Review Muyassar 2,5-4

Bismillaah...

Setelah mengulas Muyassar halaman 1 sampai 2,5, hhe. Mari kita mengulas Muyassar dari setelah itu.

a.      Fi’il(Kata Kerja) adalah kata yang menunjukkan tentang makna dan berkaitan dengan zaman/ waktu. Contoh: telah menulis, telah membaca, sedang menulis, sedang menulis, bacalah.

Tanda-tanda Fi’il:
1)         Qod(Hampir-hampir/ sungguh), pada Fi’il Mudhori’ atau Fi’il Madhi. Contoh: qod qomatishsholaatu(sungguh telah tegak sholat).
2)         Assiynu(yang akan datang dalam waktu dekat), pada Fi’il Mudhori’. Contoh: sayadzhabu(sebentar lagi dia akan pergi), sayarji’u(sebentar lagi dia akan datang/ kembali).
3)         Saufa(kelak yang akan datang dalam waktu lama), pada Fi’il Mudhori’. Contoh: saufa ta’lamuuna(kelak kalian akan mengetahui).
4)         Ta ‘utta’nitsisaakinatu(ta’ ta’nits sakinah/ ta’ yang disukun yang menunjukkan -pelakunya- perempuan), pada Fi’il Madhi. Contoh: qoolat(dia-perempuan- telah berkata), dzahabat(dia-perempuan- telah pergi).

b.      Al harfu(Huruf) adalah kata yang tidak akan dipahami maknanya kecuali bersama selainnya(isim/fi’il). Contoh: min(dari), fi(di dalam), tsumma(kemudian), fa(kemudian/ maka), idzaa(apabila), au(atau), hatta(sampai/ sehingga).
Dan tidak ada untuk huruf tanda-tanda yang khusus.

1.   JENIS-JENIS KALIMAH
Jenis-jenis kalimat ada 2:
a.      Jumlatun ismiyyatun(Kalimat Isim) adalah apa-apa yang berupa kalimat yang diawali dengan isim. Contoh: Ahmadu mariydhun(Ahmad sakit). Alwaladu yaqro ‘ul qur’an(Anak laku-laki kecil itu sedang mebaca Alqur’an).
b.      Jumlatun fi’liyatun(Kalimat Fi’il) adalah apa-apa yang berupa kalimat yang didahului dengan fi’il. Contoh: Maridho ahmadu(telah sakit Ahmad). Yaqro ‘ul waladul qur’an(sedang membaca anak kecil laki-laki itu Alqur’an).

2.   MACAM-MACAM ISIM
Macam-macam Isim berdasarkan kalimat:
a.      Mufrod(Tunggal)
b.      Mutsanna(Dua)
c.      Jama’(>2): Jama’ Mudzakkar salim, Jama’ Muannats salim, jama’ taksir.
a.      Isim Mufrad adalah apa-apa yang menunjukkan satu. Contoh: baytun(satu rumah), daftarun(satu buku tulis), waladun(seorang anak laku-laki), rojulun(seorang laki-laki dewasa).
b.      Isim Mutsanna adalah apa-apa yang menunjukkan jumlah dua dengan tambahan alif & nun atau ya’ & nun di akhir. Contoh: baytun jadi maytaani atau baytayni(2 rumah), waladun jadi waladaani atau waladayni(2 anak laki-laki kecil).  


Readmore >>

GATHERING R'nB 2013 (Makrab, Bedah Buku, dan Raker)

Bismillaah...

Alhamdulillah, tanggal 9-10 Maret 2013 tepatnya hari Sabtu dan Ahad R’nB(Research and Business) Undip telah mengadakan Makrab atau Gathering di Bandungan, tepatnya di VILLA QU. Hhe

Panitia dan peserta berangkat dari GSG Undip sekitar jam 8.00. Dua bus berangkat dari GSG dengan bus pertama yang diisi penumpang putri dan bus kedua dengan penumpang putra. Penulis datang before time dan sempat bercengkrama dengan kawan yang lama tak jumpa, hhe.
Bus putri berangkat duluan, namun tiada seorang pun tau letak persis TKPnya. Pak sopir hanya tau gambaran kasarnya. Hhe. Sempat terlalu jauh dari VILLA QU, namun turun lagi dan ketemu lah villa itu. Oya, HTM untuk acara ini ialah 85k, itu untuk penginapan, makan, dll.

Setelah sampai dan beres-beres sebentar, kami ke Aula untuk memulai acara. Seperti biasa, acara dibuka dengan sambutan, yakni sambutan Ketua Panitia Gathering saudara Lutfi Elektro 2012 dan oleh Presiden R’nB Mas Medi Prasetyo.

Kemudian acara diisi oleh mbak Tisa, yakni founder R’nB, atau kalo di buku putih nama beliau ialah Titisari. Mbak Tisa yang merupakan lulusan S2 di Taiwan ini mengisi acara Bedah Buku Putih, buku sakral R’nB, hhe. Beliau menjelaskan awalan buku itu, beliau tak menjelaskan sampai detail Kaderisasi dll, mengingat acara ini dihadiri oleh alumni Promotion Level 1 yang mana mereka masih baru alias unyu-unyu, hhe. Beliau menjelaskan bahwa R’nB merupakan ide dari Kadept Ekobis BEM KM yakni mas Lutvan dan departemen riset BEM KM Undip. Awalnya markas mereka ialah di SBC(Student Business Centre). Selain terkait buku putih dan sejarah R’nB, beliau juga menceritakan tentang pengalaman beliau belajar di Taiwan dan juga tentang penemuan Pak Warsito. Perbedaaan di Taiwan dan di Inodesia ialah terkait semangat dan totalitas.  

Setelah ishoma, pembicara selanjutnya belum datang, jadi kami sharing lagi dengan mbak Tisa. Hhe, di sini cerita mas Medi juga cukup berkesan, karena kalo mas Medi itu ditolak-ditolak-ditolak... proposalnya maksudnya, sampe kesekian, baru diterima. Namun, kalo mbak Tisa itu sekali mengajukan proposal langsung diterima, hhe.

Di tengah perbincangan dengan mbak Tisa, mas Pariman atau biasa disebut mas Piman hadir dan mengisi materi dengan game Envelope Fever, kek game taun lalu, hhe. Game itu kami memproduksi amplop dan menjual, di sisi lain ada Quality Control serta ada keadaan yang berbeda-beda.

Setelah itu, kegiatan selanjutnya ialah bersih diri, makan, sholat, istirahat (maksiat #eh).
Acara dilanjutkan sekitar jam 7.30 yakni malam pengakraban. Saat itu mas Medi memperkenalkan para direktur, manajer, dan lulusan PL2. Mas medi menjelaskan:
1.     Presdir merekomendasikan:
a.      10 menit pertama ada IC
b.      Setiap pertemuan, peserta wajib membayar 500 ke manajer, setelah itu dikumpulkan ke admin.
2.     Yunus(Manajer Pembinaan)
a.      PL1 dan PL2
b.      IC dengan coordinator project Ricky dan Hammam. IC nanti akan dispesifikkan, yang bisnis ya ikut kelompok bisnis, dan yang riset ikut kelompok riset.
3.     Intan(Manajer Akreditasi)
a.      Adanya pendataan anggota
b.      Adanya data pembicara
c.      Adanya rapor
4.     Para direktur => membangun kekeluargaan
5.     Mbak Ziza => bendahara
6.     Ula => sekretaris
7.     Selo(Manajer PR)
a.      Stuband
b.      Membuat company profile
c.      Tim pencari sponsorship
8.     Mbak Warsih(manajer Media)
a.      Fokus ke web
b.      Twitter
c.      Facebook
9.     Melia(Manajer IP)
a.      Pengelolaan jurnal => pelatihan dan konsulatasi
b.      Workshop PKM
c.      UTC dan Forum Indonesia Berinovasi
d.      Workshop business Plan
10.  Mas Anwar(Manajer EP)
a.      Expo
b.      Stuband => koordinasi dengan PR
c.      Mem-follow up-i jika ada tawaran pelatihan

Setelah itu kami bakar-bakar XD bakar-bakar jagung. Assiikkkk dah, hhe. And the next adalah bocan dan boim.

Nah, tanggal 10 Maret 2013 nya nih pagi-pagi kami olahraga dan game sueruuu. Olahraga dengan pemanasan dipimpin oleh Lutfi dan mas Malik, dilanjutkan dengan game tebak kalimat dan game gak tau namanya XD Jadi tu peserta game pake sarung, pake kalung dari sayur, dan mukanya dicemong pake adonan kopi dan adonan tepung. XD *alhamdulillah, penulis jadi Sie PDD dadakan XD *

Setelah itu, ada makan dan mandi. Dan selanjutnya ialah Presentasi Strategi Project. Semua direktur dan manajer memaparkan bagaimana strategi mereka untuk menjalankan project mereka.

Setelah itu Mas Eko Novianto datang, beliau juga memaparkan bagaimana kok bisa ada R’nB. Beliau menjelaskan bahwa kalo di negara maju itu mereka mengembangkan business by research. Beliau juga menjelaskan tentang generasi-generasi gitu, ada Generasi Purdi Candra, Bob Sadino, 2003 ke atas mulai ada seminar beasiswa tentang entrepreneurship, Wirausaha Muda Mandiri, dan YOT, tahun 2004-2005 berjamur seminar kewirausahaan. Beliau juga berkata kalo organisasi R’nB punya visi yang jauh ke depan, melebihi organisasi lain, visi R’nB juga untuk masa depan Indonesia yakni tentang melahirkan sosok technopreneur. Sukses itu butuh passion yang ditemukan/ yang dipaksakan dan analisis, BIG THINKING!

Setelah itu, sholat dan persiapan pulang. Qodarullah si bus belum dateng. Menantilah kami cukup lama. Panitia sempet nyari bus lain, namun malah ada dikit trouble. Alhamdulillah sekitar jam 4 kami pulang XD


Hikmah yang penulis petik:
1. Selalu jaga koordinasi dan komunikasi. Ini terkait masalah bus 1 yang tiada seorangpun tau di mana letak Villanya.
2. Carilah orang yang amanah, persiapkan hal terburuk, hati-hati, dan ketahui keadaan yang biasa terjadi(macet dll), ini terkait bus telat pas pulang.
3. Berbagilah dengan siapa saja, galilah ilmu dari siapapun. “Curi ilmunya”, kata mas Medi
4. Untuk menjalankan bisnis yang bisa bersaing, itu bukan pure bisnis tapi perlu riset untuk development, hhe. Business by Research.

Ada yang mau menambahi? Monggo ^_^



Readmore >>

Review Muyassar 1-2,5

Bismillaah

Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk menari di atas keyboard, hhe. Kali ini penulis pengen mengulang materi bahasa Arab nih. Penulis mengikuti Arabic Class dengan Kitab Muyassar di deket kampus penulis. Sebenarnya sebelumnya yakni pada bulan Desember penulis mengikuti Arabic Class di Al Barokah Tegalsari, namun karena liburan (penulis di rumah) jadinya penulis ketinggalan materi 1 bulan dan mengikuti Arabic Class yang di dekat kampus. Mari kita mengulang materi, hhe.

1.   HURUF
Huruf adalah apa-apa yang menyusun darinya suatu kata. Contoh: huruf-huruf hijaiyah.
2.   KATA
Kata adalah lafadz(sesuatu yang diucapkan) yang memiliki makna. Contoh: sekolahan, buku tulis, pensil untuk gambar/ penggaris, duduk, membaca, menulis, ke, di dalam, dari, tentang, dengan, di atas.
3.   KALIMAT YANG SEMPURNA
Kalimat yang sempurna adalah susunan yang bermanfaat dengan manfaat yang sempurna dan dinamakan juga perkataan.
Contoh:
Dia (laki-laki) sedang duduk di atas kursi.
Saya sedang menulis di dalam buku tulis.
Ali sakit.
Ahmad seorag guru.
Dia (laki-laki) orang yang kaya.
4.   PEMBAGIAN HURUF
Pembagian huruf ada 2, yakni:
a.      Huruf Hijaiyah/ Tidak bermakna. Contoh: alif, ba’, ta, tsa, ...
b.      Huruf bermakna. Contoh: dan, atau, kemudian, dari.
5.   JENIS-JENIS KATA
Jenis-jenis kata ada 3, yakni:
a.      Isim(Kata Benda)
b.      Fi’il(Kata Kerja)
c.      Huruf
a.      Isim(Kata Benda) adalah kata yang menunjukkan tentang makna dan tidak terkait dengan waktu. Contoh: muhammad, guru/ustadz, santri, kuda, anjing, kucing, buku tulis, pensil gambar/ penggaris, kapur tulis, matahari, bulan, pepohonan.
Tanda-tanda Isim:
1)         Khafdh/ Kashroh. Contoh: bismillaahirrohmanirrohimi, malikiyaumiddiyni
2)         Tanwin. Contoh: rojulun(seorang laki-laki), imro’atun(seorang perempuan), bintun(seorang anak perempuan).
3)         Adanya alif dan lam. Contoh: al ustadzu(guru), al ustadzatu(guru perempuan), aththoolibu(pelajar), aththoolibatu(pelajar perempuan).
4)         Huruf Jar. Contoh: min(dari)-minallaah(dari Allaah), fi(di dalam)-fil bayti(di dalam rumah), ila(ke)-ilalmasjidi(ke masjid), ‘ala(di atas)-‘alal kursiyi(di atas kursi)
Huruf-huruf Jar:
1)         Min(dari) : minannasi(dari manusia)
2)         Ila(ke): ila suuqi(dari pasar)
3)         ‘an(dari/ tentang): ‘aninabiyyi(dari nabi)
4)         ‘ala(di atas): ‘alal maktabi(di atas meja tulis)
5)         Fi(di dalam): fil bayti(di dalam rumah)
6)         Rubba(jarang/ sedikit sekali): rubba rojulin kariymin(jarang sekali ada laki-laki yang mulia)
7)         Al ba’(dengan): bil qolami(dengan pena), bil mirsami(dengan pensil gambar/ pengaris)
8)         Al kafu(seperti): kal qomari(seperti bulan), kal asadi(seperti singa)
9)         Allaamu(untuk/ milik): lillaahi(untuk Allah), lirosuulillaahi(bagi rasul Allah)

-to be continued-
Readmore >>

[REVIEW PERJALANAN IMAM SYAFI'I]



.Nama lengkap: Muhammad Ibnu Idris Ibnu Abbas Ibnu Utsman Ibnu Syafi' Ibnu Syaib Ibnu Ubaid Ibnu Abdi Zaid Ibnu Hasid Ibnu Mutholib.
.Belum genap 2 tahun, ayah beliau meninggal.
.Nasabnya mulia. Dari Quraisy, Mutholibi.
.Lahir: Gaza, Palestine.
.Untuk menjaga nasab, ibu beliau mengajak beliau ke Mekah.

.Beliau awali dengan belajar bahasa Arab ke orang pedalaman(logat msih asli dan bahasa Arabnya masih terjaga)
.Sambil belajar Bahasa Arab, beliau melempar dan memanah dan gak da yang mengungguli beliau.
.Saat belasan taun beliau sudah fasih berbahasa Arab
.Beliau punya kecerdasan => alangkah bagus kalo bermanfaat, yakni dengan memperlajari Fiqih dan Hadits

.Beliau belajar Fiqih dan Hadits di Mekah
.13 tahun => beliau mendengar ada alim bear di Madinah yakni Imam Malik Ibnu Anas.
.Imam Syafi'i pengen belajar Al Muwatho'(karangan Imam Malik Ibnu Anas)
.Selama 10 hari beliau membaca dan menghafal!
.Melalui bantuan gubernur beliau meminta bantuan agar bisa belajar ke Imam Malik. Ternyata gubernur sangat menghormati Imam Malik.
.Setelah bernegosiasi dengan budak Imam Malik dan dengan Imam Malik pula, Imam Malik mengizinkan. Imam Syafi'i kan udah hafal kitab itu, jadi Imam Malik simpatik ke Imam Syafi'i.

Catetanku banyak nian ternyata XD

Intinya:

beliau itu cerdas(13 tahun udah hafal Muwatho' & Bahasa Arabnya fasih -padahal bukan orang Mekah-). Dan kecerdasan itu beliau manfaatkan untuk menuntu ilmu dan berdakwah di jalan Allah.

Di samping itu meski ayah beliau sudah tiada, ibu beliau mensupport Imam Syafi'i untuk menuntut ilmu. Imam Syafi'i tu fakir, pas belajar berguru ke Imam Malik beliau menggerakkan jarinya. Imam Malik kan heran tuh. Imam Syafi'i ditanya dan great! Beliau jawab kalo gak punya pena & kertas, mangkanya beliau nyatet menggerakkan jari gitu dan beliau hafal! (Abis dites Imam Malik, beliau bisa jawab, hhe) Imam Syafi'i nyari tulang" yang cukup lebar untuk mencatat. Ibunya bantu!

Imam Syafi'i belajar ke Imam Malik 16 tahun. Beliau gak cuma berguru ke Imam Malik, tapi juga ke guru-guru di lain. Guru" Mekah udah, guru" Madinah juga udah. Gak cukup itu..

Beliau ke Yaman. Karena Imam Syafi'i bukan orang berpunya, beliau curhat ke ibunya, dan sang ibu membantu.

Imam Syafi'i berangkat, di Yaman beliau dipercaya untuk beberapa tugas pemerintahan. Imam Syafi'i bertanggung jawab dan dekat dengan pemerintahan. Beliau dipercaya untuk memimpin suatu unit, ada yang benci/ hasad, beliau dituduh berkhianat. Imam Syafi'i diuji. Beliau diborgol, dibawa ke Irak, dengan tuduhan membelot pada Harun Ar Rasyid.

Ada yang ditebas lehernya, ada tuduhan yang benar. dan giliran terakhir ialah pada Imam Syafi'i, tapi beliau bersastra dan beliau dipenjarakan XD (gak jadi ditebas lehernya). Ilmu bisa menyelamatkan, dengan izin Allah.

--ada cerita yang agak ketinggalan. Intinya ada seorang guru yang musti mengakui keilmuan Imam Syafi'i--

Beliau ke Mekah untuk Dakwah.

Imam Ahmad dan Imam Syafi'i sharing, aling mengisi ^_^

Tahun 204 Imam Syafi'i meninggal. Beliau Lahir tahun 150. Jadi 54 tahun.

Beliau aja kek gitu. Kita yang udah cukup umur gimana nih? *berkaca*

 tambahan :
-hafal Al-Qur'an usia 7 tahun
-beliau rohimahullah terakhir pergi ke mesir untuk belajar lagi dari murid senior Imam Malik rohimahullah
-dan mashaAllah sesampai di mesir beliau rohimahullah dianggap sebagai 'ulama' kabiir disana
-dan beliau rohimahullah wafat di mesir
Readmore >>