STORIES & TIPS; KEUANGAN ANAK KOSTAN (PART 2)

Tips Mengatur Keuangan Buat Anak Kost Bismillah.. Tadi ada yang mesej via FB , dia nanya gini…
Assalamualaikum mb Masdhi :) Ada tips mengatur keuangan buat anak kost ga mb?soalnya aku merasa blm bsa mengatur keuangan. Kalo ada tlong dishare ya mb..mkasih :)
Hmm, aku rada kaget, wew kok nanya kek gini ke aku yang juga masih newbie dalam bidang perkostan (hlo? Bikin instilah ndiri nih ^^V) . secara aku ngekost juga Cuma kurang dari 1 tahun di Wisma Melati Semen, hhe, pasalnya nih kostan depannya udah bukan Melati lagi, tapi udah semen-semen gitu deh. Hmm.. itu pun aku ngekost hanya 2-3 hari kecuali kalo ada event-event tertentu. Gimana ya jawabnya ni pertanyaan. Karena aku juga belum begitu ngeh, seperti biasa aku bikin stat di FB; tentang pertanyaan ini. Alhamdulillah ada masukan bagus-bagus. ^^ Komen yang berkesan tu ini..
A K Prinsip dasar 1. Ngerti perbedaan keinginan dan kebutuhan 2. Menempatkan kondisi sesuai prioritas :: penting-mendesak, penting-tidak mendesak, g penting-mendesak, g penting-g mendesak. 3. Pengendalian diri terhadap anomali/fatamorgana poin 2. Terutama prioritas g penting-mendesak. Kalo g kuat iman, bisa2 berubah jadi penting-mendesak ::Teknis:: 1. sisihkan 10% dari 'pendapatan' 2. sisihkan duit utk dana tak terduga. 3. kalo mo niat, buat satu rek lagi tanpa dibuatin ATM dan nggak diaktifkan fitur m-banking/sms-banking. Biar nggak gmpang dibocorin. 4. puasa senen-kamis. Kalo bisa puasa Daud. Ngirit+ibadah. :D Apalagi kalo makannya muith doang. Ngatrol duit banget tuh. 5. Sedekah, biar rejekine rodo lancar. 6. Punya muka tebal dan tak tau malu. Tiap akhir pekan, banyak kondangan di hotel2. Modal pakean rapi aja, udah bisa makan enak dan gratis. Ini juga ngatrol duit banget. (*Langkah ini tidak wajib. Pilihan saja) :D 7. dan masih banyak lagi.....
Hmm, binun juga menuliskan tips-tips mengatur keuangan anak kost. Hhe.. aku mulai aja ya ^_^ CMIIW.. (tulisan dibuat beberapa hari yang lalu) Itu tips dari Mas AK. Aku tambahin aja ya.. Tips Tambahan.. # Kalau mau belanja, tetapkan apa saja barang yang akan kita beli(lakukan pencatatan). Barang yang dibeli merupakan barang yang kita butuhkan, bukan barang yang hanya laper mata doank ato hanya sebagai estetika. Ini terkait dengan menetapkan prioritas. Beli yang dibutuhkan dan segera tinggalkan swalayan/took/mall jika barang yang kita butuhkan sudah di tangan semua. Jika berbelanja siapkan uang pas, atau lebih sedikit (jaga-jaga aja). # Kalau mau, lakukan pencatatan pengeluaran kita 1 bulan. Ya untuk pengukuran, penetapan, dan prediksi aja untuk bulan selanjutnya. # Tahan diri dengan hal/barang yang kurang diperlukan. Jika kita berbelanja/ ada barang-barang cantik yang melambaikan tangannya ke kita, sedangkan kita tidak membutuhkan barang itu (sudah punya) tahan diri untuk tidak membeli. Adakah yang mau menambahi.. kita persilakan ^^

Ditulis Oleh : asysya

Artikel STORIES & TIPS; KEUANGAN ANAK KOSTAN (PART 2) ini ditulis oleh asysya pada hari Sunday 25 September 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang STORIES & TIPS; KEUANGAN ANAK KOSTAN (PART 2) dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron