Buscar

Loading...

♥ BELAJAR DARI GRUP FB; GRUP MARU IF UNDIP 2011 ♥

Bismillah..

Kemaren udah buat postingan tentang grup fb secara umum kini kita lebih spesifik. ^^

Setelah ada grup Maru UNDIP dan orang-orang IF di UNDIP, aku kepikiran apa gag ada ya grup IF UNDIP 2011? Berselang beberapa hari, di grup maru UNDIP itu ada yg posting akan hadirnya grup maru if undip 2011, segera aku ke tkp grup itu.

Aku ke sana kutemui admin dan member 1 biji (ups,, satu orang maksudnya ^^). Wah aku jadi anggota ketiga nih. Pertama kali aku posting blogku, hha biasa promosi. Tidak mendapat respon, ada yang posting akun-akunnya, aku komen di situ, trus malah kayak exchange link hhe.. ^^

Dari grup itu aku temukan teman-teman seangkatan di prodiku. Dan ternyata banyak juga yang jadi blogger, mereka adalah Fifah, Risang, Wendi, Izal,dan Ervan, mungkin ada lain lain lagi Cuma belum menunjukkan giginya aja. Hhe

Alhamdulillah, grup itu bisa kita jadikan wadah informasi kita, mulai dari sekarang hingga kelak. Kalo ada apa-apa yang berkaitan IF UNDIP ’11 bisa dishare di situ. ^^

Makin banyak aja nih grupku. Tak apalah, semoga bisa diambil pelajaran seputar pergrupan. Hho..

Jadi ngelola grup itu harus pinter-pinter juga, mengambil pelajaran dari grup-grup yang udah ada. Misalnya aja nih, untuk awal-awal dibuat rules atau ketentuan-ketentuan seputar grup, biar gag terjadi something wrong, penyusup, pembuat olah, dan kawan-kawannya. Kalau sang admin tegas, dan memberi contoh yang baik, insyaAllah member juga akan segan nbin sungkan untuk berbuat yang enggak-enggak ataupun asal post.

Usahakan kalau posting, dibuat suatu tema, yang kita bisa mendiskusikan semua yang berkaitan dengan itu.

Oiya, bagi member baru, usahakan membaca postingan hingga yang paling dasar, itu bisa membantu kita memperoleh informasi. Alias baca dulu baru Tanya. Hal itu bisa menghindari postingan berulang untuk satu tema. So, nanti grup itu bener-bener efektif dan efisien.

Buatlah dokumen yang bisa kita jadikan acuan sewaktu ada keperluan. Membuat dokumen link-link web, rules, anggota, dsb, yang bermanfaat dan itu sangat dibutuhkan. Untuk materi-materi yang kurang dibutuhkan diposting ada, kalo ditaruh di dokumen nanti dokumen-dokumen penting bisa tenggelam.

Buat grup dengan spesialisasi. Nah ini bisa membantu kita menemukan rekan-rekan yang sejenis dengan kita, maksudnya teman-teman dengan hoby sama, satu fakultas, satu jurusan, dan sejenis nyalah. Grup dengan anggota sedikit kadang akan menimbulkan kesepian di grup, terlalu banyak anggota akan semarak dan sangat ramai. Enakan grup yang sedengan, dengan anggota yang sedang dan postingan yang berguna serta informative.

Untuk teman-teman yang ada ide atau masukan gimana jadi admin dan member yang baik di grup share di sini ya.. hhe ^^ Komen aja..

Dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhuma, mereka berdua berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,”Jika ada tiga orang yang keluar hendak bepergian, maka hendaklah mereka menunjuk salah seorang dari mereka sebagai pemimpin.” HR Abu Dawud. Syaikh Salim bin Id Al Hilali berkata,”Dikeluarkan oleh Abu Dawud no. 2.608 dan 2.609 dengan sanad hasan.” Lihat Bahjatun Nazhirin (2/201).

Ditulis Oleh : asysya

Artikel ♥ BELAJAR DARI GRUP FB; GRUP MARU IF UNDIP 2011 ♥ ini ditulis oleh asysya pada hari Saturday, 13 August 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang ♥ BELAJAR DARI GRUP FB; GRUP MARU IF UNDIP 2011 ♥ dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron