Buscar

Loading...

Tipe Kepribadian/ Karakter berdasarkan Personality Plus & Sponge Bob



Bismillah...

Waa abis lebaran, Asysya ucapin taqobbalallahu minna wa minkum, shiyaamana wa shiyyamakum. Semoga Allah menerima amal saya dan anda. Demikian juga puasa saya puasa anda. Aamiin. =)

Lama gak nongol, jumlah postingan gak nambah-nambah pula, maapin ya. Hhe

Kali ini pengen cuap-cuap tentang kepribadian. *Ciyyeee kek psikolog aja ngemengnya kek gini, hho <= sekali-kali aja, hhe* Yang penulis tau dari bukunya Florence Littauer yang berjudul Personality Plus tipe kepribadian manusia ada 4, nah di bawah ini penulis akan sebutkan pula ciri-cirinya:

o   Sanguinis: Spontan, lincah, dan periang.
o   Melankolis: Penuh pikiran, setian, dan tekun.
o   Koleris: Suka petualangan, persuasif, PD.
o   Phlegmatis: Ramah, sabar, dan puas.

Nah, para pembaca yang semoga senantiasa diramhati Allah ta’ala *ciyyeee =)*, penulis bisa tau hal hal di atas setelah sharing bin criting-criting ama kakak tingkat dan dosen. Dulu sempet nanya tentang hal itu (Kepribadian) ke dosen IF Undip (Pak Edy Suharto *makasih ya Pak =)*) dan ternyata oh ternyata serial Sponge Bob Square Pants itu didesain berdasarkan teori kepribadian Aristoteles. Jadi ada 4 tokoh itu merepresentasikan 4 tipe di atas. 

o   Sanguinis => Sponge Bob
o   Melankolis => Squidward
o   Koleris => Mr. Crabs
o   Phlegmatis => Patrick

Sebenarnya ragu juga mau nulis kek gini, soalnya di mbah Google juga udah banyak, isinya juga hampir sama, dan buku acuannya pun sama yakni buku Personality Plus itu. Namun ya itu tadi ada sedikit tambahan wawasan dari Pak Edy ternyata ada tujuan di balik serial Sponge Bob. Nah, sama pak Edy dikasih deh link ini (penjelasan tentang keempat karakter di atas).
Setelah mampir di sana dan share di FB juga nah ada kakak tingkat(mas Ali Khaidhir) yang ngasih tau tentang bukunya Florence Littauer itu. Karena gak sabar pengen melahap bukunya, aku bergegas ke Togamas Semarang nyari tu buku, setelah beberapa menit ngubek-ubek toko buku yang baru buka itu ketemu juga tu buku. Dasar anak polos, abis beli tu buku penulis langsung merekomendasikan tu buku di KREATIF 2011 disertai harganya pula harganya 59.500, disc 15%. Nah mas Adit (mas Aditya Nugroho, Kakak Pemandu penulis dulu) menyarankan baca Enneagram. Kalo yang ini penulis searching aja kok, baca ebooknya doang, hhe. 


Ditulis Oleh : asysya

Artikel Tipe Kepribadian/ Karakter berdasarkan Personality Plus & Sponge Bob ini ditulis oleh asysya pada hari Tuesday, 21 August 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tipe Kepribadian/ Karakter berdasarkan Personality Plus & Sponge Bob dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 comments:

apoteksarisehat

Assalaamu'alaikum wr.. ini kunjungan pertama bagi saya di blog ini.. :-D saya suka bahasa taulisan mbak asysya :) unik, n apa adanya.. semoga ilmu ini menjadikan rahmat bagi saudara yang telah dengan iklas menyampaikannya, dan bermanfaat bagi yang menggunakannya.

asysya

Wa'alaykumussalam...
Hhe, tapi maaf tulisannya berantakan. Entah kenapa bisa seperti itu, padahal udah diedit.
Aamiin, terima kasih kunjungannya.

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron