^^ BERBAGAI HAL YANG BISA MENGISPIRASI KITA UNTUK MENULIS –KHUSUSON MENULIS DI BLOG- ^^

Bismillah.. Kawan, mungkin di antara kita ada yang bingung ya mau nulis apa, gag ada inspirasi, gak ada masukan, tidak ada ide, dan seabreg asalan lainnya yang bisa-bisa menyendat pengeluaran karya dari otak kita. Nah, kali ini penulis ingin menyebutkan sumber-sumber ide/ inspirasi penulis untuk membuat tulisan/meng-update blog ini:
  1. Firman Allah, sabda Rasul, mutiara salafush shalih. Penulis ingin sekali menghasilkan karya-karya yang benar-benar bermanfaat. Dengan pemahaman rendah dan berharap ada orang lain yang mengoreksi pemahaman kita.
  2. Perkataan orang-orang besar, sukses, penemu, dan sejenisnya.
  3. Perkataan orang di sekeliling kita. Sabahat, teman, ortu, dkk.
  4. SMS. Tentunya sms yang benar-benar berisi. Pertanyaan teman ataupun jawaban lawan sms kita bisa kita jadikan sumber ide.
  5. TV. Meski banyak mudharatnya, kadang tv juga mengalirkan informasi yang bermanfaat yang bisa kita share ke orang lain melalui tulisan.
  6. Web/blog lain. Kadang berkunjung ke blog/web lain memacu keinginan menulis juga dengan opini yang hampir sama, ataupun dengan penambahan, serta pengurangan.
  7. FB. Fesbuk menjadi sumber inspirasi karena kadang memang berisi betul tulisannya, kita ingin menuangkan di web dengan posting/comment d fb.
  8. Chatting. Nah, penulis pernah ni menemui tulisan yang berisi chating pengarang dengan temannya, yang berisi motivasi kalo gak salah.
  9. Pengalaman pribadi, orang sekitar, maupun orang luar. 
10. Rewrite/copas buku/artikel. Ada juga nih, seseorang yang membaca buku kemudian dia tulisakan kembali dengan bahasanya. Bisa berwujud penceritaan kembali bisa juga kayak resensi gitu. Kalau copas, sebaiknya dicantumkan sumbernya, itukan amanah ilmiah. Dan sebaiknya untuk para blogger copas bisa kita lakukan dengan penambahan-penambahan. Hhe kalo ini baik versi google. Cause search engine menyukai karya yang orisinil. Allahu a’lam deh.
  11. Bisa juga pelajaran sekolah/kuliah. Penulis dulu waktu sebelum ulangan harian, materinya penulis tulis di blog, hhe kalau ini penulis menyalin yang hafalan, bukan materi hitungan. Hhe. Contohnya sosiologi, jadi besoknya ulangan gitu udah lancer nulisnya.
 Apa lagi ya?? Untuk teman-teman yang punya sumber lain, silakan dituliskan. Untuk memperkaya ide ini. Hhe..

Ditulis Oleh : asysya

Artikel ^^ BERBAGAI HAL YANG BISA MENGISPIRASI KITA UNTUK MENULIS –KHUSUSON MENULIS DI BLOG- ^^ ini ditulis oleh asysya pada hari Wednesday 27 July 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang ^^ BERBAGAI HAL YANG BISA MENGISPIRASI KITA UNTUK MENULIS –KHUSUSON MENULIS DI BLOG- ^^ dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

4 komentar:

faizulfikri

kalo sumber inspirasi saya biasanya datang pas saya jalan-jalan mbak.
pas naik gunung, jalan ke laut, naik KRL ekonomi, dll.
itu masuk kategori yang "pengalaman pribadi" ya?

asysya

ya, bisa.. hmm, 12. pengalaman dari alam. hhe.. alam menginspirasi kita untuk bercerita akan keindahan ciptaan-Nya. kita hanya bisa menuangkan beberapa yang tertangkap oleh indera kita. #haiah

sy masi kecil, dipanggil d' aja.. hhe

arifpras

Sungguh menginspirasi dik. Saya jadi bersemangat pengen ngeblog. Banyak hal mungkin yang dianggap itu ga pantes kita tulis atau diungkapkan terkadang malah menginspirasi atau begitu berharga bagi orang lain. Beberapa dah disebutkan di atas. Matur nuwun

asysya

@Mas ArifPras: hhe iya mas. y sambil bljr mnuangkn ide" dengan hikmah"x, mg j orla bs mgambil hikmah itu.. kalo menutuku c jnengn psti pny banyak pglmn.. hhe pgn c nulis ttg TO" yg aku ikuti, termasuk TO yg d adakan Widyakelana, pi lupa" ingat kronologisx..

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron