Buscar

Loading...

#3 Pengmas Realita IV ILP2MI : Pendidik Muda beraksi, Pertengkaran Kecil, dan "Aksi" Anak SD

Rabu, 7 Mei 2014

Pagi hari kami (Tim Pendidikan) mengajar di SD. Karena ini baru pertama kali kami mengajar di SDN Pulo Panjang, maka kami beramah tamah dengan para guru terlebih dahulu. Setelah itu mulailah kami mengajar. Materi pada hari itu ialah perkenalan dan mengenai mimpi. Nah, hari sebelumnya kami sudah memotongi kertas menjadi empat bentuk dan dengan kertas itu adik-adik bisa menuliskan mimpi-mimpinya.

Awalnya kami memperkenalkan diri masing-masing, dilanjutkan dengan mereka. Selanjutnya ialah materi mimpi. Kami menanyakan mimpi mereka terlebih dahulu. Selain menuliskan mimpinya di kertas yang kami berikan, mereka menuliskan mimpinya di papan tulis, sembari kami mengajari mereka untuk mengantri.


Setelah jam 10, pelajaran di kelas 1 selesai, dan ruang itu digunakan oleh siswa kelas dua, kami (pengajar kelas satu) membantu kelas yang lain untuk mengajar. Saya ke kelas lain dan mengajak bermain game konsentrasi (menunjuk bagian wajah, tepuk tunggal-ganda, dan game “ini, yang ini, kalo ini”). Kemudian saya ke kelas mas Hudi dan dik Nurma, di sana meriah sekali. Beberapa game yang diberikan di kelas itu ialah game pak dum, cerdas cermat, dan membuat karya. Game itu dilaksanakan oleh dua kelompok besar. Ada satu anak yang sangat lincah dan semangat di kelas ini, namanya Regaf.





Pada siang harinya kami melatih seni pada anak-anak. Saya sangat terkesima, karena anak-anak yang saya damping sudah pandai membaca alqur’an, padahal seumuran mereka.

Pada malam harinya ada evaluasi lagi. Kalau dari SD Kebalen, katanya, “Ada mahasiswa datang ke sini saja sudah senang.” Kemudian diskusi lebih mengenai penyelenggaraan festival. Karena forumnya sangat besar(meliputi tiga divisi), maka forum dipecah menjadi per divisi. Kami menyepakati festival diadakan di sekitar SD Pulo Panjang, sebelum festival anak-anak tampil dan setelah itu dipilih beberapa yang bagus dan memungkinkan untuk tampil. Kemudian kami menge-list kebutuhan untuk tampil. Malam sudah larut dan kami belum menyiapkan materi mengenai Pendidikan Karakter.

Kamis, 8 Mei 2014

Pagi hari sebelum kami sarapan, kami menge-list kebutuhan yang diperlukan untuk lomba pada hari Jumat. Setelah itu kami mengajar di kelas. Hari ini lebih super daripada sebelumnya. Kami berencana untuk tanya jawab cepat tepat. Namun, ya namanya anak-ana yang nalarnya belum begitu jalan(masih kelas 1 SD). Kami memberi pertanyaan. Kami sudah menjelaskan aturan mainnya kalau mau menjawab maka harus acungkan tangan kemudian kami tunjuk dan baru menjawab, kami sudah menjalaskan beberapa kali, namun mereka belum paham jua -_- Apa yang terjadi? Malah seperti aksi -_____- Saat kami beri pertanyaan, mereka mengacungkan tangan, karena banyak yang mengacung kami berpikir sejenak, belum usai kami berpikir, anak-anak maju ke depan menyerbu kami, mau menjawab -____- #gubrak. Dan kami kebingungan untuk menenangkan mereka :D akhirnya mereka mau mundur. #fyuh. Mereka seperti aksi dan cukup anarkis (lebay). Hari kedua kami mengajar ini akhirnya ada yang bertengkar dan menangis. Tidak hanya satu, tapi ada beberapa. Lumayan lah energy yang kami keluarkan pada hari ini. Setelah mengajar SD kelas 1 saya dan Gustaf mengajar Matematika kelas VI SD. Pada awalnya ada satu soal yang membuat kami kesulitan, namun alhamdulillaah ada mbah google, jadinya kami mencari rumus di google, hhe. Alhamdulillaah kami mendapatkan rumus itu. Kemudian kami menanyakan lagi soal-soal yang sulit untuk dibahas bersama. Ada satu lagi soal yang sulit, namun alhamdulillaah di google sudah ada penyelesaiannya. Selamatlah kami :D setelah menyelesaikan beberapa soal, kami mengajak pendidik yang lain untuk memperkenalkan diri dan menawarkan bantuan jika kesulitan. Dan pada siang itu kami makan es kelapa ½ muda bareng-bareng. :D


Siang harinya kami melatih seni. Saat saya memasuki kelas, anak-anak siap untuk marawis. Mereka sudah pintar-pintar dan masyaAllaah suara mereka merdu sekali. Kami melatih hingga sore hari.


Pada malam harinya kami mengadakan evaluasi lagi. 

Ditulis Oleh : asysya

Artikel #3 Pengmas Realita IV ILP2MI : Pendidik Muda beraksi, Pertengkaran Kecil, dan "Aksi" Anak SD ini ditulis oleh asysya pada hari Monday, 12 May 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang #3 Pengmas Realita IV ILP2MI : Pendidik Muda beraksi, Pertengkaran Kecil, dan "Aksi" Anak SD dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron