Buscar

Loading...

Jangan Berguguran Wahai Kau Penuntut Ilmu

Bismillah…
Alhamdulillah, Allah masih memberi kita nikmat islam dan iman. Kali ini, penyusun ingin sedikit berbagi mengenai never give up untuk para pencari ilmu. Beberapa hal yang saya dapat sewaktu mendengar kajian di Al Barokah dan ada pula yang by reading di inet.

Yang saya dapatkan ialah bagaimanapun keadaannya, janganlah sampai kita putus asa, stagnan, menyerah untuk mempelajari ilmu. Serta ada anjuran juga untuk mendatangi majelis ta’lim meski gak paham materi yang disampaikan sang ustadz. Why? Karena kita bisa mengambil faidah akhlak dan adab sang ustadz. Jika tidak mendapatkan itu, maka kita bisa mengambil faidah akhlak dan adab kawan seperjuangan untuk menuntut ilmu. Misal, bagaimana ketawadhu’an atau kegigihan kawan kita (misal dia ke majelis ta’lim hanya dengan naik sepeda). Nah, di majelis ta’lim kita gak cuma mengambil faidah ilmu yang diberikan sang ustadz, namun juga mencermati hal-hal kecil di atas, guna melejitkan semangat kita. (Baca: Gak cuma hardskill, namun juga softskill)

Yang selanjutnya ialah jangan menanti kesempurnaan untuk melakukan sesuatu. Mengutip nih
“Sesuatu yang tidak didapat seluruhnya, jangan ditinggal seluruhnya”
Nah, seperti itu, contoh: Ketika kita gak bisa konsisten dateng untuk bahasa Arab, janganlah kita mundur dari perhelatan menuntut ilmu ini, karna ia(belajar bahasa Arab) sebagai jembatan dan sebuah jalan peluang besar agar kita bisa banyak belajar, dari kitab-kitab arab, bukan terjemahan lagi. Oya, untuk mensiasiasati ketertinggalan kita, kita bisa minta tolong kawan kita untuk direkamkan. Dulu saya juga gitu, ada 1 hari di mana hari itu saya ada praktikum, sang ustadzah menyarankan pada saya untuk merekam pelajaran yang beliau sampaikan. Meski rasanya tidak senikmat menuntut ilmu secara langsung, namun cukup mengobati dahaga ilmu itu.

Atur strategi agar kita tetap mendapatkan ilmu itu, jika memang niat kita kuat. Jika belum kuat, coba review kembali materi-materi tentang faidah/keutamaan belajar agar kita semangat belajar bahasa Arab atau belajar ilmu lain. Kapan lagi kalo gak sekarang? Esok? Ya kalo programnya masih ada. Ayo ambil peluang besar itu. Apalagi kalo kita perempuan, harusnya akan semakin menambah semangat kita, karena kita harus mendidik anak kita. Kalo kita gak mengisi penampungan ilmu kita dari sekarang, kapan lagi? Keburu nikah dan punya anak lhoh ,itu akan semakin rempong. Liat aja ummahat gitu, semangat sekali, namun kadang anaknya pengen ini pengen itu, jadi kurang focus belajar. Nah, kita yang masih single gini, ayo semangat belajar ^_^

Dan ingat, batu yang keras gitu aja bisa dilubangi oleh air secara perlahan, nah pasti kita juga bisa ^_^

Ditulis Oleh : asysya

Artikel Jangan Berguguran Wahai Kau Penuntut Ilmu ini ditulis oleh asysya pada hari Tuesday, 23 April 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Jangan Berguguran Wahai Kau Penuntut Ilmu dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron