Buscar

Loading...

SPONTASNITAS DI MUSYAWARAH WILAYAH REGIONAL III ILP2MI

Bismillah

Suatu hari aku dichat oleh kawan R’nB Undip. Dia namanya Yunus. Dia menawarkan untuk ikut acara ILP2MI, entah kenapa dia memberikan kesempatan itu padaku. Aku berpikir sejenak dan akhirnya menyanggupi karena juga gak ada kegiatan yang gak bisa ditinggalkan.

Aku segera menghubungi temenku(Intan) untuk konfirmasi. Acara itu (kata Yunus) tanggal 1-2 Februari 2013, namun setelah H-1 aku baru diberitahu kalo acaranya tanggal 3 yakni hari Ahad. H-1 yakni tanggal 2 kami mempersiapkan apa yang musti dijelaskan/ dipresentasikan. Aku gak nyangka kalo musti bikin PPT/musti presentasi. Kirain Cuma duduk dengerin aja, hhe.

yaudah H-1 itu Intan dan mbak Ziza ngumpul di kostku. Kami merencanakan besoknya itu seperti apa. Masih bingung juga mau naik motor atau ngebus. Kami tanya anak Unnes, mereka naik motor, tapi kan mereka laki-laki semua -.-
Dan pagi harinya baru diputuskan naik bus. Hho

Tanggal 3 itu kami berencana berangkat jam 8 ketemu di Sukun. Kami naik Shutle, jadinya gak naik bus tapi travel. Naik travel ke Jogja sampe jalurnya itu Rp 38.000,00. Setelah itu kami sholat dan selanjutnya naik Trans Jogja dengan ongkos Rp 3.000,00. Setelah itu kami menunggu Ula di pemberhentian bus. Dan kami jalan ke rumah Ula yang gak jauh dari sana.

Waa di rumah Ula untuk ke-2 kalinya ^_^
Dulu itu pas Promotion Level 1 dan sekarang ini agak beda yakni nginep, hhe.
Sesampai di sana, aku bersih diri, sholat, dan kami makan bersama. Setelah itu meneparkan diri XD
Dan malamnya setelah makan malam, aku, mb Ziza, dan Ula baru tidur jam 1 untuk mempersiapkan presentasi di keesokkan harinya. Sedangkan Intan jam 11-12 itu sudah tidur duluan, karena sebelumnya gak tidur, kantong matanya menyiratkan bahwa ia capek dan butuh istirahat.     
Power point untuk profil sudah siap, power point untuk proker masih perlu dipercantik, dan video sudah ada. Kami tidur.

Pagi harinya kami brangkat ke TKP sekitar jam 8.00. kami naik motor ke UMY, dari rumah Ula sekitar 30 menit. Sesampai di sana, kami cukup tercengang, pasalnya kami ialah pendaftar pertama, haha zzz
Setelah itu kami berkenalan dengan UKM lain dan tak lama kemudian aara dimulai. Acara dibuka dengan sambutan beberapa orang terkait yakni ketua panitia (mas Singgih-beliau menjelaskan terkait dengan filosofi jawa-), ketua KPM UMY yakni mas Sugi, dan dari dosen(bapaknya memotivasi dan mengatakan yang isinya ketika orang lain liburan/senang” namun kami yang di sana mau bekerja).

Pembacaan tilawah yang syahdu, tapi aku malah ngedit dikit PPT Proker, zzz.

Setelah itu acara dihandle oleh Koordinator Wilayah Regional III yakni mas Rama Rizana. Acara awal yakni presentasi tiap UKM yakni ada sekitar 11 UKM yang hadir. Ini sedikit ringkasannya:

Presentasi pertama oleh GC (Gama Cendekia) UGM. Taun ini GC berkonsentrasi tentang prestasi lembaga, kontribusi (beberapa desbing), dan ia sebagai wadah kebersamaan. Aku menanyakan tentang alur kaderisasi dan manajemen keuangan. Mbak Ninda dari UKM P UNY menanyakan tentang total pengurus dan menjaga agar ada kedekatan/ kekeluargaan. Mas Ali dari IKIP PGRI Semarang bertanya tentang gimana penggolongan kaderisasi GC dan gimana kok GC ada link Indonesia Mengajar.

Presentasi ke-2 yakni UPI (Unit Penalaran Interdisipliner) UGM. Ia terbagi menjadi 3 departemen yakni DPP, PSDM, dan Humas. Pertanyaan yang diajukan ialah gimana penggalian ide? Gimana mempertahankan kaderisasi? Apa perbedaan UPI dan GC? Penjelasan UPI Research Camp dan Research Month? Sumber duit?

Presentasi ke-3 yakni dari UKMP (Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran) UNY. Strukur dibagi menjadi bidang 1(Keorganisasia) yang menliputi Humas, Kesra, dan HRD, ada bidang 2(Peneliatian), dan bidang 3(Kewirausahaan). Pertanyaan yang diajukan ialah LKTI Nasional gimana? Alur kaderisasi? HRD dan Kesra apa bedanya? Research Exploration itu gimana?

Presentasi ke-4 oleh UKMP Unnes. Di sana ada departemen Riset, HRD, Education and Training, Kominfo, Research Entrepreneur. Pertanyaannya ialah gimana pengabdian masyarakatnya?

Presentasi ke-5 ialah dari UKM RIPTEK Unnes. Di UKM itu ada departemen Robotika, PTI(Pengembangan Teknologi Informasi), dan Technopreneurship. Pertanyaan yang diajukan ialah gimana keberjalanan proker dan apa saja proker untuk umum? RIPTEK taun ini fokus apa? Gimana pengembangan Technopreneurship? Kompetensi Internal technopreneurship itu gimana? Gimana biar RIPTEK tu gak Cuma -serasa- buat anak Teknik, tapi bisa merata?

Presentasi ke-6 yakni UKMPR Unsoed. Departemen yang ada ialah PO, Riset, Penalaran, dan Humas. Pertanyaannya ialah LKTI kapan? Target selama 1 tahun apa?

Presentasi ke-7 ialah dari SIM UNS. Di sana ada birokrasi yakni ada POSDM dan Kominfo dan yang lebih ke keilmiahan ialah Kelompok Studi Ristek, kepenulisan, dan komdev. Pertanyaannya ialah bagaimana pengelolaan PSDM? Gimana biar dosen yang nyari kita?

Presentasi ke-8 yakni dari R’nB Undip. Namun mungkin karena waktunya habis jadi gak ada sesi tanya jawab. XD presentasi itu kami menyajikan video dan PPT Profil itu yang membawakan aku, hmm demam mulai menjangkiti, tapi entah kenapa karena kespontananku mereka malah ketawa, jadi gak garng-garing amat lah, lha aku ya spontan aja ngomongnya ‘Ketua punya sekre pribadi ^^V’, dll. Dan selanjutnya presentasi tentang Proker yang disampaikan oleh Intan, hmm suasana jadi sepi, mereka fokus merhatiin presentasi Intan ^_^

Presentasi ke-9 yakni EXACT UIN SUKA, baru berumur 6 bulan. Kemaren mereka pake video, gak sempet nulis banyak dah ^^V

Presentasi ke-10 ialah UKM KIMP IKIP PGRI Semarang. Bidang-bidangnya ada Kaderisasi, Litbang, Dimas, Jaringan eksternal, dan Sarana Informatika.
Presentasi ke-10 yakni RMC UMS. Ini punya fakultas.

Presentasi ke-11 yakni KPM UMY. (Kurang adanya dokumentasi tertulis dariku ^^V)


Ada penjelasan tentang ILP2MI. Kongres Nasional ILP2MI IV diadakan di USU Medan bulan Mei 2013. Awal April ada pengabdian masyarakat(Pengmas) di jember dengan tema medis dan pertanian.

Setelah itu kami pulang ke rumah Ula, eh sebelumnya sholat dan beli oleh-oleh dulu, hhe. Keknya sekian aja dari kami, lanjut kapan-kapan ^_^

Untuk cerita/ catatan lebih banyak ada di saya. Silakan hubungi saya jika diperlukan ^_^

Ditulis Oleh : asysya

Artikel SPONTASNITAS DI MUSYAWARAH WILAYAH REGIONAL III ILP2MI ini ditulis oleh asysya pada hari Monday, 4 February 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang SPONTASNITAS DI MUSYAWARAH WILAYAH REGIONAL III ILP2MI dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron