♥ FIRST DAY PPMB (PROGRAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU) ♥

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Bismillah..

Tanggal 22 Agustus 2011 pun menyapa. Sekitar jam 5 penghuni grup IF Undip 2011 udah berceloteh akan pakaian yang kita kenakan. Hhe, ada yang bilang kayak waitress dan kayak mau PPL. Hmm, menanggapi mereka aku hanya senyum-senyum saja. *senyum sedikit ngakak, hhe*

Dengan jilbab (jadi) berwarna putih dengan bunga sedikit, rok hitam menjuntai hingga menyapu lantai *hhe, pasalnya agak kepanjangan nih Gan*, ikat pinggang tak lupa, kaos kaki putih bawahnya bu-abu, sepatu hitam denan bunga sebagai penghias, jaket, helm, sleyer, dan tas berisi buku-buku (PERAK-peraturan akademik-, Panduan, Agenda, buku catatan) berangkatlah aku bersama Om Pon menuju TKP yakni Stadion Undip yang letaknya dekat RuSuNaWa(Rumah Susun Sederhana Mahasiswa Sewa).

Dari Pospogiwang lenggang masih terasa, namun mendekati Undip jalanan menjadi padat merayap. Para pengantar maupun yang membawa sepeda hanya diizinkan membawa sepeda hingga RuSuNaWa. Setelah itu aku berjalan menuju dalam stadion. Tenyata di sana sudah banyak yang hadir. Aku menuju barisan A, mengenakan topi, dan berbaris di sana sesuai aba-aba.

Upacara di awali dengan gladi bersih, selanjutnya upacara yang senyatanya. Upacara dilaksanakan dengan khidmat dan sedikit humor dari rector menyisipinya.

Setelah upacara selesai, kami berkumpul menuju bendera sesuai fakultas, kalo aku di bawah bendera Abu-abu yakni bendera FMIPA. Dan benarlah kami yang nggak membawa sepeda berjalan di atas sepatu hitam yang berdebu itu. Hhe, tapi kalau diiringi bercerita tak terasa kamipun sampai di depan Dekanat FMIPA.

Kami diminta berbaris sesuai jurusan dan prodi masing-masing. Kemudian diumumkan pembagian kelas untuk kami. Aku menempati ruang B 103, segera aku ke sana.

Di sana (setelah kuhitung) ternyata ada sekitar 100 meja dan kursi. Bershof ada 5 dan ada 10 banjar, dikalikan 2.

Pertama kali masuk seperti biasa perkenalan dan kami diberi yel-yel, yakni

kalau kakaknya bilang SCIENTIST MUDA BANGSA!! Kita menjawab MIPA UNDIP JAYA!!! ^_^

Kemudian kami diminta mencatat isi slidenya tentang Debat Ilmiah yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2011 pukul 13.00-15.30 WIB saat workshop kompetensi Mahasiswa dan AMT. Debat ini dilakukan oleh masing-masing kelas yang terdiri atas 6 kelas dan akan menentukan juara dimasing-masing kelas. Masing-masing kelas dibagi menjadi 8 tim debat. Masing-masing tim debat akan diwakili 3 jubir. Alhamdulillah, tak begitu susah mosi untuk kelompokku, yakni Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Negatif Bagi Perkembangan Anak atau Remaja.

Selain Debat Ilmiah, ada juga tugas untuk membuat something dari bahan bekas. Pengumpulannya dilaksanakan maksimal pecan kedua bulan Oktober.

Setelah catat mencatat bapak Ahmad Suseno atau yang biasa dipanggil Pak Seno menjelaskan kepada kami tentang PERAK (PERauran AKademik).

Dilanjutkan dengan pembahasan AKSES PERPUS dengan narasumber yang berbeda. Hhe sebenernya nulis materi yang disampaikan mau-mau aja, tapi waktu gak cukup Gan. Ya udah aku Cuma bisa nyatet dikit. Jujur, kalo pembicara tentang tema ini lucu banget orangnya, gokil gitu rasanya di jelaskan oleh beliau. Untuk akses perpus –kalau di dumay alias dunia maya- bisa dikunjungi di http://digilib.mipa.undip.ac.id dan http://lib.undip.ac.id.

Selanjutnya diisi mengenai SIA (Sistem Informasi Akademik) oleh bapak Sidiq tentang KRS, KHS, dkk.. Mengenai SIA bisa diakses di http://sia.undip.ac.id.

Di hari pertama ini selain materi kami juga ada ice breaking, berupa slide tentang Andi Law yang menggambarkan suatu kondisi keterabatasan (patah kakinya) namun dia tidak begitu saja menyerah pada keadaan melainkan dia berusaha bangkita dan berjuang melawan kondisinya itu, dia mencoba berlari meski terseok-seok di hutan.

Selain itu ada juga ice breaking kita disuguhi gerakan yang harusnya kita ikuti, hhe maaph ya Kak kalo tanpa penghayatan kitanya. Lagunya Tralalala gitu. Hmmm…

Di setiap sesi kita dipersilakan bertanya jika ada hal yang belum jelas.

Setelah selesai acara yakni jam 3 sore lebih dikit kami dipersilakan pulang. Oia, sebelum itu ada pembagian kelompok dan pemandu untuk tugas Debat Ilmiah dan membuat produk dari barang bekas itu. Kalo dikelompokku ada 13 anak c, kalo yang lain ya paling sama.

Imo, over all acaranya bagus, ada humornya, ada ice breaknya, materi yang berguna banget, dkk, ehmmm,,, ditingkatkan lagi aja deh terutama humor dan ice breaknya. Mungkin karena waktunya yang gak lama ya, so acara juga sebentar-sebentar. Satu lagi, kalau dah selesai acaranya kita dikasih soft copynya donk, biar kalo kita butuh, sewaktu-waktu bisa dibaca di rumah. Hhe ^_^ Senang juga bertemu teman-teman dari berbagai daerah dan berbagai logat, hhe #peace

Keknya untuk hari pertama itu aja deh, untuk yang mau menambahi silakan kasih komen ya. Yang ngritik ato kasih masukan jugak boleh. Hhe ^^

Ditulis Oleh : asysya

Artikel ♥ FIRST DAY PPMB (PROGRAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU) ♥ ini ditulis oleh asysya pada hari Wednesday, 24 August 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang ♥ FIRST DAY PPMB (PROGRAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU) ♥ dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 comments:

eyin

Menyenangkan, melelahkan, membosankan, penasaran ma tmen2, deg2n kalau d'apa2in.

Dhee

hhe, emang diapain Eyin syg ^^ iya nih masih penasaran ama temen-temen..

melelahkan cukup ^^

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron