KEGIATAN / ACARA / SEMNAS UNDIP (UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011_AWAL PERKULIAHAN

Bismillah.. Setelah cerita/share tentang Tugas-Tugas Perkuliahan, kali ini penulis ingin bercerita tentang kegiatan awal perkuliahan yang penulis ikuti. Kalau di Undip sendiri banyak kegiatan atau acara yang diadakan. Penulis listkan aja apa saja kegiatan yang penulis ikuti, pengen c bikin satu per satu tulisan, namun waktu tidak mencukupi untuk mencurahkan semuanya, waktu harus dibagi-bagi untuk kegiatan lain. Hhe.

BERIKUT KEGIATAN / ACARA / SEMNAS UNDIP 2011 ( SEPTEMBER - OKTOBER ) :

1. Sabtu, tanggal 17 September 2011. Pada saat itu penulis mengikuti kegiatan yang merupakan kegiatan tindak lanjut PMB FMIPA UNDIP juga. Acara ini penulis Ikuti di ruang B203 FMIPA UNDIP. Pertama pemberian materi oleh ibu Hermin bersama mbak Riska (kalo tak salah, mbak mawapres ^^ semoga aku bisa mengikuti jejakmu mbak) dengan judul Panduan Mawapres dengan judul “Pembinaan Kemahasiswaan melalui Karya Ilmiah”. Cerita tentang kegiatan ini bisa dibaca di link ini(Penjelasan tentang PKM dan Panduan Mawapres). Kemudian dilanjutkan pemberian materi tentang Entrepreunership, cerita juga bisa di baca di sini.

2. Ahad, tanggal 18 September 2011. Penulis mengikuti Seminar Nasional Nuklir di Gedung Soedharto. Acara yang cukup besar itu diadakan oleh KAMMI, cerita yang lebih lengkap dan detail bisa dicek di halaman ini (SEMNAS; KUPAS TUNTAS NUKLIR DI INDONESIA)

1. 3. Senin, tanggal 19 September 2011. Penulis mengikuti Exchange Fair 2011 yang diadakan oleh AIESEC(Association Internationale et Studiant Sociale Economic Commerciale). Terkait tentang AIESEC bisa berkunjung ke blog IF UNDIP 2011 di page ini (LINK ABOUT AIESEC). Acara yang (menurutku: agak mendadak) ini kuikuti sekitar 2 jam di Dekanat MIPA UNDIP lantai 3.

1. 4. Selasa, tanggal 20 Sepetember 2011. Penulis juga mengikuti rangkaian acara PMB yakni seminar motivasi dengan judul Create Your Own Future. Motivatornya ialah Edy Darmoyo.

1. 5. Ahad, tanggal 25 September 2011. Penulis mengikutui acara R ‘n B UNDIP (Riset dan Bisnis Universitas Diponegoro). Acara yang dilaksanakan di Gedung Keperawatan ini terdiri dari beberapa session yang pertama berjudul Workshop dan Pendampingan PKM UNDIP 2011, kedua All About PKM dan PIMNAS.

6. Ahad, tanggal 2 Oktober 2011. Pelatdas(Pelatihan Dasar) Komputer 2011, Acara yang diselenggarakan HMIF divisi Diklat ini diadakan dengan 4 sesi materi yakni Hardware, Pascal, Database, dan OS. Acara ini diadakan moving class sesuai sesinya. Cerita selengkapnya bisa ditilik di sini PELATDAS KOMPUTER 2011 (PELATIHAN DASAR KOMPUTER 2011). 7. Sabtu, 5 Oktober 2011. Acara bertemakan Easy to be a Journalist ini juga dibagi ke beberapa sesi yakni Menulis Artikel(Moleh bapak Muhammad Ali), Etika dan Pengenalan Jurnalistik (oleh bapak Adi Nugroho), dan Teknik Wawancara (oleh bapak Masturi W. Syafaat). Acara ini diadakan di Theater Room Planologi UNDIP dan yang menyelenggarakan oleh KinetikA (Biro Press Tekkim).

1. 8. Jumat, tanggal 6 Oktober 2011. Penulis mengikuti acara yang diadakan oleh MENWA UNDIP. Acara yang berjudul Safety Riding bekerjasama dengan Poltabes Semarang dan Honda. Acara yang berlangsung di GSG UNDIP ini juga agak mendadak, namun penulis sangat ingin mengikuti acara ini, selain materi ada juga simulasi lapangan yakni mengendarai motor di tepat yang diasumsikan terjal(ada lubang), di lintasan yang sempit (harus bisa mengendarai dalam waktu yang lama dan tidak keluar lintasan), dan mengendarai motor di arena yang berkelok.

1. 9. Ahad, tanggal 9 Oktober 2011. Semnas dengan tema Green Computing ini adalah acara terbesar IF UNDIP (Teknik Informatika Universitas Diponegoro). Acara yang mengundang pembicara tersohor ini yakni Romi Satrio Wahono dilaksanakan juga di GSG, selain seminar nasional acara yang diberi nama Euphormatic ini juga mengadakan lomba menggambar, fotografi, donor darah, dan lain-lain. Keterangan detail acara ini dibas dibaca di webnya yakni http://www.euphormatics.web.id/ atau bisa mampir ke blognya Norma Ayuk (IF UNDIP 2011 kelas A ^^) di page ini . wah seneng banget bisa nanya n ngobrol ma pak Romi, dapet voucher makan gratis lagi, hho.. (ah dasar anak kost..) peserta juga antusias dan seneng kok, malah kami rasa acara ini kurang lama. Hhe..

1. 10. Sabtu-Ahad, 29-30 Oktober 2011. LKMM PD(Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra Dasar) merupakan acara dari HMIF UNDIP divisi PSDM. Acara yang dilaksanakan H-2 dan H-1 UTS ini bertemakan Membangun Mahasiswa yang Berkarakter. Selama dua hari ada beberapa sesi materi yakni Analisa Potensi Diri dan personal Building oleh mas Ahlan Zulfahri (S1 Teknik Perkapalan UNDIP), Membentuk Sikap Mahasiswa yang Berkarakter oleh mas Syailendra Persada(S1 Sastra Inggris UNDIP), Manajemen Waktu dan Teamwork oleh mas Ganis Khufad (Wakil Presiden BEM FMIPA UNDIP _ Teknik Informatika 2008 UNDIP), Dasar Teori, Fungsi, dan Properti Organisasi oleh mas Luckman Ismail (Teknik Sipil UNDIP), Teknik Sidang oleh mas Bondan Amri Wijaya(Fakultas Hukum UNDIP). Acara ini diselingi ice breaking, pemutaran video, pendisiplinan, dll.

Nah itulah kegiatan yang penulis ikuti, semoga bisa berguna untuk kelaknya. Ingat kegiatan/ semnas itu bukan hanya untuk mencari reward yang fatamorgana namun dibalik itu tersimpan mutiara-mutiara khasanah yang harus kita cari dan kita gali. ^_^

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat (ilmu) Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Luqmân: 27)

Ditulis Oleh : asysya

Artikel KEGIATAN / ACARA / SEMNAS UNDIP (UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011_AWAL PERKULIAHAN ini ditulis oleh asysya pada hari Friday 11 November 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang KEGIATAN / ACARA / SEMNAS UNDIP (UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011_AWAL PERKULIAHAN dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

1 komentar:

asysya

Kunci sinkron antara kuliah & kegiatan => Manajemen waktu.

Semoga bisa melaksanakannya ^^

Ada kunci-kunci yang lain? ^^

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron