Buscar

Loading...

DEADLOCK KOMUNIKASI KOORDINASI & STARVATION PADA KEGIATAN

Bismillah



Deadlock adalah suatu kondisi dimana dua proses atau lebih saling menunggu proses yang lain untuk melepaskan resource yang sedang dipakai. Karena beberapa proses itu saling menunggu, maka tidak terjadi kemajuan dalam kerja proses-proses tersebut. 

Nah, kadang atau sering kita mengalami deadlock dalam hidup kita, deadlock dalam komunikasi atau koordinasi. Deadlock ini bisa karena gengsi, tidak begitu memperhatikan atau tidak ada keterbukaan atau rasa percaya yang berlebih. Akibat dari deadlock seperti ini ialah kerjaan yang tak tuntas sempurna. Sesuatu yang sudah terrancang dengan apik jadi sirna karena keadaaan saling menunggu ini .

Contoh nih. Kemaren penyusun mengikuti kegiatan. Kegiatan ini bekerjasama dengan unit kegiatan lain. Hasil yang kami capai kurang maksimal. Karena keadaan saling menunggu ini. Dari mereka, mereka bingung kenapa kami gak gesit(gak ada koordinasi run down yang lebih detail pada hari H). Dari kami, karena kami kurang begitu tau harus bagaimana dan kami kita acara sudah terhandle oleh mereka, kami percaya sepenuhnya pada mereka. Nah di sinilah pointnya, dari sana tidak langsung memberitahukan harus seperti ini seperti ini. Dan kami juga langsung saja ‘mempercayakan’.

Di sini, dibutuhkan keterbukaan antar personal/ organisasi jika ingin apa yang mau dicapai terlaksana (hampir) sempurna. Jaga komunikasi, karena hal itu sangat krusial. Meski sedongkol apapun kita, tetap ceritakan saja. Agar tercapai sebuah solusi untuk yang lebih baik.

Nah, koordinasi satu dengan yang lainnya juga musti dijaga. Jangan sampe mengalami starvation.

Starvation adalah kondisi yang biasanya terjadi setelah deadlock. Proses yang kekurangan resource (karena terjadi deadlock) tidak akan pernah mendapat resource yang dibutuhkan sehingga mengalami starvation (kelaparan). 

Kita udah niat banget bikin kegiatan, tanpa koordinasi yang baik bisa mengakibatkan starvation, karna resourch kita sama, namun dengan kegiatan dalam waktu yang sama. Semua akan lebih efektif efisien dengan menejemen yang baik, komunikasi, serta koordinasi yang apik.

Nah, dari sini kita bisa belajar, untuk mengatasi deadlock dan starvation ini. Rapikan barisan kegiatan, jaga komunikasi dan koordinasi, selalu bersiap dengan kondisi terburuk. Jadikan semua ini pembelajaran untuk esok yang lebih baik. Dan jangan lupa untuk transfer ilmu. Karna itu penting. Penyusun pernah mendengar, gpp bikin salah, tapi kesalahan yang beda. Dengan transfer ilmu insyaAllah bisa meminimalisir kesalahan yang sama.

Jalan yang kita tempuh juga bukan jalan tol yang bebas hambatan, tugas kita ialah mencari strategi untuk setiap masalah yang kita temui. Berpikir cepat, bergerak tangkas.

Keburukan yang termenej akan mengalahkan kebaikan yang termenej. 

Maaf kalo analogi yang penyusun buat kurang nyambung antara yang pertama yakni deadlock mengenai komunikasi dan koordinasi serta starvation yang lebih ke efektivitas & efisiensi kegiatan.  


Source:
http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch17s07.html terakhir diakses pada Ahad, 31 April 2013 Jam 5:13 AM.


Ditulis Oleh : asysya

Artikel DEADLOCK KOMUNIKASI KOORDINASI & STARVATION PADA KEGIATAN ini ditulis oleh asysya pada hari Sunday, 21 April 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang DEADLOCK KOMUNIKASI KOORDINASI & STARVATION PADA KEGIATAN dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron