Buscar

Loading...

MENGEJAR KETERTINGGALAN: BIOPORI, DARI ILMMIPA DI MIJEN

Bismillah


Ini-lah status yang saya buat tadi, hhe

PASTI BISA! Kamu pasti bisa mengalahkan rintangan dan hambatan yang ada. Mereka sibuk, tetap prestatif, kamu juga pasti bisa. Gak ada yang gak mungkin.
Ambil contoh tadi!
Kamu udah ketinggalan temen-temen karena jarkom berangkat lebih cepat yang gak sampe. Kamu kejar. Ternyata kau tak tau di mana letak tempatnya. Kau cari tau, dan kau dapatkan! Dan terkejarlah mereka. Alhamdulillah, kau tidak tertinggal.
Kamu PASTI BISA! Mengejar ketertinggalan itu. Meski kami tak tau musti ke mana, tapi kau harus berusaha. Karna keniscayaan itu pasti!
Seka air matamu! Take action! Jangan cuma bisa nangis! Buat apa kau keluarkan air matamu, tiada guna. Kau selali keterlambatanmu, tiada guna kalo gak ada aksi follow upnya.
Semangat gapai citamu, meski kau tertinggal dari temanmu!
Jadilah Masdhiana yang bisa mengejar apa yang dia inginkan. Jangan urai air mata terlalu lama. Cukup ia sebagai pelega. Ok?

Rasanya gak puas segitu aja. Hhe. Gini ceritanya. Tadi saya ikut kegiatan Gerakkan 1000 Biopori untuk Masa Depan. Kegiatan ini merupakan program kerja ILMMIPA(Ikatan Lembaga Mahasiswa MIPA: Ikatan BEM FMIPA se-Indonesia), dengan dihadiri oleh UKSW, IAIN, UNNES, UNDIP.
Qodarullah, info jarkom berangkat lebih awal gak sampe ke saya. Jadinya saya dating ke BEM FSM Undip dalam keadaan lengang(FSMnya). Saya SMS kawan yakni Kadept NIC Mas Saiful. Saya Tanya apakah kumpulnya di Bem dan minta nomer Nabila (karena belum saya save). Mas Saiful menjawab kalo udah berangkat dan memberi nomer Nabila. Segera saya SMS Nabila, dan ternyata memang sudah berangkat. Mereka sampai di Jatingaleh, saya agak lupa Jatingaleh tu di mana. Kemudian saya mau menyusul ke Jatingaleh. Saya tancap gas si Rere(Red Revo). Sampai di samping gang kost saya, saya buka HP, dan saya diminta ke UNNES. Padahal saya belum tau Unnes itu di mana. Hmm… galau dulu, nangis dulu. XD

Saya merusaha tetap berangkat, karena saya sedikit ada bayangan jalan ke Unnes(Cuma tulisan gitu berapa KM menuju Unnes). Saya melaju menerobos angin. Saya ingat jalannya, trus ada jalan masuk, saya masuk, saya Tanya ke pedagang buah, beliau menjawab, dan saya melanjutkan perjalanan. Alhamdulillah memang benar jalan yang saya tempuh. Nah, saya binun kok saya gak nyampe-nyampe? Saya berjalan terus, kemudian Tanya bapak-bapak. Biasanya kalo Ahad gak dibuka yang biasanya dibuka, kemudian beliau menunjukkan alternative.

Alhamdulillah, saya nemu tulisan “UNNES” XD

Nabila telpon saya, dia bilang kalo saya musti balik bersamaan dengan Ochel yang meneriaki saya, hhe. Alhamdulillah, masih terkejar. #Lega. Padahal sebentar lagi mungkin mereka udah gak di situ.

Kami menuju ke Mijen, ada 1 mobil dan beberapa sepeda motor. Yang naik motor bawa botol aqua besar dan yang di mobil ada alat biopori(alat untuk mengebor).

Setelah kami sampai di sana, ada pembukaan. Pembukaannya jam 9.44 AM. Setelah itu ada sambutan dari ketuanya yaitu mas Akhi(emang namanya AKhi lho, hhe) jam 9.45 AM. Beliau berkata kalo kegiatan ini untuk memperingati hari bumi. Kegiatan ini dilakukan di Semarang, Solo, Jogja, dan Purwokerto. Biopori ialah hal kecil namun berdampak besar. Jam 9.49 AM ada sambutan dari pak Lurah, beliah sekaligus membuka kegiatan.

Setelah itu, kami mengambil alat dan ke halaman rumah warga. Kami mengebor mengunakan alat biopori itu. MasyaAllah tidak semudah itu, kita mengebor dengan alat manual itu. Hmm. Apalagi kami cewek, lamaaa nian. Haha. Alhamdulillah pas saya ada yang bantu, mungkin bapaknya menerapkan asas iba, trus beliau bantu kami ngebor. Hhe.


Oya, caranya tuh, kita ngelubangi tanah, setelah kira-kira 1 botol muat, kita cukupkan. Ambil sampah-sampah(daun), masukkan ke botol aqua yang tlah dilubangi kecil-kecil pinggirnya. Oya, sebelumnya botol aqua moncongnya dibuang. Kalo sampah udah dimasukkin, taro (dengan posisi terbalik) ke tanah yang lubang tadi. Kalo udah, tinggal samping-sampingnya diberi tanah. Biar rapi, hhe. Ni pada nangkep gak ya aku jelasin kek gini? Hhe

Setelah itu kita istirahat, penutupan, dan pulang. Selesai sekitar jam 1.30 PM.

Terimakasih untuk pengalaman yang mengispirasi untuk mengejar ketertinggalan.

Kalo mau tau tentang biopori coba googling aja, ni tadi nemu link ini http://www.biopori.com/

Ditulis Oleh : asysya

Artikel MENGEJAR KETERTINGGALAN: BIOPORI, DARI ILMMIPA DI MIJEN ini ditulis oleh asysya pada hari Sunday, 21 April 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang MENGEJAR KETERTINGGALAN: BIOPORI, DARI ILMMIPA DI MIJEN dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron