SEMNAS; KUPAS TUNTAS NUKLIR DI INDONESIA

Bismillah..

akademis oke, tapi pelatihan penunjang akademis itu perlu. So, hadirilah SEMINAR NASIONAL NUKLIR yang diadakan oleh mahasiswa mipa yang kreatif dan peduli tentang teknologi dan sains. acaranya tanggal 18 september 2011 jam 08.00 WIB di gedung soedharto menghadirkan mentri ESDM, BATAN, dan BAPETAN. pendaftaran sudah dibuka, putra hubungi 081901646266 (amin) dan putri via (085740554054). segera mendaftar kuota terbatas. biaya pendaftaran cuma 30ribu fasilitas snack, makan siang, dan sertifikat. kapan lagi semnas semurah ini bertaraf nasional. ayo pada ikutan, buat yang mau tau lebih jauh tentang nuklir terutama di indonesia kita tercinta. presented by KAMMI KOMFAK MIPA, KASIFA UNDIP, HM TEKNIK LINGKUNGAN

September 8 at 2:44pm

Aku temui tulisan di atas di grup MIPA UNDIP. Aku juga bingung c mau datAng ato nggak. Tapi aku juga gak ada kegiatan. Ya udah deh aku memutuskan untuk ikut.

Di hari yang lain aku mendapat SMS seperti ini:

Ayo HADIRILAH!!! ayo HADIRILAH!!! APA YANG ADA DI BENAK KALIAN2 SEMUA TTG NUKLIR??!! TRAGEDI KAH??!! ATAU SEBUAH TEKNOLOGI MASA DEPAN??!! HADIRILAH SEMINAR NASIONAL NUKLIR!! JUST 30 RIBU GAN!! DAN KALIAN BAKALAN DAPETIN ILMU YANG SANGAT BERMANFAAT!! ADA SNACK DAN MAKANANNYA JUGA LHO! JUST 30 RIBU!! PEMBICARANYA??? PAK MENTERI, PAK DEKAN, DAN PARA AHLI NUKLIR INDONESIA!! TUNGGU APA LAGI!! AYOOO HADIR GAN!! JAM 7.30 SAMPE SELESE DI GEDUNG PROF SUDHARTO!! HARI MINGGU 18 SEPT 2011!! beli tiketnya bisa ke gw/saya/aku/ana murah ko cuma 30 ribu, dateng yaaaaaa!!!

Tiket kubeli dari teman yang mengirimi SMS itu. Temenku juga nitip. ^^

Ahad, 18 September 2011 aku ke kampus tepatnya ke gedung Prof Sudharto. Kuparkirkan motor dan menuju depan pintu gedung. Registrasi kami lakukan, dan bolpoint, block note, stiker, snack, dan co card kami peroleh. Sembari menunggu kami melihat-lihat buku dari sponsor Gramed.

Aku membeli buku dengan judul Dasar Informatika dan Ilmu Komputer. Setelah itu kami memasuki ruangan. Seminar diawali dengan pertanyaan MC pada peserta “Apakah nuklir itu?” beberapa orang maju untuk menjawab pertanyaan itu.

Moderator dibacakan CVnya, kemudian naik podium. Moderator pertama yakni Kak Barry dari jurusan Biologi Undip. Selanjutnya ketiga pembicara di bacakan pula CVnya. Beliau adalah bapak Sriyana, bapak Eko Madi Parmanto (Kepala Bidang Promosi PDIN BATAN), dan bapak Reno Alamsyah (Diretur Perizinan Instalasi dan Badan Nuklir BAPETEN).

Setelah naik podium, kami mengetahui nuklir itu bagaimana.

Nuklir tidak hanya dimanfaatkan dalam pembangunan PLTN, namun berbagai bidang (Kesehatan, Pertanian, Peternakan, Energi, Industri, Pengawetan, Geotermal, dan SDA) juga memanfaatkan nuklir.

Badan tentang nuklir pun diperkenalkan pada kami, yakni ada BATAN (BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL) dan BAPETEN (BADAN PENGAWAS TENAGA NUKLIR). Dan untuk lebih mengetahui tentang nuklir bisa diklik INFO NUKLIR.

Setelah pemaparan tersebut, peserta yang ingin bertanya dipersilakan bertanya. Kebanyakan yang bertanya anak Teknik Lingkungan dan Teknik Kimia, hhe terkait dengan bidang yang mereka geluti. ^^ selain itu ada juga anak Teknik Elektro dan Fisika yang bertanya.

Setelah itu ISOMA. Dan selanjutnya materi lagi dari Dekan FMIPA Undip, bapak Muhammad Nur, DEA. Setelah pemaparan dan tanya jawab singkat, dimulai lagi pengajuan pertanyaan dan penjelasan oleh bapak Nur. Moderator kedua yakni mahasiswa Teknik Lingkungan.

Acara ini sangat informative bagi saya sendiri yang masih awam dengan nuklir. Penjelasan yang secara umum masih saya butuhkan. Dan informasi spesifik sangat saya perlukan. Seminar seperti ini sangat bermanfaat untuk kami. Tapi juga harus diperhatikan sasarannya (kompeten di bidang ini atau belum) juga pembicaranya. Untuk orang perkenalkan saja yang masih umum, dan untuk yang menguasai bidang ini diperkenalkan ke hal yang lebih dalam dan mengerucut. Jadi bisa tepat sasaran dan sesuai porsinya masing-masing.

Ada juga pembagian doorprize. Jam 3 acara ini sudah selesai. =)

Ditulis Oleh : asysya

Artikel SEMNAS; KUPAS TUNTAS NUKLIR DI INDONESIA ini ditulis oleh asysya pada hari Monday 19 September 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang SEMNAS; KUPAS TUNTAS NUKLIR DI INDONESIA dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron