^^ SM (Seleksi Mandiri) UNY ; MOST EARLY ^^

Bismillah…

Beberapa hari setelah UM Undip aku mendaftar SM (Seleksi Mandiri) UNY. Hari itu aku mendaftar online dulu, kemudian ke Mandiri Wonogiri. Di sana aku bertemu dengan teman lesku yang juga belum diterima di PTN. Kami ngobrol sebentar, kemudian aku online registrasi lagi. =)

Hari itu tanggal 4 Juli 2011, aku pun segera mencetak kartu ujian di tempat yang sebelum-sebelumnya aku juga mencetakkan kartuku ke sana.

Ternyata tempat ujianku di SMK N 2 Yogyakarta di Jalan Sangaji 47 Yogyakarta. Kakakku yang anak Geografi ikut membantu mencarikan peta di Google earth. Setelah ketemu kakakku memberitahukan pada ayah lokasinya.

Aku berusaha mencari soal-soal SM/UM UNY di internet, Tanya siapa lagi selain Tanya mbah Google. =) tetapi aku tak menemukan satupun link yang benar-benar berisi soal UM/SM UNY. Yasudah. Aku coba menghubungi kakak kelasku dulu, dan Alhamdulillah teman kakak itu punya soal SM UNY tahun 2009. Ya tak apalah. Kami janji bertemu di Ngadirojo, namun kata kakak itu dia akan menyeken soal itu, namun setelah dipikir lebih baik tetap diserahkan di Ngadirojo.

Ya, aku mengambil soal itu di Ngadirojo pada H-1. Hmm..

Beberapa hari menjelang tes aku coba untuk belajar. Namun sepertinya belajar saat itu lebih sulit daripada belajar saat menjelang SNMPTN. Hmmm…

Aku mecari kumpulan soal Try Out Super Intensif, ya Allah kemana dia, kucari kemana-mana tidak ada. Dan aku teringat. Malam ketika aku menginap di tempat saudaraku di Semarang. Aku gunakan soal itu untuk menutup wajah dari silaunya lampu. Dannnnnnn………. Soal itu terjatuh ketika aku tidur. Dannnnnnnn……… aku lupa mengemasinya ke dalam tasku. Aku coba sms adikku, dia menjawab iya, tertinggal di kamarnya. Hmm..

Ya Allah, itulah kekurangan jika soal dijadikan 1 bandel. Hilang 1 hilang semua. Ya sudah aku mempelajari Koding. Aku sedih soal itu tdak di tanganku karena pada soal itu sudah tertulis jawabannya. Hmm,,

Dari kakak kelas itu aku hanya membaca-baca soal itu dan tidak kukerjakan #hhe maaph kakak..

Ya lumayan sepertinya.

Aku dan ayahku tidak mengecek TKP, sehingga kami berangkat dari rumah jam setegah 2. Setengah 2 Gan, dari Wonogiri. masyaAllah.. ibuku membelikan aku sate, pada sekitar jam 1 dinihari itu aku makan sate itu.

Aku hanya berangkat dengan ayah, karena ibu batuk jadinya hanya kami berdua yang berangkat, kakakku beralasan ibu sakit, jadi diapun tak ikut. Dengan starlet biru kami melaju dengan lemah gemulai menuju watugedhe yang masih lengang. Dari rumah sampai sekitar Solo mataku masih terjaga. Namun kantuk menyergapku, sehingga aku tidur.

Kurasa tidurku sekitar 3 jam. Kemudian ayahku menanyakan sesuatu pada orang di jalan. Tak lama kemudian kami menemukan jalan Sangaji dan meneukan SMK itu. Tahukan kawan, aku sampai di TKP adzan Subuh belum terdengar. Ayah akan sarapan dahulu. Setelah muter-muter karena belum begitu ngeh dengan jalan di sana ayah menemukan warung makan. Dan makanlah beliau di sana dengan gudeg ditemani secangkir the. Aku yang sudah makan di rumah, memutuskan untuk meminum teh saja.

Setelah sarapan dan bertanya pada pemilik warung mengenai jalan yang harus kami lalui, kami kembali ke mobil dan menuju TKP kembali. Adzan Subuh samar-samar terdengar dan aku bersama ayah menuju masjid dengan berjlan kaki. Seusai sholat kami kembali ke mobil. Dan, Alhamdulillah ada petugas yang bangun dan kami bias memasuki SMK Itu. Setelah parker di dalam dan matahari mulai meninggi, aku ngenet sebentar, lantas ayahku mengajakku melihat TKP tepatnya. Setelah itu kembali ke mobil. Dan sekitar jam 7 itu aku memasuki lebih dalam SMK Itu, aku ke mushola sebentar. Dan ternyata jam 7.15 bel sudah dibunyikan, ternyata bel masuk yang aku tidak tahu mengenai hal itu. Karena yang tertulis di kartu ujian ya jam 7.30.

Setelah verivikasi dan soal dibagikan dan waktu menunjukkan kalau aku boleh mengerjakan soal itu, aku kerjakan soal yang teridri dari 40 butir soal itu. Masing-masing 10 untuk MaFiA dan biologi. Matematika lumayan menurutku, biologi menurutku soalnya asing-asing. Setelah 60 menit bel berbunyi menandakan kami harus segera mengumpulkan jawaban kami. Oiya, jam tanganku dan bunyi bel menunjukkan rentan 5 menit. Bel berbunyi lebih dahulu. Hmm..

Setelah itu kami disuguhi soal TPA sekitar 100 dan bahasa Inggris sekitar 30. Aku lupa pokoknya jumlah soalnya itu ada 130. Waktu yang disediakan dari jam 9.20 sampai jam 12.00.

Alhamdulillah ada soal TPA pikirku, cukup membantu nilai insyaAllah. Untuk SM UNY ini aku memilih jurusan Pendidikan Matematika(juga kelas Internasional) dan Pendidikan TI.

Dengan kondisi yang kurang enak, karena sebelum jam 1 dinihari sudah harus bangun, mandi, dll Alhamdulillah aku bias mengerjakan dengan baik. Aku jadi terpacu dan bersemangat mengerjakan soal TPA yang sudah lama aku tidak bergelut dengan soal-soal seperti itu. Untuk soal IPA aku kerjakan semampuku dan untuk TPA aku maksimalkan. Aku kerjakan yang hitungan baru yang lain. Setelah aku koreksi benar saja, ada 1 nomor yang kurang teliti, akar 36 aku tulis 9, hmm. Alhamdulillah Allah mengingatkan aku.

Setelah jam 12.00 ujian selesai. Bapak guru membimbing kami untuk berdoa, dan keluarlah kami dari ruangan itu. Aku segera sholat dhuhur. Dan pullaannngggggg……

Alhamdulillah selesai..

Selain UM Undip dan SM UNY dalam pencarian PTN ini aku juga mencoba swadana UNS. Aku memilih jurusan Pendidikan Matematika SBI dan regular. Semoga Allah member yang terbaik untukku dan teman-teman yang belum lolos SNMPTN. Yang bisa menghantarkanku untuk membahagiakan orang tuaku, bermanfaat untuk orang lain, dan bisa ngaji kelak. =)

Ditulis Oleh : asysya

Artikel ^^ SM (Seleksi Mandiri) UNY ; MOST EARLY ^^ ini ditulis oleh asysya pada hari Saturday 16 July 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang ^^ SM (Seleksi Mandiri) UNY ; MOST EARLY ^^ dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

9 komentar:

asysya

PENGUMUMAN HASIL SPMB S-1 JALUR SWADANA UNS TAHUN 2011
ketik Nomor Pendaftaran atau Nama :
Selamat, Nomor/Nama "MASDHIANA S.W." diterima SPMB S1 Jalur Swadana UNS 2011,selanjutnya silakan klik di sini untuk mendapatkan pengumuman registrasi mahasiswa baru

NO PENDAFTARAN 1311122433
NAMA MASDHIANA S.W.
DITERIMA PADA PRODI Pend. Matematika (SBI)


?????????? Ya Allah.........

Unknown

mbak, maaf mau tanya. di website UNY ga dicantumkan tempat tes. kalo pas tahun mba, tesnya apa cuma di Jogja atau ada di beberapa kota? mohon banget dijawab ya mbaa :)

asysya

Cuma di Jogja Dik =) Maaf baru bales

niken putri

salutttt

asysya

Salut apanya dik? hhe

Unknown

share dong kunci jawaban um undip 2013

Unknown

mbak tw ga kunci jwbn um uny 2013?

Erinda Yuliana

mbak mau tanya
soal tpa untuk sm uny ada nilai minusnya atau tidak? terimaksih

Unknown

Apakah waktu tes mandiri uny jawaban boleh dikosongkan kalau Ada yang tidal bisa?

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron