Buscar

Loading...

Bahasa Baku nan Kaku, Bahasa Gaul nan Amburadul..

Bismillah.. (renungan bagi diri sendiri dan orang lain, penulis netral) Kau rasakan tak? Bahwa bahasa kita terlalu bebas. Bahasa kita serasa bebas tanpa batas, bahasa kita hanya dibatasi pada saat pelajaran bahasa kita, bahasa Indonesia. Iya bukan? Lihat saja bahasa Arab, salah sedikit salah, lihat saja bahasa Mandarin, salah sana beda makna, lihat saja bahasa Inggris, salah 1 huruf salah, lihat saja bahasa Latin, salah sedikit salah, tapi……… begitu ironis dengan bahasa kita, kita bisa seenaknya, seenak dengkul sendiri mengurangi ataupun menambah kata dalam huruf itu. Disebut bahasa SMSlah, bahasa gaullah, etc.. Penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah bakunya dianggap kaku, penggunaan bahasa seenak gue bisa menyalahi aturan. Apa bahasa suatu bangsa menunjukkan karakter penduduknya ya?? Hmm,, Penggunaan bahasa yang baku kadang kita malas membacanya, penggunaan bahasa yang luwes (tak begitu baku) bisa membuat pembaca bisa membaca dengan mengalir, so kita seharusnya gimana? Aha,,,… bersikap pertengahan?? Up to you…

Ditulis Oleh : asysya

Artikel Bahasa Baku nan Kaku, Bahasa Gaul nan Amburadul.. ini ditulis oleh asysya pada hari Thursday, 7 January 2010. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Bahasa Baku nan Kaku, Bahasa Gaul nan Amburadul.. dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron