Buscar

Loading...

REVIEW KULIAH IF UNDIP SEMESTER II 2011/ 2012

Bismillah...
Hmm, udah mau masuk aja nih. Ini adik-adik Undip lagi PMB. Waa jadi teringat PMB tahun lalu: di sini, ini, dan di sana. Kali ini penyusun pengen criting-criting tentang mata kuliah-mata kuliah yang penyusun ambil Semester II di Informatika Undip 2011-2012. Setelah dulu pernah cuap-cuap tentang Tugas-tugas Semester I.

Di Semester II kemaren penyusun (alhamdulillah) bisa ambil 24 SKS. Penyusun berharap semoga nilainya gak dikonversi ke kurikulum baru, tapi jika dikonversi ya sudahlah, hhe. Inilah mereka Mata kuliah- mata kuliah yang penyusun ambil di Semester II:

1.       PAI (Pendidikan Agama Islam) [Muhyidin M. Ag.]. Kurikulum 2007 jumlah SKSnya 3 namun setelah dikonversi jadi 2 SKS (saja). Pada makul ini dosen sebelum dan setelah UTS gak ganti alias Pak Muh terus. Hmm, pas UTS dan UAS menurut penyusun relatif sulit c (^^V gak belajar c, hhe). Pas UTS ada materi yang gak ada di referensi belajarnya, tapi ada di catetan dari jurusan lain (temen kost penyusun anak FKM, nah pinjem catetannya deh, ee malah keluar, hhe). Setelah UTS itu ada hafalan (Al Qur'an). Pas awal-awal bapaknya jelasin, terus pertemuan selanjutnya dilanjutkan diskusi gitu deh. Tapi sayangnya kalo ada yang telat 30 menitan ntar disuruh nyanyi, hho. Untuk makul ini penyusun ngarep open Book gitu, eee ternyata kagak. Hmm.. Materi PAI: Konsetp Ketuhanan dalam Islam, Hakekat Manusia menurut Islam, Keimanan dan Ketaqwaan, Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Umat, HAM dan Demokrasi Islam, Sistem Politik Islam, Sistem Ekonomi Islam, Iptek dan Seni dalam Islam, Kebudayaan Islam, Kerukunan antar Umat Beragaman, serta Etika, Moral, dan Akhlak.

2.       RD/ Radig (Rangkaian Digital) [Drs. Kushartantya, MIKomp dan Sutikno, ST, M.Cs]. Nah kalo kurikulum yang baru namanya Logika dan Sistem Digital, SKSnya dari 3 SKS jadi 4 SKS. Kalo sebelum UTS masih mending, kek LI (Logika Informatika) tapi setelah UTS ya lumayan susah. Sebenarnya lumayan enak c RDnya, lha Open Book, terus soalnya hampir sama ma yang dikasihkan di kelas, tapi penyusun ambil enaknya c (ambil yang soalnya dikit, di kelas B), jadinya hasilnya gak maksimal. Dulu itu Pak Kus beberapa kali ngasih soal, sedangkan kalo Pak Tikno 2 kali. Soal pertama pake bahasa Inggris dan soal kedua yang dipake buat UAS itu(motifnya), hhe. Kalo pengen materi dari Pak Tikno coba mampir aja ke siniMateri RD sebelum UTS (dari Pak Kus): Teori Himpunan, Sistem Bilangan dan Bilangan Biner, Aljabar Boole,  danPenyederhanaan Fungsi Boole. Kuliah ini praktikumnya bikin rangkaian kek gitu, hhe, ada responsi pula.

3.       MD/ Matdis (Matematika Diskrit) [Dra. Indriyati, M.Kom dan Drs. Suhartono, MKomp]. Makul ini namanya jadi Struktur Diskrit, yang dulunya 3 SKS jadi nambah 1 SKS. Kalo sebelum UTS lumayan enak Open Book dan ada 1 tugas, namu setelah UTS Closed Book dan ada 1 tugas juga(eh kalo kelas B ada 2 tugas dink). Abis UTS bahas Graf dan Tree, kalo sebelumnya bahas Himpunan, Relasi dan Fungsi, Teori Bilangan, dan Induksi Matematika.

4.       KWN (Pendidikan Kewarganegaraan) [Dra. Anna Irhandaningsih]. Pas awal c sempet galau nentuin waktu kuliah, hhe. Tapi yaudah deh diambil ya sama-sama klik aja, meski waktunya dikit dan si ibu juga beberapa kali gak masuk. Perkuliahannya diisi dengan diskusi. Materi KWN: Identitas Nasional, Demokrasi Indonesia, Negara dan Konstitusi, HAM, Rule of Law, Hak dan Kewajiban Warga Negara serta Negara, Geopolitik Wawasan nusantara, Geostrategi Indonesia Ketahanan Nasional. Nah kalo makul ini kita diminta presentasi mengaitkan topik-topik di atas sama fakta yang ada di masyarakat, jadi nyari masalah/ kasus gitu deh, hhe. Oya ini kalo di kelas B, sedangkan kalo di kelas A juga ada presentasi, dan enaknya pas ujiannya Open Book, dosennya Sri Rahayu Wilujeng, SH, M.Hum, kalo kelas B mah Closed Book, mengarang bebas, tapi yang jadi kendala penyusun sendiri binun gimana mau dikarangnya, hha. Ya sutralah. Dulu dan sekarang sama saja yakni 3 SKS. Sempet binun juga mau belajar yang mana, ternyata ibunya berpegang pada buku Pak Kaelan, sebelum UTS belajar dari situ tapi abis UTSnya itu yang binun, hhe.

5.       ISBD (Ilmu Sosial dan Budaya Dasar) [Bapak Slamet Subekti dan Joko Wasisto, S. Kar]. Hmm, jadi gini, di kelas B pesertanya kurang memahami intruksi dosen, tugas yang harusnya dalam bentuk hard file eee mahasiswanya nyangka softfile, si bapak gak mau ngasih toleransi ya sutra presentasi dibatalkan, eh sebelumnya tu harusnya semua peserta ngumpulin diskusinya hari itu juga, tapi yang siap ngumpulin Cuma 1 kelompok yakni kelompok pertama. Abis itu bapaknya gak masuk 2 kali, kita dikasih tugas bikin artikel dan artikel itu sebagai bahan UAS. Padahal kelas A enak ujiannya pake materi presentasinya. Abis itu masih dikasih tugas bikin makalah lagi. Ohh.. ada beberapa pelajaran yang penyusun petik dari sini, hhe. Sekarang jadi makul Masyarakat dan Etika Profesi, dulu 3 SKS sekarang 4 SKS.

6.       AP/ Alpro (Algoritma dan Pemrograman) [Drs. Eko Adi Sarwoko, Mkomp dan Pak Adi Wibowo]. Waa makul paling sulit (imo). Semoga dengan berjalannya waktu penyusun diberi kemudahan untuk memahami materi kek gini, aamiin. Panduan belajar ni makul tu bukunya Bu Inggriani liem. Sebelum UTS ada beberapa tugas, itu pun terserah mau ngumpulin ato gak, tapi ya kita tetep ngumpulin lah, hhe. Abis UTS tugasnya ngetik ulang dari buku How to Program karangan Deitel, abis itu ada tugas lewat grading, hho. Di kuliah ini praktikumnya bikin program, hho. Sebelumnya 3 SKS dan sekarang 4 SKS.  

7.       Olahraga [Bu Endang]. Ada tiga olahraga yang digunakan untuk tes ada pernah juga permainan aja. Ketiganya ialah Senam (SKJ 2008), Renang, dan Lari 2,4 km. Penyusun bandel c, jadi gak ikut Renang. Pasalnya pelatihnya bapak-bapak, tempatnya pun terbuka gitu, tapi alhamdulillah sang ibu masih berbaik hati mau ngasih nilai, hhe. Sebelumnya 0 SKS ee sekarang 1 SKS.

8.       Matematika II [Lucia Ratnasari, S. Si, M. Si dan Drs. Kushartantya, MIKomp]. Materi Mat II: Fungsi Dua Variabel dan Tiga Variabel, Turunan Parsial, Integral Lipat Dua, Integral Lipat Tiga, Persamaan Diferensial Biasa, Transformasi Laplace, Fungsi Gama dan Beta. Sebelum UTS alhamdulillah rutin ada tugas dan setelah UTS ada tugas juga, dan dari tugas-tugas itu soal UASnya diambil, hhe. Selain itu ngambil dari soal tahun lalu juga.

9.       STI/ Sosti (Sosioteknologi Informasi) [Ragil Saputra, S. Si, M.Cs dan Nurdin Bahtiar, S. Si, MT]. Sekarang namanya jadi Kecakapan Antarpersonal dengan jumlah SKS yang berkurang jadi 2 SKS. Materi STI: Pendahuluan STI, Penerapan TI di berbagai bidang (Pemerintahan-eGoverment, Perekonomian-eCommerce-eBanking, Pendidikan-eLearning, Social Community-Web-Forum-Social Network-dll), Kejahatan komputer (dalam bidang TI), Etika dan Kode Etik dalam dunia TI, UU ITE, UUHC, dan Open Source.
Dan ini dia Catatan Semester II: 1. Pahami karakter dosen!
2. Pahami instruksi dosen!
3. Jika ada tugas kelompok pastikan semua kelompok memahami apa penugasannya (teknisnya, hingga detail-detailnya)!
4. Jika ada masalah, pikirkan dan lakukan upaya 'kreatif' untuk meluluhkan hati dosen! (Sehingga tugas tetap bisa dikumpulkan.) 5. Mat II abis UTS (Pak K*s)  = hafalan ^^V
6. Jangan mengambil risiko termudah ketika mengerjakan tugas kuliah, ambillah risiko tersusah, sehingga jika kita dihadapkan pada hal semacam itu, kita sudha terbiasa

Ditulis Oleh : asysya

Artikel REVIEW KULIAH IF UNDIP SEMESTER II 2011/ 2012 ini ditulis oleh asysya pada hari Monday, 27 August 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang REVIEW KULIAH IF UNDIP SEMESTER II 2011/ 2012 dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 comments:

outbound Malang

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

owner

Salam sukses juga, hhe..
InsyaAllah Gan.
Ke TKP dah, hhe..

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron