AWAL PERKULIAHAN _ TUGAS DOSEN IF UNDIP (INFORMTIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011

In The Name of Allah, The Most Gracious and The Most Merciful

Alhamdulillah, give thanks to Allah yang udah memberi waktu yang agak luang ini untuk sedikit bernafas dari kesibukan yang biasanya melanda.

Kali ini penulis pengen share sedikit hal tentang apa yang penulis alami sebagai mahasiswa baru. Subhanallah sekali rasanya, kita yang sebelumnya emang bener-bener jobless (/as a unemployment) tiba-tiba harus berpacu dengan waktu untuk merampungkan tugas-tugas yang dihadapkan pada kami.

Iya c kuliah itu waktunya (waktu pemberian materi) lebih sedikit daripada SMA, tapi tugasnya itu lho yang bikin kita harus pontang-panting. Hho.. (Di jadwal gini Senin, Rabu, Kamis dari jam 13.00-18.10, Selasa dari jam 13.00-15.30, Jumat 8.00-9.40, itu di jadwal, realitanya waktu kuliah lebih sedikit dari itu.)

Kalo di jurusanku sendiri yakni Matematika Program Studi Teknik Informatika Universitas Diponegoro tingkat pertama (tahun ajaran 2011) (Cieeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhh lengkap nih ceritanya => biar jelas & detail XD), pas semester 1 kita tiap pekannya udah harus ngumpulin 2 laporan prakLinktikum yakni

(1) laporan Pemrograman Web atau yang biasa disingkat PW dengan dosen pengampu Bu Beta Noranita (untuk sebelum UTS) dan bapak Ragil Saputra(untuk yang abis UTS) dan

(2) laporan Teknologi Informasi atau yang biasa disingkat TI atau IT(kalau Englishnya) dengan dosen pengampu bapak Nurdin Bahtiar.

Untuk TI sendiri c awalnya mau praktikum setelah UTS namun entah kenapa mendadak juga pengabarannya kalau praktikum TI dimulai sebelum UTS. Fiuhhhhhh, ya udah deh diterima aja. ^_^

Praktikum PW dilaksanakan hari Senin jam 10 sampe jam 12, sedangkan TI hari Jumat jam 15.30 sampe 17.30.

Untuk sebelum UTS ini aku listkan ya tugas-tugas yang diberikan ama dosen, hhe.

Ø MTL (Matriks dan Transformasi Linier) => Presentasi. Jadi, materi MTL untuk yang sebelum UTS ini ada 6 materi. Jumlah mahasiswa di IF ’11 kelas B ada 54, diputuskan untuk membagi kelas menjadi 6 kelompok pemateri (54:6=9), jadi 1 kelompok ada 9 mahasiswa. Pembagian kelompok didasarkan pada nomor presensi atau NIM. Nah kali ini kelompok penulis mendapat jatah sebagai pemateri bab Matriks. Alhamdulillah c, matriks gak susah-susah banget (gak sesusah yang lain: Vektor; Ruang Vektor dan Subruang Vektor; Kebebasan Linier, Kombinasi Linier, Dimensi, dan Basis; Determinan; dan Invers Matriks). Walau gak begitu susah kami tetap mengadakan beberapa kali pertemuan untuk diskusi (yang biasa kami lakukan di Taman MIPA Undip):

o Pertemuan pertama kami lakukan untuk pembagian tugas yang kami lakukan dengan pengundian sesuka hati (hho, iya sesuka hati, karena jika tidak sesuai dengan subbab kami bisa menukar ke nomor undian lain, hhi ^^V).

o Pertemuan selanjutnya kita minta tolong mbak Anggy Meidamara sebagai tutor kami. Beliau adalah IF ’10 dengan IP 3,8 (subhanallah ya, semoga saia bisa kek beliau *ngarep.com*). Kami minta dijelaskan di titik mana saja yang kami belum paham dan diwaktu yang tersisa kami minta dijelaskan tentang materi MTL yang lain. Kami dijelaskan dengan menggunakan contoh soal dan subhanallah sekali ada 1 motif soal yang beliau jelaskan keluar pas UTS kemaren, yakni menentukan iya/ bukan Ruang vector bagian.

o Next meeting kami adakan lagi untuk prep akhir sebelum presentasi yang ternyata presentasi dilakukan 1 pekan kemudian, yakni kami menjelaskan materi di depan teman-teman 1 kelompok Matriks.

Ø Teknologi Informasi (TI) => selain tugas laporan praktikum tadi, pak Nurdin memberi tugas kepada kami yakni

1. Tugas Bab II. Karena beliau berhalangan hadir maka kami diberi tugas itu. Tugasnya ada di dalam slide Bab II, nih aku copastkan soalnya:

n

Web-based applications such as e-commerce and e-government exemplify the platform shift from client / server computing to Web-based computing.

n Discuss the advantages and disadvantages of a Web-based operating environment!

Untuk tugas ini anggota kelompok bisa memilih sendiri.

2. Tugas Presentasi Subbab Bab 6,7, dan 8. Karena udah mendekati UTS (tinggal 1x pertemuan trus UTS) sedangkan materi yang harus disampaikan masih ada 3 bab, maka kami diberi tugas itu. Pembagian kelompok sesuai kelompok MTL namun 2 kelompok digabung menjadi 1, sehingga yang presentasi hanya ada 3 kelompok. Untuk tugas ini kelompok penulis memdapat tugas Bab 7, kemudian kami memilih subbab 4, yakni Managing Marketing and Sales Systems. Dalam tugas ini dari kelompok penulis yang presentasi adalah Mas Sahid dan sebagai operator adalah Wendi. Untuk kelompok 1-2 atau bab 6 yang presentasi dan operator ialah Indi dan irfan, sedangkan kelompok 5-6 atau bab 8 yang presentasi ialah Garry(presentasi) dan Zaki(operator).

To be continued

Ditulis Oleh : asysya

Artikel AWAL PERKULIAHAN _ TUGAS DOSEN IF UNDIP (INFORMTIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011 ini ditulis oleh asysya pada hari Thursday 10 November 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang AWAL PERKULIAHAN _ TUGAS DOSEN IF UNDIP (INFORMTIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO) 2011 dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron