Buscar

Loading...

(1) #KKL IF Undip 2011: Pemberangkatan, Papasan sama KKL PTIK UNNES, dan Galau


Bismillaah…

Alhamdulillaah, hari yang dinanti oleh kawan-kawan tiba juga. Hari pertama perkuliahan di Undip yakni hari Senin tanggal 2 September 2013 diadakan Kuliah Kerja Lapangan(KKL). H-2 ada briefing panitia dan H-1 ada Technical Meeting serta pengambilan jaket angkatan di ruang sidang. Pada sore/ malamnya beberapa jarkom pun diluncurkan, jadi kentara sikap mengayomi dari sang ketua yakni Oxa, hhe.

Saya pikir beneran bakal ontime jam 1 siang, saya  pun tergesa-gesa untuk berangkat ke GSG Undip. Ternyata, olala… menanti, menanti, dan menanti. Upacara pelepasan pun dimulai, jam 1:52 ada sambutan dari Koordinator KKL yakni bapak Ragil Saputra, setelah itu dilanjutkan sambutan dari Kepala Jurusan (yang baru) yakni bapak Nurdin Bahtiar. Jam 1:56 dilanjutkan doa yang dipimpin oleh bapak Nurdin juga. Jam 1:58 ada pelepasan, secara simbolis dengan dikenakannya jas almamater Undip oleh bapak Nurdin kepada Oxa.

Setelah itu peserta memasuki bus masing-masing. Busnya terdiri dari bus 1, bus 2, dan bus 3. Dengan nama bus Subur Jaya. Di dalam bus tersebut dilakukan presensi oleh PJ bus yakni Fachrizal dan Ade Pondra untuk bus 2 pada jam 2:03, Satria dan Dwi Prabowo untuk bus 1, dan Zaki serta Erla untuk bus 3. Dan jam 2:09 berangkatlah kami dari Gedung Serba Guna Undip itu. Jam 2:15 ada penjelasan tempat kunjungan dan fasilitas bus dari tour leader yang bernama mbak Lisa (untuk bus 2) *Saya di bus 2, jadi leih banyak menjelaskan keadaan bus 2, hhe*. Oya, di bus ini kami didampingi oleh Pak Ragil dan Pak Helmie Arif Wibawa. Untuk bus 1 ada Pak Eko dan Pak Priyo, sedangkan bus 3 Pak Indra dan Pak Panji. Di perjalanan, kami berpapasan dari rombongan KKL PTI(Pendidikan Teknik  Informatika) Unnes, mereka ada lima bus dengan kunjungan ke LIPI, Detik dan Oracle, serta Transstudio. Dan mereka juga balik hari Jumat tanggal 6 September 2013 insyaAllaah, jangan-jangan ntar ketemu di Transstudio, hha (taunya setelah SMS dik Dita PTI Unnes 2012 dan Ganang Ardiy Tama PTI Unnes 2011). Kami berhenti di Rumah Makan Padang yang bernama Indonesia, hhe, serasa lagi di luar negri trus nemu RM Indonesia *hha, apasih.. Lha abis namanya Indonesia*. Di sana kami menjamak sholat Maghrib dan Isya dilanjutkan makan. Oya, saat itu tugas saya sebagai bendahara sedikit berkurang, pasalnya setelah makan uang biro kami lunasi, hhe, meski dengan sedikit risau di Rizka *maaf ya Riz ^^V*. jam 8:08 kami selesai makan.

===
 Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Allah subhanahu wa ta’ala memberi keringanan bagi musafir dengan menjadikan shalat yang empat raka’at menjadi dua raka’at. Seandainya shalat sunnah rawatib sebelum dan sesudah shalat fardhu disyari’atkan ketika safar, tentu mengerjakan shalat fardhu dengan sempurna (empat raka’at) lebih utama.” (Zaadul Ma’ad, 1/298). Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih melakukan shalat sunnah qabliyah shubuh ketika bersafar. Begitu pula beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam masih tetap mengerjakan shalat witir. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Termasuk di antara petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bersafar adalah mengqoshor shalat fardhu dan beliau tidak mengerjakan shalat sunnah rawatib qobliyah dan ba’diyah. Yang biasa beliau tetap lakukan adalah mengerjakan shalat sunnah witir dan shalat sunnah qabliyah shubuh. Beliau tidak pernah meninggalkan kedua shalat ini baik ketika bermukim dan ketika bersafar.” (Zaadul Ma’ad, 1/456). Adapun shalat malam, shalat Dhuha, shalat tahiyyatul masjid dan shalat sunnah muthlaq lainnya, masih boleh dilakukan ketika safar. (Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1/490)        
===

Sore itu mas Medi (Presdir R’nB) telpon saya, pertanda nih ada sesuatu, dan benarlah setelah smsan ma adik-adik dan menanyakan langsung pada mas Medi ada sharing sama mas Lutvan, temanya pun gak tanggung-tanggung yakni “Kembalikan Ruh R’nB”, galau dah, hha. sampe nyatus gini:

- Hati dan ruh di Tembalang menyongsong "Kembalikan Ruh Rnb" by Founding Father R'nB. Jika perjalanan ini bisa ditempuh dengan motoran, siap deh nyusul rombongan. 
- Hanya bisa mengelak dengan hati di ruang ini.

Oya, sore itu temen-temen pada karaoke, jujur saya gak kuat rasanya, tapi gimana lagi mau keluar gak bisa, ya cuma bisa melakukan hal yang serendah-rendah iman yakni mengelak dalam hati. Sudah beberapa tahun saya gak suka musik dan di ruang itu rasanya kek tempat karaokean gitu. Ya Allaah. Mangkanya lebih baik juga saya balik Tembalang dulu, baru nyusul, hha, and the fact: gak bisa. Mungkin itu dulu ceritanya, simak terus yak, hhe. 

Ditulis Oleh : asysya

Artikel (1) #KKL IF Undip 2011: Pemberangkatan, Papasan sama KKL PTIK UNNES, dan Galau ini ditulis oleh asysya pada hari Tuesday, 3 September 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang (1) #KKL IF Undip 2011: Pemberangkatan, Papasan sama KKL PTIK UNNES, dan Galau dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron