Buscar

Loading...

Tingkatan 1, 2, 3, dan 4 di Informatika (ITB & Undip)

Bismillaah...

Kemaren saya sharing sama kenalan yang sekarang masih di IF ITB. Sharing tentang IF di ITB itu bagaimana, hhe.. Dan sayang kalo saya lewatkan begitu saja obrolannya, jadi pengen dishare di sini juga. Aku penasaran, kalo di ITB IF(Informatika)nya itu kek gimana, mulai dari tingkat 1, tingkat 2, tingkat 3, dan tingkat 4.

Nah mari dibaca selanjutnya, hhe.

Aku tanya gini:
mnrt/setau mas..
tingkat 1-2 itu masa untuk apa?
tingkat 3 untuk apa?
tingkat 4 untuk apa?

Nah, masnya jawab banyak banget ternyata, hhe

Masnya jawab gini:
kalo di ITB, tingkat satu itu tahap persiapan bersama, masih berkutat Kimia, Fisika, dan Kalkulus, baru satu matkul if yaitu pengantar pemrograman.
tahun kedua baru masuk jurusan, semuanya benar2 baru. berada kalah sama yg di jurusan sama tapi univ lain yg udah belajar di semester 1 dan 2, sudah tahu ini itu.
tingkat 3 berharap lebih mudah, tapi ternyata semakin berat saja (ga nakut2i lho ya), tugas tiap makul sih satu tapi datengnya keroyokan.
o iya, di tingkat 2 di tempatku baru aja ospek jurusan buat masuk himpunan (hmif), istilahnya eksekutor kegiatan himpunan, anggota divisi lah mentok koordinator acara.
trus tingkat 3 panitia osjur, kalo aktif ya jadi ka divisi atau kahim kaya mas Lyco. atau aktif di badan pengurus himpunan atau unit kegiatan mahasiswa.
berbagi waktu nampaknya sebuah pembelajaran yang utama. pulang pagi berangkat pagi kayaknya biasa deh, dan masa2 itu dikangeni.
Tingat 4, masa paling berat menurutku pribadi, mungkin karena terbiasa berkelompok dengan orang hebat, malah ngerasa belum dapet apa2 di tingkat 2 dan 3, padahal liburan tingkat kenaikan tingkat 4 harus kerja praktek, ngerasa belum punya bekal buat kerja praktek.
Kalo temen2 ku yg lain di tingkat 3 dan 4 mereka berlomba-lomba ikut lomba, bikin tim, realisasikan ide, menang, sharing pengalaman dan sebagainya. Idealnya nampaknya begitu.
Tapi sadarilah bahwa kehidupan itu sebab akibat, setiap kejadian mempengaruhi kejadian berikutnya. kebaikan selalu datang dari sebuah kebaikan sebelumnya, tapi kejahatan semoga tidak seperti ini.
Jngan pernh mencari kambing hitam atas semua kejadian, boleh jadi sesuatu yg dianggap belum tau apa-apa itu bisa memotivasi untuk selalu belajar sampai ajal menjemput
kalo udah ngerasa bisa, bisa-bisa malah sombong, dan ga mau nyari tau.
Pay it forward.
intine balaslah ke orang lain, maka orang lain akan membalasnya ke orang lain.

Aku
bertanya lagi:
ITB kaderisasi HM bagus ya?

Masnya jawab:
nggak juga kok, di HM ku sendiri masih sering ganti metode, intine kaderisasi kan bentuk suatu kader, kalo di tempatku mulainya tingkat 2 dan tiap akhir pekan, jadi misal 12 pertemuan ya jadi kelihatan lama bisa 3bulanan baru di lantik, belum magang di divisinya.
bagus tidaknya tergantung pesertanya, bisa ngambil manfaat ga dengan kontribusinya di HM.
kalo lihat dari yg nampak sih ya udah lebih baik dari tahun ke tahun, mulai ada dukungan ke akademik, ga melulu berkegiatan banyak tapi ga bantu akademik.
setahuku udah banyak sinergi pihak program studi dengan HM.


Heuheu.. chat aja bisa segini ya kalo dimasukin ke word, hhe ^^V
nah, benar-benar mengena ya kuliahnya. Kaderisasi juga lumayan lama. Kalo cerita pengalaman pribadi kok kek speechless, gak punya apa-apa, hhe

Kan rata-rata kalo IF Undip itu:

Tingkat 1:
1.Penyambutan Mahasiswa Baru dari universitas, fakultas, dan HM. Dari HM sampe Desember, di akhiri dengan Outbond. Itu rasanya kayak “Pembekalan Kaderisasi”, kata dosen c, hhe. Pas dari HMIF itu ada penugasan-penugasan, ada kepemanduan juga, dll, hhe.
2. Pertengahan taun udah bisa masuk HM ataupun organisasi lain, udah bisa ikut kepanitiaan. Kan masa inkubasinya 3 bulan aja, jadi katanya tuh 3 bulan awal maba gak boleh disentuh neko-neko, hhe.

Tingkat 2:
1. Pas pertengahan tahun ke sana juga udah bisa jadi koordinator seksi kegiatan ataupun ketua kegiatan juga.
2. kalo yang aktif udah bisa jadi kahim atau kadiv. Di organisasi lain pun udah bisa jadi jajaran direksinya, hhe

Tingkat 3:
1.    Udah mikir PKL pas liburan semester 5. Abis PKL, seminar PKL.
2.    Ada yang masih di organisasi. Bahkan ada yang mengundur PKLnya untuk organisasi karena dia pentolan c, hhe. Ada yang udah gak berorganisasi.
3.    Ada yang ikut lomba juga, hhe
4.    Ada yang masih nerusin kerja dari PKL situ.

Tingkat 4:
1.    Fokus TA. Hhe
2.    Mungkin masih ada yang berorganisasi juga.

Nah, itu yang kutahu kalo di sekitarku, yakni di IF Undip ataupun di sekitarnya, kalo ada yang mau menambahi ya monggo.

Tapi aku dapat saran tadi, kalo semester 4(semester yang akan kulalui) ini saatnya perlu mulai mikir gimana ke depannya. Hhe

Nah, kalo kata Pak Edy gini nih:
“Dalam kuliah S1 ada 4 tingkat:
- Tingkat I, freshman
- Tingkat II, sophomore
- Tingkat III, junior
- Tingkat Akhir, senior
 








Ditulis Oleh : asysya

Artikel Tingkatan 1, 2, 3, dan 4 di Informatika (ITB & Undip) ini ditulis oleh asysya pada hari Friday, 15 February 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tingkatan 1, 2, 3, dan 4 di Informatika (ITB & Undip) dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron