Buscar

Loading...

(2) #KKL IF Undip 2011: NTMC Polri, Microsoft, dan Pentingnya IPK


Jam 3 hari Selasa tanggal 3 September 2013 kami tiba di tempat yang namanya Wisata Keluarga Hobihobi, yang terletak di Jatiwarna, Pondok Melati, Bekasi. Di sana kami merehatkan badan meski sebentar, bersih diri, dan sarapan dengan cara prasmanan pada jam 6:22. Jam 7:29 kami check out dari wisma itu menuju NTMC(National Traffic Management Centre) Polri.

Jam 8:33 kami sampai di sana. Jam 8:50 dimulailah penjelasan mengenai pengolahan data lalu lintas itu di Control Room. Bapak Gatta Chairuddin menjelaskan bahwa di ruang itu ada 30 PC, dengan 2 macam operator yakni polisi dan operator khusus untuk call centre, dll. Jam 9:29 kami berada di Aula NTMC untuk menyimak pemaparan mengenai Profil NTMC. Presentatornya ialah Kombes Pol Drs. Gatta Chairuddin, SH, Kabid Tekinfokom Korlantas Polri. Sebelum memasuki Aula kami diberi buku ”Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dan Budayakan Keselamatan sebagai Kebutuhan”. Materi bahasannya meliputi Konsep dan Kebijakan Pembangunan, Gambaran…, dan Manajemennya. Di sana kami juga dikenalkan dengan presenter NTMC, itu tuh polwan yang cantik-cantik, tapi yang bisa dateng cuma 2. Setelah itu ada sesi tanya jawab dan sekitar jam 11 kami menuju Microsoft di Bursa Efek SCBD. Intinya sih ya gak mudah untuk membangun sistem dengan cakupan besar, seluruh Indonesia! Ya terbayang kali ya, sistem yang kecil aja riweh, apalagi ya besar, yang mencakup teknologi dan human.

Jam 1:11 di ruang Microsoft kami mendengarkan penjelasan mas Fero (agak lupa jabatannya, tapi beliau tu karyawan Microsoft dengan skala Asia Pasific). Ada tiga poin yang beliau sampaikan, yakni Apa sih Microsot itu, Bagaimana kerjanya(dengan 100.000 karyawan di dunia), dan akan kemanakah mereka menuju. Penjelasan singkatnya, Micrsoft ialah Device and Service Company, kami juga dijelaskan struktur organisasinya, dan Where we(Microsoft) go dijawab dengan fokus untuk mengadakan cloudnya.

Beberapa poin yang saya dapat di sini:

1. Di Microsoft tidak memerhatikan fisik, namun behavior, attitude, skill, dan intelligent itulah yang lebih penting.
2. Analisis kekuatan dan kelemahan produk lain, dan putuskan apa yang bisa kita lakukan.
3. Yang paling konstan ialah perubahan, jadi jangan terlena ketika di atas.
4. Untuk penjualan, identifikasi kebutuhan dan tawarkan yang cocok(sesuai kebutuhan user).
5. Ada harga untuk setiap kualitas.
6. Tiap produk (Microsoft) ada life cycle-nya.
7. Ada dua penanganan pembajakan, dengan menge-blok agar gak bisa ngapa-ngapain dan bisa diberi edukasi (karena manusia ‘bisa diajak bicara’).
8. Di Microsoft di bagi menjadi Research Team, Product Team, Marketing, Sales. Research Team yang bertugas memecahkan masalah yang kita belum tau masalahnya apa. Tim ini terdiri dari akademisi, praktisi, dan konsultan. Untuk Product Team ada yang coding dan testing. *Ternyata ilmu Testing gak cuma ngetes trus udah gitu doing, tapi menghitung ini itu, hhe*
9. Oya, dan poin menohok ialah bahwa SKILL aja GAK CUKUP, tapi IPK juga diperlukan. Kenapa? Karena masnya bilang saat yang dibutuhkan 100 orang, yang mendaftar ada 5000 orang, trus gimana menyortirnya? Ya dengan IPK, gak mungkin kan orang baca CV sebanyak itu untuk mencari yang punya skill bagus. Dan ternyata setelah disortir IPK 3,75 baru keluar ratusan, dan jadinya terpilihlah 110 orang. Dududu, ternyata, ini cukup mengubah pandangan saya.

Jam 3an kami melanjutkan perjalanan menuju Hotel Puri Jaya di Jakarta Pusat. Jam 4.30an kami check in di sana. Habis Maghrib makan prasmanan dan setelah itu free time. 

~ To be continued =)

Ditulis Oleh : asysya

Artikel (2) #KKL IF Undip 2011: NTMC Polri, Microsoft, dan Pentingnya IPK ini ditulis oleh asysya pada hari Wednesday, 4 September 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang (2) #KKL IF Undip 2011: NTMC Polri, Microsoft, dan Pentingnya IPK dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron