outbound-ROHIS SMA N 1 WONOGIRI

mau dimasukkan ke azhar belum diterima. Assalaamu’alaikum wr… Allow sobat azhar, ne ada criting-criting tentang kegiatan ROHIS. Mau tau khan, mau…mau…mau?! Orche, let’s check it out! Kemarin, tepatnya tanggal 9 Mei 2009 ROHIs mengadakan kegiatan, tempatnya di mana coba?! May be yang ada di benak antum di masjid, aula, ato diperpustakaan. Kalo itu tebakan antum, antum salah besar(eh gag besar-besar amat denk).. ja waa ban nya adalah…. Ke plaza!!! (jangan mengelus dada ya!). emank anak ROHIS ke plaza mo ngapain? Ngeliatin orang maksiat? (may be itu yang pertanyaan yang menyelusup di hati antum tanpa antum sadari). ROHIS tepatnya Departemen ROHIS Nisa’ ato DANNISA’ mengadakan outbound n sharing bareng alumni. Acaranya sueru lhoooh! waktu udah kumpul semua(Salookkk!). ya denk salok. Waktu udah kumpul salokdan angkotnya juga udah siap kloter pertama diberangkatkan + barang-barang yang dibutuhkan(tikar dan makanan) ke t4 destinasinya. Beberapa menit kemudian kloter kedua juga diberangkatkan. Setelah udah kumpul salok di t4 yang biasa digunakan untuk off road, acaranya dibuka oleh mbak-mbak yang cerewet dan agak narsis. Di sela-sela acara pembukaan da pembagian snack, tyus game. Diawali dengan pembentukan kelompok, and then per kelompok berjajar mundur ke belakang. Tugasnya yaitu yang paling belakang diberi tau juri 2 kata. Kemudian 2 kata tadi diukir(diukir?), kamsutnya ditulis dalam punggung teman yang ada di depannya dengan tangan, tidak boleh menggunakan alat Bantu apapun. Ada yang lucu neeh. Khan ada 3 kelompok, jadinya juri menyiapkan 3 soal. Nah di kertas juri tertulis: 1. Ukhuwah islamiyah 2. ROHIS smansari 3. Dakwah islam Khan ketua kelompok harus mempresentasikan 2 kata yang diberantaikan tadi, nah kelompok 2 tu sampai di ketuanya Cuma huruf R-O-H-I. ketuanya harus mempresentasikan apa dengan huruf itu? Hikz..hikz…hikz… Setelah alumni melihat-lihat tempat yang akan digunakan untuk outbound, para alumni memperkenalkan diri. Mereka adalah mbak Amy(angkatan 2005, sekarang di UMS), mbak Nining(angkatan 2006,di UMS juga), mbak Fitri(angkatan 2005, bekerja di As Gross), dan mbak Rita(angkatan 2004, di UNS). Tyus acara inti pun dimulai yaitu outbound. Qta diminta turun ke tempat yang bawah. Lebih teduh daripada di atas. Qta diberi selembar kertas kecil yang masih kosong. Di kertas tersebut qta diminta untuk menulis semua masalah yang menggelayut di benak qta, apa saja masalah, dengan sekolah, ortu, masyarakat, dab. Setelah durasinya habiz qta diminta untuk mentobek-nyobek ria kertas tadi hingga ukuran terkuecilll. Tyus disebarkan deeh. Serasa masalah qta dilolosi satu per satu, hingga hati qta menjadi lapang. Hkmah yang bisa qta ambil dari permainan ini adalah
(!) selesaikan masalah-masalah tadi setuntas-tuntasnya (2) jangan dipikirkan masalah-masalah kecil yang sering kali qta anggap besar, contohnya ketika ada yang berceletuk tentang qta ya RDG(Ra sah DiGagas) aza, buang masalah-masalah kecil kayak gichu (3) silakan masalah-masalah tadi diceritakan/disharekan ke orang lain, khan bisa plong.
Setelah itu qta mengubah posisi dari duduk menjadi berdiri membentuk lingkaran tyus melakukan tepuk konsentasi. Gimana ya, sulit untuk menerjemahkan melalui kata-kata-gerakannya-. Hikmahnya adalah ketika qta melakukan suatu kegiatan maka focuslah pada kegiatan tersebut. Pusatkan pemikiran-pemikiran yang sedang terpencar-pencar ke suatu titik yang sedang qta hadapi. Setelah itu pembagian kelompok lagi, tadi khan oleh mbak MC sekarang oleh alumni, yaitu dengan berhitung mulai dari 1 hingga 4. tiap kelompok kurang lebih ada 6 orang. Di game ini nama kelompok ditentukan oleh alumni. Kelompok itu diberi nama dengan nama hewan seoerti ayam dan bebek. Nah semua peserta menutup mata dengan slayer –yang telah dibawa oleh peserta- dan menirukan suara seperti nama kelompok mereka. Mereka dipisah-pisah dari kelompoknya, kemudian mereka harus bisa menemukan populasi mereka, ya dengan kesamaan suara itu tadi. Hal yang bisa dipetik dari game ini adalah ketika qta punya persamaan pemikiran/ideologi maka qta akan cenderung ngegape sama orang yang berideologi sama. Game terakhir adalah memperebutkan panji. Caranya dengan qta sekelompok berjajar ke belakang tyus salah satu kaki diikat dengan tali. Qta punya nyawa di tangan yang disimbolkan dengan rumput jepang yang diikatkan juga. Ketika ada 1 kelompok terbesut(eeh.. tersebut maksudnya). Di game ini kayaknya berlaku hokum rimba-yang kuat adalah yang menang-. Uuugghhh kelas XII mentang- mentang udah menyelesaikan ujian-ujian za tyus mengerahkan semua tenaga untuk mengalahkan kelas X dan XI. Sama adek gag mau ngalah!!! Nilai morak yang bisa qta ambil dari game tersebut adalah bahwa di suatu organisasi qta harus selalu mengeratkan ukhuwah yang dilambangkan dengan nyawa di tangan. Untuk mencapai tujuan qta-tegaknya kalimatullah- qta harus mengeratkan ukhuwah. Acara selanjutnya adalah taushiyah dari bu Eka, makan, foto bareng, n back to Azhar. Di Masjidil Azhar qta sholat tyus sharing, mengupas kendala-kendala yang dihadapi ROHIS Smansa. Beside that ada juga doorprize lhooch. 3 doorprize yang isinya –kalo dibahasakan- menengah ke atas.! N the last, acara ditutup n kembali pulang. Wassalamu’alaikum wr…

Ditulis Oleh : asysya

Artikel outbound-ROHIS SMA N 1 WONOGIRI ini ditulis oleh asysya pada hari Friday, 29 May 2009. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang outbound-ROHIS SMA N 1 WONOGIRI dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron