Buscar

Loading...

ULASAN BUKU "35 KUNCI SUKSES DI USIA MUDA"

Bismillaah...

Alhamdulillah masih dikasih kesempatan ngetik di laptop gak lola ini, hhe. Tanggal 18 kemaren saya ke Semarang, niat pengen beli buku blogging, pergilah saya ke Togamas/ Pandora deket sana, tapi buku yang saya inginkan belum jua ketemu, ya sudah berangkatlah saya ke Gramedia deket Masjid Baiturrahman.

Saya melihat-lihat buku blogging, tapi rasanya hampir sama ma tulisan yang saya baca di inet, saya melihat-lihat buku yang lain, dan jadinya saya membeli buku Young on TOP NEW EDITION “35 Kunci Sukses di Usia Muda”. Setelah membeli buku itu, saya pulang dan melahap buku itu, termasuk ketika di dalam mobil perjalanan ke Wonogiri, tapi tak berapa lama c, hhe.

Enak juga bukunya. Mangkanya hari ini tanggal 19 Februari 2013 (+-) jam 20:40 saya sudah menyelesaikan buku kecil dengan ketebalan 209 halaman itu.

Di buku itu om Billy menerangkan gimana aja c cara sukses di usia muda. Tuh buku recommended-lah. Di buku itu dibagi ke dalam 3 bagian.

Bagian 1
Di halaman 3 judul tulisan ialah Do What You Love & Love What You Do. Di judul ini beliau memaparkan sebaiknya kita melakukan hal yang kita cintai dan mencintai hal yang kita lakukan. Semisal nih kamu suka blogging ya lakukan aja, kan bisa sharing. Nah ada pemaparan lain, contoh saya nih ambil jurusan Informatika, jujur setelah saya masuk saya ternyata kurang suka sama yang namanya Ngoding/ Mrogram/ Programming, nah udah terlanjur kan tuh, saya mustinya mencoba menyukai jurusan ini, dengan berusaha keras mempelajarinya, dari mempelajarinya pasti saya akan paham dan bisa benar-benar mencintainya. Kan ada yang bilang “Tak kenal maka tak sayang”, nah dari situ mustinya saya kenalan lebih deket ma yang namanya ngoding, saya belajar dan berusaha keras, saya paham, dan saya pasti bisa serta mencintainya.   

“Cintailah apa yang kamu kerjakan karena itu akan membuat kehidupanmu lebih menyenangkan. Jangan melakukan segala sesuatu dengan alasan kekayaan. Hal terbaik adalah mendengarkan kata hati dan pikiran karena itu akan menuntunmu ke aran yang benar.” (Diane N. Bark –Presiden DHB Financial Service, Inc)

Di halaman 13 judulnya adalam Be Grateful. Di sini dijelaskan mustinya kita bersyukur dengan segala kondisi yang kita dapatkan. Bersyukur akan hal-hal kecil sampe yang besar. Bersyukur karna orang lain belum tentu mendapat nikmat seperti kita, hhe.
“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan”

Di halaman 17 tertulis judul Healthy Life. Kita pengen sukses kayak apapun caranya, jangan lupa untuk jaga kesehatan. Percuma kalo sukses tapi kita sakit-sakitan. Jaga kesehatan, jaga pola makan, jaga istirahat, dan mustinya juga olahraga teratur, hhe *^^V semoga penulis juga tersadarkan dengan yang ini, hhe*. Kalimat yang terngiang di benak saya ialah “Success means nothing when you are sick”

Di halaman 21 judulnya Integrity. Di sini kalimat yang saya garis bawahi dan seperti saya tekankan ialah “Pastikan bahwa hal yang kamu lakukan akan selalu sejalan dengan hal yang kamu katakan dan kamu yakini benar”. Nah ini dia agak jleb rasanya, ada hal yang saya yakini tapi saya belum bisa melaksanakannya secara maksimal. Pengertian/ definisi lain tentang integritas yakni kita melakukan segala sesuatu dengan jujur dan secara konsisten. Untuk sukses di pekerjaan, kamu harus menyadari bahwa selain uang  yang diincar, ada hal penting lainnya, yaitu menjaga nama baik, image, dan reputasi.
“Langkah awal untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah mencari tahu diri kamu sebenarnya. Jadilah dirimu yang sebenarnya setiap saat. ” 
Di halaman 28 judulnya Dream & Think BIG. Di sini dijelasin kalo kita musti bermimpi dan berpikir besar, contoh nih kita mustinya bermimpi dan berpikir mendapat nilai 10 dari skala 1-10, karena kalo jatuh, jatuhnya juga gak bawah-bawah banget, bisa dapet 8 ato 9, nah gimana coba kalo kita Cuma matok nilai 6, apa yang akan terjadi(?) hhe. Tiga hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan hal yang kamu inginkan: Ask, Believe, dan Recieve. Penjelasannya: mintalah hal yang kamu ingingkan, percayalah yang kamu minta telah menjadi milikmu meski kamu belum mendapatkannya, rasakanlah bahwa kamu senang “telah” menerimanya.
“Hampir semua orang kaya dan powerful bukanlah orang yang memiliki talenta, pendidikan tinggi, charming, atau tampan. Mereka menjadi kaya dan powerful karena mereka memang menginginkannya. ” ( Paul Arden )


Di halaman 34 judulnya Confidence. Di sini dijelaskan seharusnya kita percaya diri, namun gak over confidence. Nah percaya diri itu bisa dibentuk bahkan ditingkatkan, caranya dengan mengenal dirimu yang sebenarnya. Di sini dijelaskan, yang lebih penting adalah kamu menyadari bahwa membangun rasa percaya diri itu penting karena berguna: pada saat bertemu orang lain; untuk membuat dirimu gak takut atau malu berada di suatu lingkungan yang baru; untuk membuat dirimu berani berbuat kesalahan; untuk membuat dirimu yakin bahwa next time kamu gak akan melakukan kesalahan yang sama(berbuat lebih baik).
Kepercayaan dan ketekunan menghasilkan proses peningkatan pengetahuan, tanggungjawab, inisiatif, dan kreativitas. ” (Daniel Tumiwa –Country Manager Multipli Indonesia)

Di halaman 41 judulnya On Time. Kalimat yang saya garis bawahi ialah “Tepat waktu ialah salah satu bentuk hormat kita terhadap diri sendiri dan orang lain”. Setuju juga dengan judul ini, kalo kita niat ontime maka gak ada alasan untuk telat, ketika semua tlah kita siapkan dan kita siasati. Ni ada langkah ontime: (1) menyadari bahwa being on time itu penting dan (2) mengalkulasi jam perjalanan secara tepat, kalau perlu, dengan memasukkan unsur kemacetan di dalamnya.
Saya mengharapkan staf saya mempergunakan dan menghargai waktu dengan baik, baik untuk dirinya maupun orang lain, misalnya dengan datang tepat waktu saat meeting. Selain itu mereka harus berpenampilan rapi, pandai, dan memiliki sifat jujur.” (Ronald Liem –Publisher DestinAsia Media Group)

Di halaman 45 judulnya Open Minded. Dijelaskan bahwa berpikiran terbuka itu cukup perlu mau mendengarkan. Berpikiran terbuka dengan ide/ masukan yang diberikan, kritik yang diterima, dll.
Pemikiran terbuka untuk menggali hal baru justru akan membawa seseorang ke berbagai penemuan yang tidak sengaja, tetapi berguna. ” (David A. Vise –Opini uuntuk Larry Page, Co-Founder Google, Inc)

 Keknya itu dulu ntar/ kapam-kapan dilanjut lagi, insyaAllah, hhe.

Di halaman 50 judulnya Respect.
Di halaman 57 judulnya Never Give Up.
Di halaman 63 judulnya Just Perform.
Di halaman 71 judulnya Be Calm, Be “Smart”.

Bagian 2
Di halaman 77 judulnya Speed & Automatic Progress Update Report(APUR).
Di halaman 84 judulnya Detail Oriented.
Di halaman 88 judulnya The Big Picture.
Di halaman 93 judulnya Positive Thinking.
Di halaman 105 judulnya Bring Solutions, Not Problems.
Di halaman 10 judulnya Do Not Assume.
Di halaman 113 judulnya Learn From Mistakes.
Di halaman 118 judulnya Make a Lot of Friends.
Di halaman 127 judulnya Fair & Objective.
Di halaman 129 judulnya Urgent & Important.
Di halaman 133 judulnya Show Leadership.
Di halaman 142 judulnya Fight for Your Team.

Bagian 3
Di halaman 151 judulnya Extra Mile
Di halaman 171 judulnya Powerful Instinct
Di halaman 175 judulnya Negotiation
Di halaman 178 judulnya Humor
Di halaman 181 judulnya Nowhere to Hide
Di halaman 184 judulnya Constructive Critism
Di halaman 187 judulnya Humble
Di halaman 191 judulnya Keep Searching
Di halaman 196 judulnya Share & Receive

Bagian 4
Up to You, You Do It.


Ditulis Oleh : asysya

Artikel ULASAN BUKU "35 KUNCI SUKSES DI USIA MUDA" ini ditulis oleh asysya pada hari Tuesday, 19 February 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang ULASAN BUKU "35 KUNCI SUKSES DI USIA MUDA" dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

1 comments:

Anonymous

Rambut pria maskulin

Model pangkas paling keren

Model rambut laki-laki terpopuler

Model cukur pria masa kini

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron