AWAL PERKULIAHAN _ TUGAS DOSEN IF UNDIP (INFORMTIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011 cont'd


Ø Bahasa Indonesia => Presentasi dan pembuatan makalah. Karena sang dosen (bapak Drs. HM. Nur Fawzan A atau yang biasa disapa Pak Fafa) keluar negri maka kami diberi tugas untuk presentasi. Sayang sekali, waktu pak Fafa udah gak ngajar 1 pertemuan terlewatkan (kita gak kuliah), trus pertemuan selanjutnya baru diadakan penugasan (pembagian kelompok dan penjelasan tugas, ups penulis lupa itu dalam 1 hari atau 2 hari –antara yg awal pak Fafa gak ada & penugasan-). Pembagian kelompok dilakukan dengan memulai berhitung dari 1-11(karena ada 11 bab/materi), penulis masuk ke kelompok 3, setelah itu diadakan pengundian materi, penulis mendapat materi terakhir (materi 11 yakni Kesantunan Ejaan dalam Karangan Ilmiah). Nah kuliah selanjutnya sedikit kelompok maju (lupa satu atau dua), trus lebih banyak kelompok, trus yang kuliah paling bontot kasian banget, masak 5 kelomopok maju dalam 1 pertemuan, ya akhirnya gak diadakan sesi Tanya jawab. Pikirku, pemateri 11 majunya abis UTS mengingat masih banyaknya materi, eee ternyata, ya udah deh mau gimana lagi. Alhamdulillah waktu itu agak longgar, jadi bisa ngurus penugasan. Jadi, untuk kelompok penulis, kana da 5 orang tuh, sedangkan di bab itu ada 5 subbab, jadi pas deh. Penugasan penulis kirim via email (materi dan tugas udah terlampir). Tugasnya kek gini
TUGAS : (sesuai sub bab yang diperoleh)1. Mengcopast subbab ke Ms. PPT. (Seperti contoh PPT di folder ini).2. Membaca dan memahami materi.
3. Merapikan, memberi penekanan (dibold atau sejenisnya) dan mewarnai teks (agar enak dilihat).4. 1 orang membuat 1 pertanyaan pilihan ganda beserta jawabannya. Tulis di dokumen “Pertanyaan”. (1 kelompok membuat 4 soal pilgan dan 1 soal essay, yang membuat soal essay si A –bukan sebutan sebenarnya-).5. Dikumpulkan ke si A hari Senin/24/10/11 maksimal pulang kuliah. (Dalam bentuk PPT)

Udah kek gitu tetep aja pada molor, hmm, mungkin salah si A juga dia kurang tegas & disiplin, jadilah penundaan penyelesaian tugas, fyuhhhhh. Beberapa jam sebelum presentasi materi ini si A masih harus ngedit agar PPT terlihat cantik. Hho, dasar agark perfeksionis ya ^^V. Alhamdulillah kelar juga si A sebelum presentasi. presentasi tanpa Tanya jawab dilaksanakan. Dengan situasi dan kondisi yang agak miris presentasi tetap dilaksanakan dan dirampungkan.



Ø LI (Logika Informatika) => Tugas Folio dari bapak Suhartono, M. Kom. Satu tugas yang terdiri dari beberapa soal. Tugas kami kerjakan bareng-baeng setelah kuliah LI yang sangat amat singkat sekali.
Ø Matematika I/ Kalkulus 1 => Tugas kecil-kecil setelah pemberian materi oleh bu Lucia Ratnasari. Ada 3 tugas individu dan 1 tugas kelompok.
Ø English => Tugas menjawab pertanyaan dan memberi alasan yang terdiri dari banyak sekali (jumlahnya). Tugas itu merupakan tugas kelompok. Setelah dilakukan pembagian tugas yang sangat banyak itu, tugas dikumpulan ke sang ketua dalam bentuk soft file, ketua(kalo dikelompok penulis ketanya ialah Indi) dan wakil (Mas Sahid) meng-compile dan mengoreksi, setelah itu dikumpulkan ke sang dosen yakni bu Mastuti(Drs. Mastuti, M. Hum) dalam bentuk hardfile. Satu kelompok terdiri dari 10-11 anggota.
Ø Statistika => Tugas kopian dari sang dosen yakni Bu Astuti.
Ø Pemrograman Web (PW) => TUBES (TUgas BESar) bikin toko online. Hmm, salahku juga gak nyicil dari awal sedikit demi sedikit, jadinya aku harus bekerja ekstra beberapa hari sebelum UTS (khususnya UTS PW, yang ternyata jadwalnya tu hari pertama UTS, #plak). Beberapa hari (sekitar 2 pekan min hari H) aku baru bekerja, ngumpulin info (info bikin web, info produk-produk yang akan dijual, dkk) dan baru bekerja beneran 1 pekan dan baru bekerja bener-bener beneran H-beberapa hari, hhe ^^V (don’t try it at home/ any where). Selain harus ngerjain tubes itu, penyusun juga harus mengumpulkan tubes kawan-kawan IF ’11 kelas B dan beberapa kakak tingkat yang perbaikan. Ada cerita yang subhanallah sekali dibalik pengumpulan tubes-tubes ini bersama teman-teman dan kakak tingkat. ^^ Nice and unforgettable experience dah. ^_^ insyaAllah aku ceritakan di tulisan lain. Apalagi H-2 n H-1 UTS ada LKMM Pra Dasar yang diadakan oleh HMIF Divisi PSDM. Benar-benar bergalau ria daku.
Untuk tugas-tugas kek laporan aku ngerjain bener-benernya beberapa jam sebelum submitting (praktikum), hmm, ni juga don’t try it at home/ any where. Entah waktunya itu lho, bener-bener mepet, baru akhir-akhir aku agak nyantai ngerjain laporan karena waktunya agak longgar, seneng rasanya kalo bisa ngerjain tugas/ laporan gak mepet waktu pengumpulan. Laporan yang agak paling galau aku ngerjainnya tu laporan pertama TI; pasalnya aku nginstall linux sendiri, daaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn apa yang terjadi????????????? (agak lebay bin alay nih ceritanya ^^V),
Taaarrrrrrrrrrrrrrrraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa something wrong dan wasalam dataku ilang ludes hilang ditelan bumi, pergi ke negeri antah berantah (dari anti klimaks menuju klimaks lebay, hho). Perasaanku udah gak enak(padahal itu beberapa jam sebelum pengumpulan laporan, laporan belum selesai), aku ke kost teman untuk mencari pencerahan, Alhamdulillah jadilah laporan seadanya Cuma ngopast, karena emang gak ada dokumentasi, windows7ku jadi linux dan udah deh pisau hitam berkarat menusuk merah hati hatiku *jleppp, gaya cerpen banget deh kekx, hhe*. Data-dataku ilang kuketahui dengan pasti setelah konfirmasi ke asprak dan perasaan hancur bertubi-tubi menjalar ke peredaran darahku, merobohkan sendi-sendi yang sebelumnya tertopang kuat oleh tulang belulangku, urat-uratkupun tak kuat. (hhe, lebay mencapai klimaks ^^V). satu yang bisa diucap Qodarullah wa maa sya fa’al… hhe, this is another nice and unforgettable experience. ^^ setelah dikroscek aku salah dalam pemilihan antara “manually….” Dan “erase….”, hho. Harusnya dipilih yang “manually…” itu.
Alhamdulillah c, disitu gak ada data yang harus dibutuhkan dengan segera kek data skripsi yang udah pertengahan perngerjaan ato apa. Yang ilang “Cuma” data soal-soal dan info SNMPTN, UM, n hal terkait menuju PTN, download-anku yang sak ndayak (ebook n software), file-file terkait SMA, file-file terkait kuliah, dll. Tapi tetep Alhamdulillah aja Dia mengambil apa yang gak segera(mendesak) aku perlukan, hhe. Dan alhamdulillahnya, setelah installasi lagi (windows7 & linux) CD roomku jadi bisa setelah sebelumnya gak bisa dipake (nolak pas dimasukkin CD).
“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan”, “Setelah kesulitan ada kemudahan 2x” , “Allah akan mengganti sesuatu dengan yang lebih baik.” ^_^

Apakah ada tugas yang terlewatkan? kalo ada, ngobrol ya, hhe..

Ditulis Oleh : asysya

Artikel AWAL PERKULIAHAN _ TUGAS DOSEN IF UNDIP (INFORMTIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011 cont'd ini ditulis oleh asysya pada hari Friday, 11 November 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang AWAL PERKULIAHAN _ TUGAS DOSEN IF UNDIP (INFORMTIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011 cont'd dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron