Buscar

Loading...

Kongres IV ILP2MI: Seminar tentang Kebudayaan, Hiburan, Pamil & Sharing UKM #3

Bismillaah…

Sesampai di Medan pada hari pertama, mari kita simak untuk hari kedua dan seterusnya :D

Hari Rabu tanggal 8 Mei 2013 ini ada seminar mengenai kebudayaan di Auditorium USU. Jam 9:27 dua orang MC mengenakan pakaian kebudayaan Sumatra keluar, mereka berdua berbalas pantun. Setelah itu mereka bertanya jawab satu sama lain(antara MC perempuan & MC laki-laki), mereka berbincang mengenai Kongres ILP2MI dan mengenai FORMASI(Forum Riset Mahasiswa Indonesia). Setelah itu acaranya ialah bak presensi tiap universitas :D Jadi si MC memanggil kami berdasarkan universitas kami.

Setelah pemanggilan per universitas, acaranya ialah sambutan, sambutan dari sang ketua panitia yakni mas Ananda Rizky pada jam 9:46. Dilanjutkan sambutan dari pak Sekjend ILP2MI yakni kak Soma Salim S. Kak Salim(begitu beliau biasa dipanggil) menjelaskan kalau sekarang di ILP2MI ada 51 UKM. Dibagi menjadi lima regional yakni:
Regional 1: Sumatra & Kalimantan
Regional 2: DKI Jakarta dan Jabar
Regional 3: Jateng & DIY
Regional 4: Jatim, Denpasar, Bali, NTB, dan NTT
Regional 5: Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sedangkan founding father ILP2MI ada 15 UKM Penalaran & Penelitian.
Sambutan selanjutnya ialah dari PR 3 pada jam 9:59. Beliau memaparkan beberapa hal, yang saya tangkap ialah ada penelitian yang salah, dipublish, kemudian dikopi orang. Beliau juga mendukung agar ada isu yang dikemas secara nasional melalui penelitian tiap daerah itu.  Beliau juga menjelaskan kalau peneliti itu harus reliable. Selain memberi sambutan, beliau juga membuka acara yakni pada jam 10:08. Setelah itu ada hiburan Tari Batak Toba pada jam 10:09, dilanjutkan Nasyid pada jam 10:19, dan jam 10:32 seminar dimulai. Ada dua materi yang disampaikan pada sesi pertama yakni mengenai Eksistensi Budaya Indonesia dan Technology & Digitized Cultural Heritage: A Best Way of Prevening Claims.

Setelah materi itu ada hiburan angklung dari fakultas Psikologi, hiburan ini selesai jam 10:10. Ada hiburan lain untuk mengisi kekosongan juga. Selain hiburan itu, ada juga atraksi matahin batu panjang dari Merpati Putih. Materipun dilanjutnya ke sesi kedua, dengan pemateri bapak Iswandiani Lubis.

Setelah seminar selesai, kami diajak ke Pameran Ilmiah. Waahhh sayang sekali kami di sana Cuma sebentar, hanya beberapa stand yang saya kunjungi, yakni stand game angka dari IKLC dan stand Kompos Takakura, stand farmasi, dan stand robotic.


Salah satu produk yang ada di Pamil

Setelah mengunjungi Pamil itu, kami kembali ke penginapan. Pada malam harinya ada sharing UKM & ada sedikit koreksi/ evaluasi. Namun sebelum itu ada perkenalan mengenai ILP2MI. ILP2MI memakai sistem Kolektif Kolegial.

Kolektif Kolegial : Seluruh kebijakan, kegiatan atau pun menjalankan suatu proses dalam berorganisasi, semuanya berpijak pada kebersamaan, dimana seluruh pengurus dan anggota harus terlibat. Kolektif kolegial merupakan formulasi kepemimpinan dalam ikatan guna membangun kebersamaan dan satu ikatan, namun dalam implementasinya perlu kita pertimbangkan guna terciptanya iklim ikatan yang kondusif.
(Terakhir diakses pada 13 Mei 2013 jam 11:48 dari http://demastainpraya.blogspot.com/2013/01/kolektif-kolegial.html)

Di bawah ini ialah Pengurus ILP2MI 2012-2013
Sekretris Jenderal ILP2MI: UNM
Koordinator Regional 1: Unand
Koordinator Regional 2: UI
Koordinator Regional 3: UMY
Koordinator Regional 4: UMM
Koordinator Regional 5: Unhas
Bendahara: Universitas Tanjung Pura, Pontianak
Koordinator Departemen Pendidikan: LKP2M UIN Maliki Malang
Koordinator Departemen Penelitian: PPIPM UNP
Koordinator Departemen Pengabdian Masyarakat: LKIM PENA Unismuh
Karena hari semakin larut malam namun presentasi UKM belum selesai, maka dicukupkan dulu, esok hari baru dilanjutkan. Hhe.

Oya, untuk yang pengen materi kedua sesi pertama bisa download di sini



 Suasana sharing UKM yang sedikit tidak kondusif (a.k.a pada ngantuk)



Ditulis Oleh : asysya

Artikel Kongres IV ILP2MI: Seminar tentang Kebudayaan, Hiburan, Pamil & Sharing UKM #3 ini ditulis oleh asysya pada hari Monday, 13 May 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Kongres IV ILP2MI: Seminar tentang Kebudayaan, Hiburan, Pamil & Sharing UKM #3 dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron