Buscar

Loading...

EL NINO (ENGLISH UNITED OF INFORMATICS) RELAUNCH @ B103 FMIPA UNDIP

Bismillah… Kakak pemandu penulis (mas Adit) menanyai apakah ikut acara EL NINO. Aku pikir acara itu kek acara debate contest gitu, jadi penulis kurang respek. Tapi ternyata katanya tu materi. Penulis hubungi CPnya, trus dikirimi jarkomnya gini...
Jarkom. Ayo, teman2! Dtglah ke acara el nino relaunch. Minggu, 13 November 2011. Jam 08.30-selesai, di B103, FMIPA. Htm Rp 5.000,00. Fasilitas -Modul -Coffee break -Sticker Ada materi bhs inggris, simulasi debat, & games seru! Pendaftaran bisa ke Krismawan if’10 (08564272****) atau On The Spot.
“InsyaAllah ikut deh”, batin penulis. Paginya, seperti biasalah. Sekitar jam 7.00 qodarullah ngantuk menyapa, dan ternyata kondisi gak begitu fit. Jam 9an penulis sms teman 'materi yang belum disampaikan apa'. Dan ternyata mulainya acara belum lama. Jadilah penulis setelah fit itu menuju ke tkp yakni B103 FMIPA UNDIP. Di depan ruang ada mas Gagat dan satunya kurang tau siapa. Penulis membayar dan registrasi, penulis masuk dan suara mbak Lintang yang empuk, lucu, dan bikin gemes kudengar. Oooo baru Tanya-tanya dan perkenalan tentang EL NINO.
Acara EL NINO Relaunch judulnya ialah “Bersaing di Era Global dengan Bahasa Inggris”. Berdasarkan info yang kuperoleh tadi… o EL NINO merupakan kependekan dari English United of Informatics. Mas Oza(pencetus nama/ founder juga) terinspirasi pada Fernando Tores. o EL NINO akan mengadakan pertemuan 2 kali dalam 1 bulan (pecan pertama dan ketiga) ataupun kondisional. Bisa juga sharing ataupun diskusi terkait dengan hottest news in this month. o EL NINO dilatarbelakangi karena adanya speech contest maupun debate contest yang membutuhkan person yang sudah terlatih. Practice make perfect. ^^ jadi EL NINO ingin agar dia menjadi fasilitator untuk mempersiapkan perlombaan itu.
Setelah Tanya jawab yang sangat seru dengan MC yang lucu selanjutnya ialah pengambilan snack. Acara selanjutnya adalah materi dari Mr. Buna Rizal Rahman. MC dan pembicaranya sangat menarik ,jadi benar-benar suasana fun yang kita rasakan.
Mr. Buna memaparkan 1. Global Issue English for Scientists 2. Funtion of Scientists, Engineers, and Employee 3. Why English? => (1) second most spoken language in the eorld and lingua france in many profession. (2) through the global influence of native English speakers in science and the internet in recent decades.. 4. Perbedaan English untuk MIPA dan Sastra. => MIPA as a tool; sastra as a living 5. How to learn English? => Books, internet, vocabs, talk English, etc. 6. Opportunities. => English Debate, Networking, Add value.
ENGLISH FOR YOUR PROFESSIONAL COMMUNICATION & ACADEMIC FUTURE (Copyright by Hendy Pratama, MA; Language Trainer; Sprecialist) Yang dipresentasikan oleh Mr. Buna Rizal Rahman. Sebelum pemaparan slide demi slide Mr. Buna memberi games pada kami, dan yang ditunjuk adalah mas Dany dan mb Destina. Untuk yang pertama mbak Destina diminta untuk mendeskripsikan gambar yang ada di slide dengan bahasa Inggris, sedangkan mas Dany menggambar apa yang diperintahkan mbak Destina (mas Dany tidak boleh melihat slide, dia harus focus pada intruksi mbak Destina). Sedangkan yang kedua sebaliknya (mbak Destina yang menggambar dan mas Dany yang mendeskripsikan, namun dia mendeskripsikan dengan bahasa Indonesia). Gambar yang dibuat mas Dany mendekati benar, sedangkan mbak Destina lebih mendekati benar. *Yeee, #plok-plok-plok ^^* waktu yang dibutukan dalam game pertama yakni sekitar 4 menit sedangkan untuk game kedua satu menitan, hal ini menandakan
perbedaan bahasa agak memperlama pengolahan pesan.
*hhe, semoga paham apa yang kumaksud XD* Kemudian dipaparkan pentingnya belajar English terutama sekali *gak efektif ^^V* bagi yang ingin melanjutkan study ke University of Oxford, MIT, dan Harvard University, serta diperlihatkan persayaratan-persyaratan untuk bisa masuk ke sana. Setelah itu dijelaskan juga tentang Brain Storming. Kemudian dijelaskan
kenapa ada kesulitan dalam listening (seperti itu), nah itu karena sistem pembelajaran English di Indonesia yang lebih dominasi input mata daripada input suara.
DEBATE SEMINAR Berisi materi-materi tentang debat khususnya debat bahasa Inggris. Sebelum pemberian materi dari Mr. Buna, kami (peserta) diberi modul yang berisi pengetahuan tentang “Debate Technicality_Australasian Parliamentary Debate System_”. Oya sebelum acara (pas regstrasi) kami juga diberi stiker berwarna orange dengan tulisan EL NINO English United of Informatics. Oya, hampir selesai ada juga
game dari Windows 8. Lucu sekali, jadi tu ada hewan jalan menuju suatu tempat, di tempat itu ada seseorang, nah di sebelah kiri kita disediakan 3 huruf, kita diminta untuk menyusun menjadi suatu kata dalam bahasa Inggris, semakin panjang skor semakin banyak. Kalau kata yang kita input ada dalam bahasa Inggris maka hewan-hewan yang berjalan itu akan hancur. Tugas kita mencegah hewan-hewan itu sampai ke ujung dengan menghancurkannya via kata English itu, jika (hewan itu) sampai di ujung maka game over.
Selain itu waktu setelah pemberian snack kita nonton film bareng. Oya, dari
mas Oza ada game Hang Man, jadi kita disediakan underscore (terserah mau bikin berapa underscore, underscore tersebut bertujuan untuk menyusun kata/vocab dalam bahasa Inggris). Kita diminta menebak satu huruf, jika benar maka akan ditulis, namun jika salah maka akan digambar garis vertical (sebuah tiang), jika salah lagi digambar garis horizontal di paling atas garis vertical (sebuah gantungan), dan jika salah lagi akan digambar seperti manusia, jadilah manusia yang digantung. Hhe
Itulah cerita tentang kemaren, sueruu deh pokoknya. Apalagi MC(mbak Lintang) juga interaktif dan lucu. Yang paling heboh ya game dari Windows 8 itu, jos banget-lah, gayeng(baca: rame) jadinya. Beberapa orang termasuk penulis mencoba game itu. Hhe Setelah serangkaian acara itu, kami yang hanya sedikit berfoto bersama di depan slide dengan background pamphlet EL NINO. Kemaren tu yang datang ada mas Oza, mas Hans, mbak Lintang, mas Dany, mbak Destina, mas Gagat, mas _kurang tau_, mas _kurang tau_, mas Renold, mbak _kurang tau_, mbak Yudith, terus 2011 ada Indi, Fifa, Arif, Mila, Dilla, dan aku (perasaan ni nama udah pada aku tulis, hhe…). Setelah foto bersama, kami pulang. XD oya nanti follow upnya ada latian rutin gitu, tapi waktunya menyusul (melihat sikon, hhe). Acara sangat fun, interesting, n exciting (cmiiw ya kalo tulisannya salah, hhe). ^^ jadi insyaAllah(bukannya insyaAllah lagi dink, kan udah terjadi, hhe) gak kalah sueru ma acara KBB (Khitanan Bareng-Bareng) dari HMIF Divisi Sosial dengan tema "Bakti Sosial Menuju Sunnah" dengan anak jalanan Satoe Atap (ahad, 13 Nov 2011 jam 9.00-12.00 WIB) di Kelurahan Seroja (Belakang Matahari Simpang Lima).

Ditulis Oleh : asysya

Artikel EL NINO (ENGLISH UNITED OF INFORMATICS) RELAUNCH @ B103 FMIPA UNDIP ini ditulis oleh asysya pada hari Monday, 14 November 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang EL NINO (ENGLISH UNITED OF INFORMATICS) RELAUNCH @ B103 FMIPA UNDIP dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron