♥ BAHASA (TU)LISAN: USE AND DISUSE ♥

Bismillah.. Judul di atas memuat pengertian antara bahasa lisan dan tulisan. ^^ membicarakan dua hal tersebut penulis teringat teori Lamarck dalam bab Bioteknologi-genetika, penulis bukan seorang yang berpemahaman seperti itu, karena penulis percaya bahwa pencipta kita adalah Allah ta’ala ya termaktub dalam surat al mu’minun ayat 12-13.
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.
Penulis hanya ingin menguti istilahnya saja. Yup, use and disuse. Digunakan atau tidak. IMO, ya seperti itulah antara bahasa tulisan dan bahasa lisan. Ketika kita sering melatihnya maka kita akan berkembang. Untuk bahasa tulisan bisa dilatih dengan sesuai perkembangan zaman. Hhe, maksud penulis begini, untuk saat ini ada beragam jejaring social, nah kita bisa memanfaatkan social networking itu untuk menambah kemampuan kita dalam bidang tulis menulis. Kita bisa sms, nah fasilitas ini bisa kita gunakan untuk mengembangkan kemampuan kita merangkai kata dalam bahasa tulisan hlo. Tapi bukan dengan sekedar sms monoton bin klasik kayak Cuma Tanya udah makan belum, udah mandi belum. Bukan kek gitu cuy, but dengan bertanya jawab, minta/memberi saran, memotivasi, dlsb. ^^ dengan sms 2-3-4 layar insyaAllah juga akan mengembangkan kemampuan kita dalam bidang ini. Ada juga blog, dlsb-lah. Yang penting kita bisa memanfaatkan kemudahan-kemudahan ini untuk sesuatu yang positif. Sedangkan untuk bahasa lisan juga seperti itu, akan tereksplorasi jika kita benar-benar banyak cuap-cuap (hhe contoh kalimat tidak efektif). Keduanya akan kentara kok. Tapi, kita jangan hanya mengambil dari satu sisi saja dan menyimpulkan dengan tergesa-gesa. Seseorang atau apapun kan memiliki kelebihan dan kekurangan, hanya Dia saja; Allah ta’ala yang Maha Sempurna. #teringatperkataanteman ^^ Mungkin seseorang itu tidak mudah untuk merangkai bahasan tulisan, namun subhanallah dia pandai untuk memanfaatkan lisannya dengan sesuatu yang diridhai-Nya. Mungkin dia seorang pendiam, namun jemarinya pandai mengungkap apa-apa yang bermanfaat. Mungkin tidak dalam keduanya, kurang dalam bahasa lisan maupun tulisan, namun padai dalam hal lain. Mungkin pandai keduanya alis balance. Ya itulah yang kumaksudkan di sini dan semua juga tergantung kita kok. =) seperti potongan ayat 11 surat ar ra’d ini.
…Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…
إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Ditulis Oleh : asysya

Artikel ♥ BAHASA (TU)LISAN: USE AND DISUSE ♥ ini ditulis oleh asysya pada hari Wednesday, 27 July 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang ♥ BAHASA (TU)LISAN: USE AND DISUSE ♥ dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron