hari kedua yang merupakan tumpuan hari yang banyak memberikan materi ke qta. peserta dibawa ke aula FISIP UNS. Di ruang yang adem itu kami disambut dengan nasyid. Hmmm,,,, Pembukaan acara session ini diisi oleh al akh Ardhi Amsir Amran. Ikhwan kelahiran Makasar dan besar di Papua ini membawakan acara dengan baik, semangat, kadang lucu sehingga bisa mengotak-atik perasaan peserta. Sembari menunggu sang pembicara al akh Ardhi menerangkan pada kami beberapa hal. Pembicara yang kami ketahui belakangan sedang tersesat, hhe, menjadikan session tidak tepat waktu. Namun dengan lihainya panitia menyugguhkan pada kami sajian yang membuat kami peserta akhwat menitihkan air mata. Bukan karena film India yang biasa menguras air mata namun ini film katanya dari Korea yang mengisahkan kehidupan dengan sentra tokoh anak kecil dan seorang nenek. Subhanallah, film yang entah nyata atau tidak ini mengajarkan suatu arti penting akan proses. Layaknya qta berdakwah mungkin kepada orang yang paling keras hatinya. Jikalau Allah menghendaki kebaikan padanya pasti Allah memahamkan ia pada agama ini. Dan semoga Allah menjadikan orang-orang terdekat qta bisa memahami agama yang haq ini. Karena sungguh hina seoarang anak yang tidak bisa memasukkan orangtuanya mempelajari dan memahami agama yang lurus ini. Semoga Allah memudahkan qta dan ortu qta memahami agama ini.
Film ini berkisah tentang seorang anak dari seorang ibu yang dititipkan pada sang nenek yang tidak bisa berbicara. Sang anak yang sudah terkontaminasi debu perkotaan acuh saja dengan sang nenek yang amat mencintainya. Namun dengan berjalannya sang waktu dan kelembutan, kasih sayang, kesabaran, keuletan, keberanian sang nenek si anak ini berubah sedikit demi sedikit menjadi anak yang baik. Namun proses ini begitu lambat, karena tabiat sang anak yang cuek yang lama kelamaan terkikis oleh kebaikan sang nenek. Beberapa teman penulis dan penulis yang notabene perempuan menitihkan air mata menyaksikan pemutaran film itu.
Dilanjutkan session dari Fatan Fantastic yang mengajarkan pada qta bagaimana menjadi pribadi yang magnetis. Qta diajari bagaimana jika bertemu orang lain. Seperti halnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika beliau bertemu sahabat beliau menampakkan wajah yang ceria dan senyum. Dalam hadits pula disebutkan bahwa qta dilarang meremehkan sesuatu yang kecil ketika bertemu saudara qta yakni walau hanya dengan senyum. Karena senyum juga merupakan sedekah. Senyum yang tulus atau senyum yang tidak dibuat-buat ialah senyum yang jika dilaksanakan itu maka akan ada kerutan pada ujung-ujung mata. Dan rasulullah pula mengajarkan pada qta untuk berjabat tangan dengan saudara qta. bersabat tangan dan salam bisa menggugurkan dosa-dosa. Next, yakni obrolan yang amat kami (penulis dink) yunggu-tunggu yakni mengenai BISNIS ONLINE. Hmm,, ternyata dalam session ini bukan cara-cara bisnis online yang beliau(bapak Sutanto Sastraredja) sampaikan, melainkan beliau mendobrak kami dengan menginjeksikan semangat yang meletup-letup. Bapak yang pernah belajar di Prancis ini mengajarkan pada kami akan sesuatu yang amat mendasar pada qta. misalnya sholat, dalam sholat qta diminta khusyu’, dan dalam sholat ini diharapkan qta mengevaluasi diri qta. atau kata lainnya muhasabah. Di dalam sholat qta berfikir betapa lemahnya qta, betapa banyak hal yang qta perbuat yang mungkin saja menyakiti si A si B, atau si C. qta juga diajari memaknai apa gunanya qta biasanya ketika SD mengambar pemandangan dengan 2 gunung, di tengah-tengah ada sungai yang mengalir. Ketika SMP qta diajari grafik parabola dan begitu pula qta di SMA mencari akar2. Dan ini bisa direfleksikan ketika Allah membuat gunung itu dua-dua, gunung ini dengan ini, gunung ini dengan ini. Hal ini dikaitkan dengan jembatan, jembatan yang amat panjang, di jembatan ini biasanya ada kabel baja parabolanya. Dan kesimpulannya semua benda yang menggantung itu dihubungkan berbentuk parabola. Jadi qta mempelajari grafik parabola dan mencari akar-akar itu ternyata ada tindakan nyatanya. Allahu a’lam Pak Tanto benar-benar menyuntikkan motivasi2 pada kami. Untuk berhubungan dengan beliau bisa di add fbnya dengan nick Sutanto Sastraredja, atau bisa dikunjungi blognya sutanto.staff.uns.ac.id atau bisa diklik langsung di link blog ini pada blog buat belajar. Dan masih banyak lagi dari beliau seakan waktu tak lama bersama beliau, karena qta diajak menjamah indahnya mengetahui sesuatu yang mendasar dan kadang qta di ajak berbincang Perancis dan kota Eropa lainnya. Dan malam harinya sang Presiden BEM UNS mengisi acara ini. Dengan materi yang dipresentasikan dan beberapa pertanyaan dilontarkan. Takmir masjid NH pun beraksi. Beliau menjelaskan dan meminta qta mendefinisikan dan menjelaskan hal yang berkaitan dengan ADS(Aktivis Dakwah Sekolah). Istirahat dipersilakan pada kami. Kami yang terjkantuk-kantuk segera menyambut hangat pelukan sang malam serta jaket yang menghangatkan(hhe bukand selimut) Jam setengah 3 dini hari kami bangun(tepatnya disertai dibangunkan). Udara yang masih dingin dan badan yang sedikit lelah bertengger pada pagi itu. Kakak-kakak meminta kami bangun dan mengenakan penutup mata berupa sleyer. Dan tebakanku pun tak meleset. Nangis-nangis nih bakale. Ya, mata yang akan diselamatkan pada hari kiamat salah satunya adalah mata yang pada sepertiga malam terakhir menangis karena takutnya pada Allah. Dibuka dengan kami yang berada di tempat kami duduk, kemudian kami dibawa ke ruang panitia, dan lantunan ayat alqur’an tentang Lukman yang memerintahkan pada anaknya pun seolah mengerahkan hati kami. Setelah itu diiringi instrument dan perkataan renungan diucapkan panitia. Ada yang sesenggukan, ada yang seperti meraung-raung dan ada pula kakak yang meminta sang adik tuk beristighfar. Hmm, setelah bersedih2 peserta menunaikan sholat tahajud, sholat subuh, dan membaca alqur’an serta al ma’tsurat. Kami lantas beranjak menuju tempat outbound yakni di stadion UNS(katanya). Di sana qta melakukan 4 permainan. Dan setiap permainan peserta diminta untuk mengambil hikmah yang ada. Permainan pertama yakni si bisu, si tuli, dan si buta. Mata kami(anggota) ditutup, dengan komando pemimpin yang berada di belakang dengan 2 untai raffia kami naik dan turun tangga. Selanjutnya, ada Koran, bagaimana caranya qta bisa memasuki Koran itu, yakni dengan dilipat dan di sobek ujung ke ujung dengan berlawanan, dan kalau sudah si sobek tengahnya. Dan permainan ketiga ialah qta diminta untuk memompa balon dengan mulut qta sendiri2 dan qta 1 kelompok yang terdiri 9 orang meletakkan balon tersebut di perut dan tidak boleh balon itu jatuh atau pecah. Dan the last, qta diminta menggantungkan sleyer(baca:cita2) setinggi mungkin. Yakni di pohon yang tertinggi bagaimanapun caranya. Setelah outbound qta mandi dan persiapan went home. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah untuk grup terbaik dan peserta terbaik ikhwan-akhwat. Dan lomba ukhuwah, jadi qta diminta menyebutkan 20 nama akhwat(untuk yang akhwat) dan 15 ikhwan (untuk yang ikhwan). Dan berfoto. The last, pembacaan doa dan pembagian sertifikat.
Ada banyak hal yang bisa diambil hikmah, namun akan lebih indah jika qta benar-benar mengaplikasikan apa yang dibawa rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam… =)
Readmore >>

^^ secuil risalah dari kakak yg menginginkan kebaikan pada adik2nya =) ^^

Bismillah… Segala puji bagi Allah qta memuji, memohon pertolongan dan ampunan. kepadaNya qta memohon perlingungan agar dijaga dari keburukan jiwan dan perbuatan qta. Orang yang memperoleh hidayah Allah tidak akan tersesat dan orang yang disesatkan Allah tidak ada orang yang memberikan petunjuk kepadanya. Adik-adikku yang dirahmati dan diberkahi Allah, kami ingin sedikit berbagi dengan secuil risalah ini. Kami bukan penyair yang pandai menyihirmu dengan kata-kata, bukan seorang puitis yang membelenggu jiwamu terbang bersama kami, bukan pula komponis yang pandai memabukkan hatimu bersama melodi yang mengalun, kami hanya mencoba berkata dari hati kami, hati seorang kakak yang kelak akan pergi dan kalianlah ganti kami. Kami menginginkan yang terbaik untuk dakwah ini dan kami membutuhkan uluran tangan-tanganmu, kami sangat membutuhkanmu untuk dakwah ini. Kepada siapa kami pinta ini, kepada siapa kami amanahkan ini selain kepadamu, kepada kalian yang akan mengemban risalah dakwah ini. Kami tau kekurangan kami, kami memohon kepada-Nya semoga Allah mengampuni kejahilan kakak-kakakmu ini, kejahilan kami yang tak perhatian merawatmu, merawat hatimu, merawat ruhiyahmu. Kami tau, semoga Allah menjadikan kalian lebih baik dari kami. Adik-adik tak lama lagi tampuk genderang kepemimpinan akan diserahkan kepada kalian. Kalian yang akan menggantikan kami. Kami memohon kepada kalian agar belajar sendiri. Kalau ada yang perlu ditanyakan, tanyakan saja pada kami, jika kami bisa insyaAllah akan kami jawab. Kami mencintaimu, mencintai dakwah ini, dan kami mencintai saudari-saudarimu dan saudariku di luar sana. Dan kami yakin kalian mencintai merekan pula. Kalian menginginkan yang terbaik untuk mereka. Kalian menginginkan mereka bisa menikmati indahnya islam yang qta rasakan sekarang. Qta menginginkan mereka mempelajari islam lebih dalam. Namun badai yang menyejukkan kadang seolah menghanyutkan qta dalam nikmat yang hanya sesaat, nikmat yang tak kekal. Adik-adikku, kami amat mengharap engkau bisa mandiri mempelajari dien ini, dien yang lurus ini, dien yang haq ini, kami menginginkan kalian mempunyai ghiroh(semangat) untuk terjun menikmati alunan jalan ini. Adik-adikku, musuh qta tiada henti merongrong hati qta, pemikiran qta, akal qta agar qta menjadi bagian dari mereka. Mereka dengan sangat halus menjadikan qta mencintai mereka. Mereka mempunyai misi-misi yang menginginkan agar qta menjadi umat islam yang tak mendalami islam itu sendiri, mereka menginginkan qta yang dalam jumlah yang banyak ini tak memahami agama ini. Propaganda terus mereka luncurkan melucuti sedikit demi sedikit agama qta. dan paling tinggi mereka menginginkan qta memasuki agama mereka. Akankah qta masih terlalai dengan semua ini. Qta asyik menonton piala dunia padahal saudara-saudara qta di Palestina entah apa jadinya. Hmmmm,,, mari qta beristighfar atas dosa-dosa qta, kesalahan qta, keterlupaan qta, kealfaan qta, kelalaian qta... Mereka menggerogoti tubuh kaum muslim dengan 3F (Fashion, Food, n Fun). (dari Bina Remaja Muslim kemarin di UNS). Hmmm,, Adik-adik mari qta menyatukan langkah, tujuan, dan niat qta. dalam bingkai islam. Aio qta rajin belajar, memanfaatkan liburan ini, jangan disia-siakan untuk hal kemubaziran, waktu dan usia qta amat berharga untuk hal yang sia-sia. Mempelajari hal-hal yang bermanfaat untuk qta, dan bisa qta share ke orang lain. Ingatlah “bersemangatlah dengan apa-apa yang bermanfaat untukmu..” dan “orang yang paling baik adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain..” Sekarang saatnya qta berubah (“berubah, pencet tombol di tangan.” Hhe buka dink itukan power rangers,, *smile*). Berubah dengan proses. Berubah dengan belajar. Mendewasakan diri. Karena untuk suatu keberhasilan membutuhkan pengorbanan, untuk memperoleh kesuksesan butuh totalitas menceburkan diri qta pada bidang ini. Pada siapa lagi selain pada qta. jadilah qta agen perubahan itu. Qta generasi muda yang dirindu bangsa. Bukan generasi muda perusak bangsa. Ubahlah dengan perkataan, kalau tidak bisa dengan tindakan, kalau belum bisa dengan hati. Dan itulah selemah-lemah iman. Doakan mereka dan qta pula. Qta diberi waktu sama 24 jam hanya pembedanya untuk ada waktu 24 jam itu. Untuk sesuatu yang nonsense, untuk sesuatu yang hampa, untuk sesuatu yang vakum. Atau qta berani berkorban, mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, dan diri qta untuk agama qta, bangsa qta, dan Negara qta. Para musuh qta sudah menyiapkan rancangan yang amat jeli, tidakkah qta bangkit melawan serangan itu..??? atau qta akan tetap terkungkung dengan nikmat sesaatnya..?? it’s up 2 u, gag ada paksaan dalam agama. Yang butuh qta, yang perlu qta. yang ingin surga qta, yang ingin jauh neraka qta. so tentukan pilihanmu…! (kayak program di tipi deh) Yakinlah kalau qta mau bersusah-susah di waktu muda, tua qta akan berjaya atau berjaya ketika qta berada di kampung akhirat dan qta bisa menatap wajah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, amiin. *terharu* Adik-adik ku tak tau harus menulis apa lagi, cukuplah risalah ini mewakili isi hati kami yang mneginginkan kejayaan dakwah di skul qta tercinta. Mereka merindukan qta, mereka butuh qta, dan begitu pula agar mendapat pahala qta membutuhkan mereka, dan qta merindukan mereka memahami agama yang lurus ini. Qta kan gak tau akan seperti apa akhir hidup qta, apakah masih berada di agama ini(semoga), atau sebaliknya(wal iyyadzubillah). Sudah seharusnya qta memanfaatkan sejengkal waktu qta apalagi di liburan ini, qta bisa memanfaatkan untuk focus mempelajari dien qta. Dan qta tak tau apakah amalan yang qta lakukan diterima atau hilang dengan dengki atau hasad, riya’, sum’ah yang telah qta lakukan. Qta berlindung dari sifat buruk itu. Ataukah amal qta minus seperti ketika qta ujian dengan nilai betul sekian, nilai salah minus sekian. Astaghfirullah… Ya Rabb maafkan kami, maafkan dosa-dosa kami, para pemimpin kami, ibu bapak kami.. ampunilah dosa semua muslimin dan muslimat dan mu’minin dan mu’minat. Aku berlindung dari keburukan hati, perbuatan, dan lisan. Secuil tulisan ini kuperuntukkan untukku dan saudara-saudariku sebagai nasihat atas lemahnya diri ini… Jika Allah menghendaki kebaikan pada qta, qta pasti kan dimudahkan dalam memahami agama ini. Ana uhibbukum fillahi ta’ala ^hamba faqir di hadapan Rabbnya yang memohon ampunan & menginginkan kebaikan^
Readmore >>

<<<((:: Tips-Tips Mengisi Waktu Liburan ::))>>>

Bismillah “Liburan mau ngapain ya?’. This is pertanyan yang sering terlontar ketika atau menjelang libur panjang. Ya ya, bukan suatu yang mengherankan bila pertanyaan itu muncul. Sebagai generasi penerus bangsa*cie-cie, sok tua nuy* sebaiknya qta memanfaatkannya dengan hal-hal positif yang akan semakin membangun diri qta. Nah, qta bakal bahas hal apa saja yang sebaiknya qta lakukan ketika qta liburan: >> teteb belazar.. Yupz, walopun prei(baca:free) qta harus teuteup belajar biar otak qta teuteup berfungsi dan bekerja biar kagak kaia pisau yang gak diasah. Ya, kalo mau belajar yang berat-berat ya monggo, it’s up 2 u, (ehehe kalo ini penulis belum melaksanakan, shuttts,.. jangan bilang sapa-sapa ya*ra maksud*), but kalo maunya yang ringan-ringan ya tafadhdhol(silakan). Contohnya: liad tipi, egege yang dimaksud nonton tipi bukan nonton sinetron ato infotaiment hlo, belajar nggosiph ka lo gitu. Ya nonton tvE, metro, ato channel laen yang bisa nambah pengetahuan qta gitulah.. (ehehe malah promosong). Contoh lain: qta bisa baca majalah ato surat kabar, yang dibaca ya rubric yang banyak manfaatnya buat diri qta ato yang bisa dishare ke temen-temen. Oia, belajar hal yang baru bisa menambah kecerdasan hlo, for example: belajar bahasa lain (bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Jepang, etc). ato belajar masak, beladiri, menjahit (asal jangan menjahat, *xixi*), dkk. >> bandtu-bandtu Liburan bisa qta manfaatkan untuk menempati posisi jadi pembantu umum. Hhe, di humz terutama, Bantu ortu bersih-bersih kek, masak, dkk. Kand bisa buad seneng ortu. Inget, orang yang paling baik adalah orang yang paling bermanfaat buat orla. Jangan sampe ketidakhadiran qta dengan adanya qta sama adja or nonsense belaka *haiah bahasa apaan tuh*. Ato kegiatan lainnya qta bisa Bantu tetangga, ngajar tpa misalnya. Dapet pahala Bos. =) >> jelajah dunia maya yukzz… Amu bisa browsing, surfing, downloading, uploading(tapi qta kudu ati-ati jika qta ngaplod foto qta kalo-kalo nanti-nanti *haiah kebanyakan reduplikasi =)* atda iank menyelewengkan foto qta, kan foto bisa di otak-atik, takudnya kalo adanya kepala qta but badannya entah badan siapa *ihhh syerem,,,, wal iyyadzu billah -au berlindung kpd Allah-*, chatting, blogwalking, dkk. Hmm, tetep ati-ati deh di dunia maya ato di warnet juga coz mungkin ja qta gag sengaja liat foto-foto gag jelas bin seronok, kalo ketemu kaia gitu langsung ditutup ja. Kan bisa donlod juga trus nanti bisa qt abaca di humz dengan kompi/lepi masing-masing. Ato info itu bisa disave di note fb, trus nanti di humz bisa dibaca. Kalo yang ini kerja 2 kali n biaya pun 2 kali. >> mengembangkan hoby Yang hoby nulis, ya diasah terus biar semakin lancar, semakin bagus, semakin baik *gag beda deh kaianya*. Menulis terkait kuat dengan membaca. Ada kemauan tanpa asupan ya nggak jadi bos. So qta juga harus memasok otak qta dengan membaca buku ato media lainnya. Mancing. Biasanya couo ya yang hoby kaia gini. Ya, nanti kan bisa dimasak sang bunda kalo qta mancing. Berkebun. Yang suka gardening bisa mengembangkan hobynya, sapa teu bisa jadi pengusaha tanaman. Hoby ini bisa jadi berpahala hlo. Kan bisa mengurangi gombal warming eh global warming, bisa sedekah pula ma ulet ato hewan lain( hhe, so ikhlas wea kalo tanaman qta dimakan ulet =) ), bisa menambah kesejukan, dll. Dll, bisa disesuaikan sendiri ma hobynya. >> membuat kerajinan tangan Hehe yang dimaksud kerajinan tangan ya yang qta tau secara umum bukand nyopet hlo atopun ganggu orla. Kalo itu mah jadinya keranjingan tangan. *xixi* Seumpama qta punya kertas ulem/undangan/ sejenisanya, nah itukan hiasannya ato mungkin ornamennya bagus saying kalo mau dibuang ya bisa qta potong sesuai gambar, trus bisa qta jadikan hiasan dindign ato hiasan madding, atoqta bisa nulis kalimat motivasi trus qta pasang di tempat yang sering qta liat, trus dikasih hiasan tu gambar. Kand jadi imyud or imoed. Ato amu-amu punya ide kreatif lainnya, ya silakan lakukan dan kembangkan, oia nanti bisa dishare ke temen-temen or sini juga. Berteman dengan orang kreatif juga salah satu tips biar jadi orang kreatif hlo. >>>>> intinya sebisa mungkin qta memanfaatkan liburan ini dengan baik, mengurangi kesia-siaan, produktif, dan kreatif. Jangan menghabiskan waktu qta dengan menggerutu di fb terus *sok-sok…!!* *ehehe, peace =)*. Jangan menidurkan otak qta, nanti tumpul hlo. I think it’s enough. Qta mutualisme ja ya, amu mencoba mengaplikasikannya, saia dapet pahala *hehe, mekso mode on =) ^^V*. gag dink,, just kid pake ding so just kidding. =) ^^V Daa neg…. wassalaamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh…. *nggag dibuka tapi ditutup* =)
Readmore >>

sepiku merindu kasihmu

Kadang aku kesepian Bertemankan sepi nan kemalangan Rinduku padamu tak terbalaskan Sepi hati menuntut ku tenggelam dalam kesedihan Sepi jiwa dan ragaku entah kan kemana ku bawa Hasrat di jiwa hanya ingin kasih dan saying bukan dengan uang atau kemilau perhiasan Tapi cukup belay kesejukkan Aku tak tau harus dengan siapa ku tumpahkan Rasa yang slalu menghadang jalan kehidupan Aku hanya bisa menangis di peraduan Ku ceritakan pada Allah Yang Maha Kasih dan Sayang Sirami hatiku dengan kasih dan sayangmu Amat kunanti belay sejuk tanganmu Yang bimbingku saat ku terpuruk Yang kuatkanku saatku terjatuh Maaf ku terohkan airmata Bersama basuh kedua tanganku Aku mencintaimu Namun di sisi lain tak ingin ku sulitkanmu Dan sang nasihat berbicara padaku Muslim yang kuat lebih disukai daripada muslim yang lemah Aku harus bisa karna ada Allah di sana, melihat hambaNya sedang apa Ku percaya ini yang terbaik menurutMu Meski kadang tak sesuai dengan pintaku Aku percaya akan takdirMu Yang buat ku kuat selalu Ada yang lebih malang dariku Harus ku tenggadah tatap kehidupan Karna ia senantiasa berjalan Dan menelang korban kebodohan akan waktu Aku harus tegar dalam musibat pertama Aku harus kuat dalam ombak pertama Karna itu tabah yang sebenarnya Sebenarnya tabah itu di awal bukan di akhir ____________________coretan kesedihan anak wanita karir_______________________
Readmore >>

=^^= Dan Aku pun Bertengger di Papan Pengumuman SMA N 1 WONOGIRI =^^=

Bismillah Bukan berita anak hilang atau most wanted namaku dengan format penulisan yang salah yakni MASDHIANA SUKMA WARNI, yang seharusnya MASDHIANA SUKMAWARNI. Mungkin karena babeku terobsesi menjadikanku sekuntum mawar hingga kata MAWAR tersemat dalam namaku. Namun berita yang amat mengemparkan dunia alamku. Diteritakan dengan alur progresif ya. Aku berbagi ini(baca: nikmat ini) karena Allah memerintahkan qta agar qta menceritakan nikmat yang qta terima. Hari akhir hidupku di kelas XI IPA 1, hari Sabtu, 19 Juni 2010 menjadi hari yang bersejarah dalam hidupku kembali, setelah sebelumnya yakni 1 tahun yang lalu juga termasuk hari yang bersejarah menurutku. Hari ini kuawali dengan hal yang biasanya kukerjakan. Yang agak beda yakni berangkat ku tidak sepagi biasanya. Di sekolah pun biasa, bertemu teman-teman seperjuangan, teman sekelas, guru, dlsb. Aku sudah pasrah dengan takdir-Nya, aku sudah berusaha. Dan kulminasi dari usahaku, yang benar-benar paling puncak yakni aku pulang kurang lebih jam 6:00 WIB dari Wonogiri, karena ada les gratis mendadak dari GO(Ganesha Operation). Diriku yang seorang perempuan yang sejatinya tidak boleh pergi sendiri apalagi malam hari. Tapi qodarullah sampai rumah dengan selamat. =) Aku tak mengharap apa-apa pada hari ini, yang kuharap aku masih bisa bertahan di 5 besar kelas atau bisa masuk dalam jajarn 3 besar kembali, setelah kemarin mid semester. Benar-benar aku tak mengharap ssuatu yang wah terjadi pada diriku, yang ada dalam lubuk hatiku ya Cuma itu tadi. Setelah aku melaksanakan rencanaku yang kurajut dari rumah, aku kembali ke sekolahan. Jam yang menunjuk pada sekitar jam 9-10, mengajak kakiku untuk segera bergegas menuju ruang XII IPS 2 yang tak lagi SERBAGUNA seperti dahulu. Haha aku anak IPA hlu, bukan anak IPS. Di sana nampak sepasang temanku yang sedang menanti. Aku bertanya pada mereka apakah ada kabar apa gitu. Aku yang dengan tampang sewajarnya berubah 180 derajat dengan sikap lebay muncul tak diundang. Dy mengatakan bahwa diriku menempati ranking 2, hmmm aku benar-benar tak percaya, sikap lebayku keluar dan bahkan kepada dy yang seorang nashoro, tapi ya masih wajar ug. =) entah berapa menit waktuku kubuang untuk mencerna kalimat yang seakan menyambarku tadi dan berlebay-lebay ria bersama rasa yang tak percaya. Entah aku tak bisa berbuat banyak, hanya seperti orang linglung diriku ini, masa posisi kedua, yang bener adja. Aku berjalan dengan membawa rasa yang tak percaya. Dan beberapa orang ada yang mengucapkan kalimat congratulation kepadaku. Virus H2C (harap-harap cemas) menyerangku, menanti sang ayahanda yang tak kunjung tiba. Beberapa menit berlalu ada yang melihat ranking parallel. Dan NAMAKU PUN BERTENGGER DI PAPAN PENGUMUMAN SMA N 1 WONOGIRI. Subhanallah, nama itu tersemat di sana sebagai salah seorang anak dari 20 besar parallel IPA SMANSA. Entah nomor berapa tadi, ya sekitar belasanlah. Aku benar-benar binun harus bagaimana kuungkapkan rasa syukurku itu. Aku tak berharap banyak, aku hanya berharap bisa membuat senang kedua orangtuaku dan kali yang terbaik menurutku juga yang terbaik menurut Allah. Alhamdulillah, I’m very happy. Namun kembali kuucap MAKA NIKMAT TUHANMU YANG MANAKAH YANG KAMU DUSTAKAN. Rencana Allah sungguh indah. Sewaktu SD aku juga mengalami alur kehidupan yang maju dari ranking 4 menuju ranking 2, 1 juga pernah. SMP ranking 1, 2, atau 3 always di kelas. Dan ini qodarullah kelas X sepuluh besar dan kini kelas XI bisa sampai 2 besar. Semoga esok lebih baik. ‘afwan teman-teman mungkin ini posting yang paling tidak maksud (baca: ra maksud) dalam blog CUAP-CUAPZ BERMANFAAT ini. Aku hanya ingin berbagi nikmat dan rasa senang. Rasa bahagia membuncah dalam hatiku. N the life must go on. Qta harus terus berjuang hingga kaki-kaki qta menepak pada indahnya surga. Qta tetap harus semangat menuntut ilmu, semangat berbagi, dan semangat mengamalkan. Keep smile! Keep blogging! Keep writing! Keep sharing! Keep istiqomah! Semoga Allah memudahkan langkah qta =) =) =) Barokallahu fiikum
Readmore >>

BUKANNYA SAYA MENGAJAK ANDA BERGABUNG DALAM JAMAAH COPAS *sharing mode on =)*

>>jamaah: kumpulan >>copas: kegiatan mengkopi sesuatu >>>> jamaah copas: kumpulan individu yang gemar mengkopi sesuatu. Saya mendapat istilah ini ketika blogwalking @ yhougam.wordpress.com. ketika asyik membaca, wah ini ada istilah baru yang you and I see(alias unic, RM -ra maksyud- mode on). Jadi tertarik membacanya. Setauku dulu itu adanya JF >> Jamaah Fisbiqiyyah<<. Sekarang ada JC(Jamaah copas) Haha,, ada-ada saja orang itu. Saya memulai aktivitas copas ini ketika dulu ada tulisan bagus yang ingin saya share ke temen-temen dengan fasilitas tagging dari FB. Karena artikel-artikel yang bagus bejibun, ya saya teuteup copas only. Awalnya saya bikin note FB itu ya tulisan sendiri, namun mengetahui kapasitas saya yang masih low, so saya baru bisa mengcopaskan artikel untuk Anda. Khawatir kalau nanti tulisan yang buat saya dengan kapasitas ilmu yang minimum malah menyesatkan Anda dan malah tidak maksud(read: Ra Maksyudt). Dan sepertinya waktu qta gunakan untuk mengambil nutrisi otak dan hati lebih pentinga daripada menulisakannya, meskipun menuliskannya –dalam bentuk artikel- juga penting. Kalau qta mau buad artikel dan bermanfaat untuk orang lain serta qta punya argument-argumen aio qta buat artikel tersebut, dan bisa dibagikan via FB ato qta bisa mengekspresikan diri qta dengan blog. Dengan qta sering mempelajari something, qta jadi akan lebih mudah menuangkannya. Ibaratnya qta punya bak penampungan, kalau qta sering mengisi bak tersebut dengan hal-hal bermanfaat, qta juga akan bisa mengalirkan isi yang bermanfaat tersebut. Dengan qta sering mengulang-ulang(membaca, mendengar, melihat) sesuatu, qta akan jadi lebih mudah mengungkapkannya kembali. Kalau qta sering menulis maka untuk menghasilkan something tulisan yang bagus juga gag bermasalah. Qta akan mengalir lancar seakan sungai nan jernih mengalirkan airnya. Dan bak penampungan yang qta isi itu tak akan bisa penuh. Qta diminta untuk mengisinya dari buaian hingga liang lahat. Dan ketika ilmu Allah ditulis, Semua pohon yang dijadikan pena dan semua lautan yang dijadikan tinta tak akan sanggup menuliskan ilmu Allah.. *teringat sanlat tahunku dulu =)* Jadi jangan pernah kenyang untuk memberi makanan otak dan hati ini. Jangan pernah puas dengan mutiara-mutiara kehidupan. Carilah karena ia takkan datang dengan sendirinya. Apalagi qta telah dilengkapi teknologi yang maju yang bisa qta gunakan untuk semakin mendekatkan diri qta dengan Pencipta qta. Ingat, meski qta telah tiada di muka bumi melainkan di dalam bumi, tulisan itu akan tetap ada dan jika bermanfaat doski(tulisan itu) bisa mengalirkan income yang tak disangka-sangka untuk qta. Salah satu hal yang tidak terputus ketika qta mati kan ilmu yang bermanfaat. Dan banyak orang-orang terdahulu dan ilmuwan-ilmuwan yang meskipun mereka telah tiada namun karya qta masih bisa qta rasakan hingga sekarang. ^^ keep blogging n keep sharing^^ =)
Readmore >>

^^TIPS JADI ANAK IPA ^^

1. Bahagia Jadi Anak IPA The first tips yakni qta kudu bahagia, senang, wa bangga menyandang gelar anak IPA Karena Andalah orang-orang terpilih itu *ya iyalah Gan, secoring Allah memilih Anda untuk jadi anak IPA gitu loh*. Kalo Anda gag bahagia bin bangga jadi anak IPA merana nanti dirimu, Karena liat soal-soal Matematika adja pening, Kimia mual, Fisika muntah, *ramekakad, this is my region language*, *hoho lebay mode on*. Kalo qta seneng dan dipaksakan –dengan keikhlasan- untuk meyukai maka qta pun menjalaninya akan mudah. Kalo mind set qta dah berposting(alias berpositif thinking) ma something, so something itu akan mudah qta jalani, percaya deh. Coba kalo kamu agy sebel ma Fisika, tulis di bukumu I LUPH PHYSIC, agy dongkol ma Kimia tulis WATASIWA AISHITERU CHEMISTRY*bener gag ni penulisannya? saya bukand anak Basjep* ato lagy marahan sama si Mata Methic*haiah, what is that??*, tulis or katakan WO AI MATHEMATIC. Dan usahakan jangan mengeluh dan berkata negative ketika guru kamu memasuki u’r class, jika ada temen yang nyeletuk negative RDG(Ra Sah diGagas wea), biarlah anjing menggonggong, jangan malah kamu tambahi iya i bu ini gag enak, pak ini gag enak *emang makanan Bos?* 2. RaTih(Rajin Berlatih) The next, qta kudu rajin berlatih untuk MAFIA. Mereka bisa qta patahkan dengan qta sering berlatih. Dengan sering berlatih kecepatan menghitung, logika, dan nalar qta akan lebih cepat daripada yang gag sregep latian. Latian ini bisa amu kerjakan dengan mencoba mengerjakan LKS, buku paket, ato PeeR. 3. Untuk Maple Biologi Rajin-Rajinlah Membaca usahakan punya refeserensi banyak. Buku LKS, buku paket, ato tambahan cari referensi lain. Bacalah materi dari LKS, buku paket, dan referensi lain, mak dar it qta akan bisa menemukan kesimpulan dari apa yang tertera dalam sumber-sumber tersebut. Jangan puas dengan 1 sumber. Tapi lebih ampuh lagi kalo qta mau buad ringkasan, trus qta hafalin. 4. Carilah Info-Info Mengenai IPA dari Sumber Lain Amu bisa cari info-info ini dengan internet, majalah, Koran, ato apalah. Pokoknya kembangkan sayap pengetahuanmu dan daya serap ilmumu. Informasi yang sudah qta dapat akan terhubung dengan informasi yang baru, hingga sambung- menyambung menjadi 1… *haiah =)*. Terbentuklah rangkaian informasi yang tersave di otak qta. Jangan berhenti belajar, berhenti belajar bermakna memutus rangkaian perjalanan otak dalam menerima asupan gizi bermana ilmu, kalo otak lama-lama gag ke pake tumpul ntar, kaia pisau. 5. Tanyalah Pada Ahlinya Kalo kamu mengalami kesulitan-kesulitan atau ada hal mengganjal dalam otak ataupun hatimu segera hubungi dokter *hlo…?? =)*. Dokter dalam bidangnya, kalo ada pertanyaan pelajaran Biologi bisa tanya guru Biologi, biasanya kan setelah pelajaran bu guru bertanya “Apakah ada pertanyaan?” nah acungkan tanganmu, jangan jempolmu, kayak fesbuk adja.. =) kalo punya akun jejaring sosial dan punya temen yang lebih dalam ilmunya mengenai mapel yang qta pertanyakan, bisa Tanya ke beliau. 6. Semangat Mempelajari IPA Kalo bisa setiap guru hadir itu qta sambut dengan senang dan semangat. Qta mendengar dengan saksama penjelasan dari beliau. Selalu ingat “Bersemangatlah dengan apa-apa yang bermanfaat untukmu”. Dan qta juga bisa memikirkan betapa pentingnya qta mempelajari IPA, mempelajari hal-hal yang memang di alam dan kehidupan qta sehari-hari. Dengan mengetahui manfaat dan keutamaannya qta akan semangat mempelajarinya. 7. Meski Sesulit Apapun Katakan I LUPH MAFIA… ^^ >> the last tips yaitu qta juga harus berdoa agar Allah memudahkan qta menerima ilmu pengetahuan alam dan ilmu yang qta pelajari berkah, tidak hanya melahirkan nilai yang bagus namun berkah,, BERKAH!! SHARING….. Adik-adikku, kelas XI merupakan tahap pencarian dan penemuan jatidiri. So sibukkan selalu dirimu dengan hal yang baik dan bermanfaat. Input sebanyak-banyaknya informasi positif. Kalo kelas X itu merupakan masa adaptasi dan kelas XII merupakan masa di mana qta dihadapkan dengan ujian yang menentukan masa depan qta di jenjang selanjutnya. Kelas XI merupakan masa kulminasi(masa puncak) kegiatan qta. Anda yang di ekstra ataupun di organisasi, Anda akan merasakan betapa sibuknya Anda. Dan saat inilah yang paling tepat membentuk diri Anda, identitas Anda, dan Anda akan menemukan seperti apa diri Anda. Input yang positif akan melahirkan output yang positif pula. Jangan hambur-hamburkan masa kelas XI ini dengan kegiatan yang sia-sia, Karena kelak qta kan binun sendiri ketika qta melihat fakta di lapangan(kondisi kelas XII) yang mengharuskan qta berhenti bermain-main dan bersenda gurau. Seperti ketika qta minum air dingin, kemudian minum air panas. Segera laksanakan tugas. Ketika guru memberi tugas qta untuk buat laporan contohnya, segera buatlah laporan dan pada waktu deadline qta kumpulkan. Menunda-nunda pekerjaan akan menyulitkan qta sendiri dan menumpuk beban qta. Tolong cermati hal-hal di atas dan aplikasikan.. jangan sampai engkau menyesal di hari akhir yakni ulangan akhir semester genap. <>.
Readmore >>

MENYELAMI INDAHNYA 'MUTIARA KEHIDUPAN BERNAMA ILMU' DAN BELAJAR

Assalaamu’alaykum… Gimana punya kabar sobat Figur? Semoga selalu dalam kondisi syukur atau sabar atau sabar dan syukur. Kan perkara seorang mukmin itu amat menakjubkan, jika ia mendapat kesulitan, kesukaran, penyakit maka ia bersabar,sedangkan jika ia mendapat nikmat maka ia bersabar. Sobat, kini Figur nongol lagi ingin berbagi ke Anda semua agar lebih semangat buat belajar. kita tau banyak dari kita yang down (semangatnya) dengan masalah belajar. Kita menganggapnya sebagai sesuatu rutinitas yang harus kita jalani yang amat membosankan bin menyebalkan,, padahal kalau kita kaji ulang belajar merupakan suatu hal yang menyenangkan. Kalau kita kaji lebih dalam mengenai belajar maka kita akan semangat menjalaninya dan bangga sebagai pelajar/mahasiswa yang benar, bukan ogah-ogahan gitu. Daripada banyak caz ciz cuz,mending kita langsung ke TKP. Hanya orang-orang berilmu Sobat, telah termaktub dalam al qur’an kalau orang yang paling takut sama Allah ta’ala itu hanya orang-orang berilmu. Ya secara mereka kan yang paling banyak mengkaji ilmu-ilmu Allah so dalam qolbu mereka terdapat rasa takut, takut akan siksa dan berharap akan rahmat-Nya. Ni ayatnya,
“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu.” (QS. Faathir [35] : 28).
Kan ditinggikan derajatnya Bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari kalau orang yang berilmu akan lebih “wah” daripada yang nggak berilmu.
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Qs. Mujadillah: 11)
Ada banyak kalimat-kalimat motivator yang bisa kita kenang agar kita bertambah semangat menuntut ilmu:
“Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui” (Qs. Az Zumar: 9)
“Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan pada dirinya, maka Allah pahamkan dia tentang masalah agama.” (HR. Bukhari Muslim)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Barang siapa meniti suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim) “Sesungguhnya para malaikat benar-benar meletakkan sayapnya kepada orang yang mencari ilmu, karena ridha terhadap apa yang dicarinya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan di dalam Shahihain dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, “Sesungguhnya perumpamaan wahyu yang diberikan Allah kepadaku yang mencakup petunjuk dan ilmu adalah seperti air hujan yang turun membasahi bumi. Sehingga ada di antara tanahnya yang bisa menerima air dengan baik dan bisa menumbuhkan berbagai macam rumput dan tanam-tanaman. Dan ada juga tanah yang keras dan hanya bisa menampung air saja sehingga dengan perantaranya Allah memberikan kemanfaatan bagi orang-orang. Mereka bisa minum, memberikan minum pada ternak serta menyirami tanah pertanian. Akan tetapi, ada juga tanah yang keras dan licin sehingga tidak bisa menampung air dan juga tidak bisa menumbuhkan rumput-rumputan. Demikian itulah perumpamaan orang yang paham dalam agama Allah serta memberikan manfaat bagi orang lain dengan ilmu yang diturunkan Allah kepadaku, dia berilmu dan juga mengajarkan ilmunya, serta perumpamaan orang yang sama sekali tidak mau memperhatikan ilmu tersebut serta tidak mau menerima petunjuk Allah yang Allah mengutusku dengan membawanya.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menceritakan bahwa beliau pernah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak akan mencabut ilmu secara tiba-tiba dari hati-hati manusia. Akan tetapi Allah mencabut ilmu itu dengan cara mencabut nyawa para ulama satu demi satu. Sampai datanglah suatu saat ketika tidak ada lagi orang yang alim maka orang-orang pun mengangkat para pemimpin yang bodoh-bodoh. Maka mereka pun ditanya tentang berbagai masalah, kemudian merekapun berfatwa tanpa ilmu. Sehingga mereka sendiri sesat dan juga menyesatkan orang lain.” (HR. Al Bukhari dan Muslim di dalam kedua kitab Shahih mereka dari hadits Abdullah bin Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma)
“Keutamaan ilmu lebih baik daripada keutamaan ibadah, dan agama kalian yang paling baik adalah al-wara’ (ketakwaan).” [Hadits Hasan, at-Tirmidzi no. 2322]
Imam Az Zuhri rahimahullah berkata : ”Seandainya ilmu ‘Aisyah dikumpulkan dan dibandingkan dengan ilmu seluruh wanita, maka ilmu ‘Aisyah lebih afdhal.”
Keutamaan Ilmu
Menuntut ilmu wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan. Allah mengajar manusia dengan perantara tulis baca. Muslim yang satu dengan yang lain adalah saudara. Perhatikanlah apa yang diucapkan dan janganlah memperhatikan siapa yang mengucapkan. Ilmu itu bagaikan binatang buruan, tulisan adalah pengikatnya. Ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah. Ilmu adalah sebaik-baik warisan. Tuntutlah ilmu sejak dari ayunan sampi ke liang lahat. Menuntut ilmu pada waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu. Menuntut ilmu setelah dewasa bagaikan mengukir di atas air. Waktu lebih berharga daripada emas. Membaca adalah guru yang terpandai dalam setiap ilmu. Barang siapa tidak mencintai ilmu, maka tidak ada kebaikan padanya. Tidak ada harta yang paling menguntungkan daripada ilmu. Tidak ada barang simpanan yang lebih bermanfaat dari ilmu. Tidak ada kedudukan yang lebih tinggi daripada akhlak. Bencana ilmu itu adalah lupa. Penyesalan di kemudian hari bagi mereka yang malas. Sebaik-baik teman duduk di setiap waktu adalah buku. Ilmu itu kemuliaan yang tak ternilai harganya. Kalaulah baukan karena ilmu niscaya manusia seperti binatang. Orang yang berilmu itu mulia walaupun masih muda. Orang bodoh itu hina walaupun sudah tua. Katakanlah yang benar walaupun pahit. Ilmu tanpa agama adlah buta. Agama tanpa ilmu adalah hampa. Ilmu tanpa budi adalah kerapuhan jiwa. Ilmu itu penting, namun harga diri adalah lebih penting. Tidak ada istilah kenyang untuk ilmu. Semakin banyak menuntut ilmu, maka akan merasa semakin bodoh. Keutamaan seorang ‘alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan purnama daripada seluruh bintang-bintang.
Itu tadi kalimat-kalimat mutiara yang penulis copas dari banyak sumber. Harusnya dengan kalimat-kalimat itu kita bisa terlecut untuk menambah terus perbendaharaan ilmu kita. Ilmu dunia maupun ilmu akhirat, namun yang lebih wajib yakni ilmu akhirat. Janganlah putus (stop) dari belajar karena dengan senantiasa belajar syaraf-syaraf otak kita akan senantiasa terhubung. Dulu penulis pernah diberi wejangan(baca:nasihat) oleh bapak guru kalau pisau itu sering diasah maka akan semakin tajam untuk memotong daging(atau apalah), begitu pula otak kita yang membutuhkan asupan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Kita semua punya potensi, potensi yang rata-rata sama, namun hanya orang-orang pililhan-Nyalah yang Dia beri kecerdasan di atas rata-rata. Nah potensi itulah yang seharusnya kita asah dan kembangkan menjadi sesuatu yang wah. Kita punya 1 trilyun sel saraf, yang dengannya –katanya- kita bisa ”menghafal” 5 ensiklopedi. Hmm,, subhanallah, betapa besar karunia-Nya pada kita. 2 faktor mempengaruhi semangat kita untuk belajar, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup kemauan dari dalam diri kita untuk semangat belajar, yang mana faktor internal ini didukung oleh faktor eksternal yang meliputi lingkungan, keluarga, teman sepermainan, dan masyarakat. Hendaknya kita mencari lingkungan yang kondusif yang menjadikan kita pribadi-pribadi yang senantiasa rindu belajar. Bukan dengan menjauhi teman-teman yang berlabel negatif melainkan hendaklah kita menjadikan teman-teman kepercayaan kita itu orang-orang yang baik dan mempunyai semangat belajar yang tinggi. Di zaman yang serba mudah ini, seharusnya menjadikan kita lebih banyak menyerap ilmu-ilmu. Dengan kemajuan di bidang teknologi dan pengetahuan ini seharusnya menjadikan kita insan-insan yang mulia pembangun bangsa. Dengan kejujuran, kearifan, kebijaksanaan, keteguhan, dan sifat-sifat baik lainnya. Apa gunanya peralatan canggih yang hanya kita gunakan untuk membuang-buang uang kita, yang hanya menghasilkan sampah-sampah tak berguna. Uang dan usia kita terlalu berharga hanya untuk membuang tiap detik kita untuk hal yang tidak bermanfaat. Betapa sungguh kasihan bangsa ini jika hanya dipenuhi insan-insan bobrok, amanah dikhianati, berita-berita negatif banyak beredar, dan sebagainya. Mau apa jadinya jika seperti ini. Tidakkah kita berfikir?? Kita punya otak yang bisa digunakan untuk memikirkan tanda-tanda kekuasaan-Nya. Kerusakkan sudah terjadi. Kita melihat setiap hari ada saja berita-berita menyedihkan dengan negeri ini. Namun apa yang bisa lakukan, apakah kita hanya akan menambah daftar hitam kelamnya negeri ini. Tidak kan, maka sebagai insan yang terpelajar, pembelajar, dan gemar belajar selayaknya kita menikmati profesi kita, meski –jika kelak- kita sudah tua. Karena belajar itu kita lakukan dari buaian hingga akhir hayat. Mau jadi apa negeri ini jika kita gemar nyontek, gemar nggak memperhatikan penjelasan dosen, gemar mbolos, gemar dan gemar negatif lainnya. Bagaimana? Otak Anda sudah mendidih? Ubun-ubun Anda sudah hangat? Dari telinga Anda muncul asap? Hmmm, kalo iya sekarang saatnya kita buktikan, kalo kita pelajar yang mencintai profesi kita, setulus hati, kita bangga dan berusaha bermanfaat untuk orang lain tentang ilmu yang kita punyai. Keep spirit! Keep istiqomah! Keep reading! Keep writing! Keep smile! Keep istiqomah! Bangsa kita telah haus dengan berita-berita bagus yang menakjubkan dan generasi mendatang yang sukses gilang gemilang. Kita ini tunas yang siap dipupuk dan dikembangkan. Dan marilah kita pupuk dan kembangkan diri kita tuk selalu gemar belajar dan belajar.. -Teriring senyum manis dari saudarimu di bumi Allah ta’ala-
Readmore >>