Buscar

Loading...

Musim UTS yang Menyenangkan : Belajar Bareng/ Kelompok

Bismillah
Waa.. lama gak update blog ini, hhe. Maap ya. Saat ini lagi musim UTS nih. Pada sibuk (sedikit-sedikit fesbuk) belajar XD

UTS itu bikin seneng soalnya saat itu bisa ngerasain suka duka jadi mahasiswa, suka kalo bisa ngerjain, dan enggak kalo sebaliknya. Keknya tu jantung kerja banget, kan adrenalinnya terpacu, apalagi kalo ada tugas bikin makalah atau apa, effortnya tambah dah =) Rasanya tu bener-bener hidup, kita bisa merasakan force, effort, dll, jadi berasa banget dah =)  Saat itu rasa membutuhkan juga kental banget. Mahasiswa satu yang belum bisa makul ini, mahasiswa lainnya yang belum paham makul itu, bisa sharing. Kebersamaan dan kekeluargaan di sini mulai tertempa. Hhe, tapi gak tau ding kalo musim ini dah kelar, bakal bisa bareng-bareng lagi atau enggak. Di sini pulalah nampak bahwa kita adalah makhluk sosial, yang saling membutuhkan antara satu dan lainya. Senang jika bisa berbagi dengan yang lainnya. Kalo kita ngajari yang lain itu biasanya kita akan jadi lebih paham juga. Hhe. Oya, >= 2 otak itu lebih kuat daripada 1 otak. Maksudnya jika suatu permasalah itu hanya dipikir oleh satu orang itu gak sebagus kalo masalah itu dipecahkan oleh beberapa orang. Makasih kawan-kawan yang udah menceriakan, hhe. 

Nah coba kita list deh apa manfaat belajar bareng/ belajar kelompok:

1.      Menempa kebersamaan dan kekeluargaan. Kan merasa senasib sebagai mahasiswa yang musti belajar dan sepenangungan yakni memepertanggungjawabkan ilmu yang tlah diajakan pada kita, ilmu itu masuk atau enggak, hhe
2.      Berbagi itu indah. Nah di sini kita juga belajar berbagi, berbagi ilmu yang kita peroleh melalui menjelaskan ke orang lain, maupun berbagi catatan untuk dikopii atau lainnya.
3.      Nambah point plus. Ketika kita jadi yang ngajari, maka kita akan semakin paham materi. Ketika kita jadi yang diajari, prosentase kita belajar juga akan lebih daripada mereka yang gak belajar.
4.      Dimudahkan kelaknya =) Jadi keinget ada
“Barangsiapa meringankan beban orang yang berada dalam kesulitan, maka Allah akan meringankan bebannya di dunia dan di akhirat”. (HR. Muslim, no. 2699)
5.      Memperluas jaringan. Kalo kita belajar bareng kan temen-temen kita nambah, gak Cuma itu-itu aja. Ada yang adik tingkat adapula kakak tingkat. Rasanya sama aja ketika kita punya ilmunya tapi kita gak sharing ke orang lain, kan bermanfaat kan, ilmu itu Cuma bermanfaat untuk kita. Hmm.. Padahal kalo dipikir-pikir daripada kita ribet dan repot kelak mending kan kita cicil sekarang. Ketika kita bisa memahamkan orang sejak awal maka follow up-nya usaha kita gak perlu ekstra banget, karna dia udah nyicil memelajari =)

Nah coba kita list juga tips belajar bareng/ belajar kelompok:

1.             Siapkan materi dan soal yang mau dipelajari serta perkirakan ada tutornya.
2.             Lebih bagus lagi kalo kita mau mempelajari materi terlebih dahulu trus kita baru nanya apa yang masih dipertanyakan.
3.             Pilihlah kawan yang kondusif untuk diajak belajar, biar fokus, efektif, dan efisien. Kawan yang rame bisa juga c biar mencairkan suasana. Tapi kawan ntar ngefeknya ke kepribadian kita, hhe.
4.             Bikin janjinya yang jelas. Kasian salah satu pihak kalo ada miskomunikasi. Kalo bisa ada satu orang yang ngoordinir untuk belajar bareng, jadi pusat informasi di dia.  
5.             Belajarnya kalo bisa di tempat yang strategis dijangkau oleh semua anggota belajar bareng dan perhatikan suasananya juga.
6.             Belajarnya ya kira-kira waktu tapi efektif. Belajar yang lama tapi gak efektif sama aja ntar zhong.

Itu dulu deh dari aku, ana yang mau nambahin? Monggo... =)

“knowledge is power” to “shared knowledge is more powerful”

Ditulis Oleh : asysya

Artikel Musim UTS yang Menyenangkan : Belajar Bareng/ Kelompok ini ditulis oleh asysya pada hari Tuesday, 30 October 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Musim UTS yang Menyenangkan : Belajar Bareng/ Kelompok dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron