In the Name of Allah The Most Merciful and The Most Gracious
IMO, Personal branding adalah cara atau upaya bagaimana mengemas diri kita agar dinilai orang lain sesuai keinginanan kita. Kita ingin dikenal sebagai blogger ya kita usahakan untuk menjadi professional blogger. Kita buktikan dan implementasikan. Maka orang akan percaya kepada kita bahwa kita professional blogger. ^^
Give thanks to Allah yang udah ngasih kesehatan dan waktu luang (2 nikmat yang terlupakan, hhe) ke penulis. Dan semoga pembaca juga senantiasa sehat.
Wah, lama kagak nulis nih, rasanya apa yang ada di otak pengen ditumpahin semua, hhi. Jadi, dengan keluangan yang ada penulis pengen ngemeng (upsss, nulis maksudnya) about Online Personal Branding. Awalnya c penulis agak menggalau gitu deh mau nulis ini coz keknya tu sensi gitu ngomong tentang diri sendiri. Penulis juga keinget ini nih, sebuah surat cinta dari-nya yang bernama Wanita pada ayat ke 36.. “Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” Semoga penulis bisa menyinkronkan antara personal branding & gak membanggakan diri. *aamiin ^^*
Di sisi lain kalo mau ngomong sesuatu contohnya personal
branding sedangkan yang ngomong belum membuktikannya(mengimplementasikannya)
kek sama aja bo’ong kan, hhe.
Berawal dari kegemaran online c, kegemaran blogging juga,
nemu dah webnya bang Romi . Penulis baca ada artikel
tentang personal branding. Penulis juga sering menemukan dua kata itu di dumay
(dunia maya), juga kalo penulis ke toko buku nemu dah tulisan itu. Awalnya
absurb banget nangkep arti tu kata, belum ngeh sepenuhnya juga.
Namun, Alhamdulillah di suatu hari yakni pada hari itu ada
seminar Euphormatic besutan Divisi Mikat HMIF UNDIP (ups, udah pada tau belum
ya Mikat ntu apa, Mikat itu Minat dan Bakat, yakni salah satu Divisi di HMIF
yang mewadahi mereka yang ingin bergelut/ berkecimpung di dunia peminatan dan
perbakatan *haiah, hhe*, gak harus mereka yang punya talent tapi mereka yang
semangat n mau concern ke sana, hhe). Next… nah, acara yang diketuai oleh mas
Renold ini diadakan di GSG UNDIP (Gedung Serbaguna Universitas Diponegoro).
Subhanallah sekali dah pembicaranya beliau, kata penulis dan teman-teman c
acara itu kurang lama, hmmm, entah emang kurang lama atau karena beliaunya
komunikatif gitu ya, jadinya kita juga excited, hhe. Penulis yang pengen focus
di dunia perbloggingan antusias dengan tema tersebut, dulu c temanya Green
Computing, namun karena penjelasan Pak Romi yang ampe kemana-mana maka penulis
malah nanya tentang blogging, hhe.
Penulis nanya gini nih, “Bagaimana kita membranding diri kita di blog sedangkan pengalaman dan wawasan kita belum banyak?” Trus Bapaknya menyebutkan beberapa tips. Ini dia… Tips-Tips Personal Branding via Blogging:1. Tulis tema yang booming
2. Daily update
3. Jangan pakai gratisan
4. Hanya ada di situs kita, di situs lain gak ada.
5. Kalau belum terdaftar, segera daftarkan.
Bermula
dari hal itu penulis agak galau, mau dibawa ke mana blog penulis, blog dengan
niche yang campur baur dan penulis excited dengan kondisi itu, hhe.
Deskripsi
blog penulis itu .: BEBERAPA TUANGAN APA YANG ADA DIOTAK, CERITA, KEMANFAATAN
:.
Sedangkan judulnya adalah CUAP-CUAPZ BERMANFAAT.
Penulis belum berkesempatan untuk melakukan ekspansi bikin
blog/ web baru karena tugas perkuliahan dan tugas kegiatan yang lumayan. Ya,
penulis tetep stay pada blog itu. Nah karena penulis mengikuti kegiatan
(sebagai peserta atapun panitia), maka penulis share di situ pengalaman
penulis. Nah dari segi tema masuk kan, sinkronisasi tema dengan judul maupun
deskripsi blog. Dan yang bisa dicapai juga yakni point ke 4 dan 5 dari tips di
atas. Kalau tulisan kita sendiri kan berarti hanya ada di situs kita, di situs
lain gak ada kecuali ada yang ngopast tulisan kita. Dan Alhamdulillah sejak
awal penulis udah mendaftarkan blog penulis ke beberapa search engine (seperti
google dan yahoo).
Dari pengalaman yang penulis alami jika berkesempatan
penulis share di blog (implementasi khowledge sharing juga kan, hhe). Penulis
usahakan gak hanya menulis pengalaman atau Cuma cerita-cerita biasa, namun
penulis ambil kesimpulan, quote, hikmah, atau hal-hal kecil yang bermanfaat,
insyaAllah. Selain via blog penulis juga aktif via FB.
Waktu awal karena penulis aktif di FB, admin pertama FB juga
menawari penulis untuk menjadi admin FB Prodi Informatika Undip 2011, oke
penulis terima, hhe. Penulis usulkan di grup itu untuk punya blog.
Dari situ penulis diminta untuk menjadi salah satu adminnya,
okelah penulis setujui.
Waktu awal masuk Informatika Undip penulis masuk ke grup
yang di situ isinya semua keluarga besar undip (mahasiswa, dosen, dan alumni),
penulis disapprove oleh kakak tingkat 2008 yang beliau PKL di free Port namanya
mbak Lindri. ^^ penulis ngewall ke beliau, penulis bertanya tentang web.
Penulis juga menanyakan masalah terkait tentang web atau blog di grup itu.
Alhamdulillah anggota grup itu antusias menjawab. Dan pada saat ada acara Yahoo
Indonesia penulis ditanyai mbak Lindri apa akan masuk di Divisi KomInfo karena
penulis seneng blogging, sedangkan di KomInfo ada web sebagai sarana untuk aplikasinya.
Jujur, penulis pengen di diklat c, penulis pengen bisa focus
bantu adik-adik tingkat dalam bidang pendidikan, ini interpretasi dari diri
penulis sendiri saat menjadi maba yang masih butuh banyak pencerahan soal
kuliah Informatika.hhe. ada tawaran untuk jadi Sekre dan Bendahara juga. Kalo
sekre mungkin karena penulis sering mencatat, hhe, kalo Bendahara
pertimbangannya karena penulis sering jadi rentenir, hhe. ^^V
Saat ada open recruitment untuk menjadi panitia semnas
Nanotechnologi yang diadakan oleh RIC (Riset Incbator Center) UNDIP, penulis
mendaftar diri ikut, penulis diterima di sie (seksi) PDD. Setelah mengetahui
pamfletnya (dikirimi soft file pamphlet via email) penulis jadikan pamphlet itu
sebagai PP FB, penulis terinspirasi dengan ide kakak tingkat Informatika yang
sering memakai pamphlet acara untuk Photo Profil FB. Dan sang ketua acara
appreciate banget ma langkah penulis. Hhe
Setelah menjadi panitia, penulis mendapat banyak pengalaman,
dan Alhamdulillah penulis post di blog dan masuk ke pencarian google dengan
keyword “Nanoteknologi Undip”. Dari acara/ semnas itu dilaunchingkan juga forum
NASAFOR UNDIP (Nano Sains Forum), penulis dengan santai menuliskan nama penulis
di daftar nama yang ingin mengikuti forum ini. Suatu hari penulis menanyakan
via SMS kepada ketua NASAFOR (Mas Singgih Fisika UNDIP 2009), apakah NASAFOR
sudah mempunyai blog, kalau disearch yang muncul tu kelompok studi Nano punya
UNS, “UNDIP belum punya ya?” Tanya penulis dalam hati, hhe.
Dan suatu pagi di wall penulis Mas Singgih ngewall
menanyakan apakah penulis mau menjadi Staff InfoKom di NASAFOR ngurusi blog.
Awalnya penulis pertimbangkan, namun karena penulis ingin jadi professional
blogger maka penulis putuskan untuk ambil job itu. Hhe.
Nah itulah personal branding yang penulis lakukan secara online yakni via blog dan FB. Namun di samping itu personal branding offline juga harus diperhatikan. Jangan sampai kita membrand diri kita secara online “wah”, namun secara offline kita miskin aplikasi *jangan sampai, hhi, semoga penulis bisa menyinkronkan keduanya*.