Buscar

Loading...

01 Pelatihan JWP & Sertifikasi JWP II: Unique

Bismillaah

Sebelum jam tiga tlah terdengar notifikasi dari speaker dalam kamar yang mengajak para peserta untuk sahur. Kami pun sahur di waktu yang cukup pagi untuk sahur itu. Hhe. Sayur, lauk, teh, susu, air putih, dan tentunya nasi tersedia di sana. Setelah sahur, ada sholat subuh berjamaah.

Sebelum jam 8 terdengar notifikasi juga, yang mengajak untuk kumpul di ruang aula, ada pembukaan acara di sana. Sebelum acara dimulai, peserta menunggu beberapa menit. Dan saya meluncurkan aksi saya untuk muterin buku link, hhe. Ada pemutaran video juga. Seperti biasa, ada sambutan dari ketua pelaksana, ada sambutan Ketua Balitbang SDM Kominfo, dan acarapun resmi dibuka. Sambutan ketua isinya ialah bahwa pelatihan JWP II itu tanggal 15-17, tanggal 18-19 ada sertifikasi, di sini ada 2 instruktur, empat pembantu instruktur, dan dua asesor. Sedangkan kalo isi sambutan Kepala balitbang SDM Kominfo ialah bahwa bekerja di IT itu bias bekerja di industry IT itu sendiri atau bias bekerja di perusahaan lain sebagai pengungkit untuk member pelayanan yang cepat. Beliau juga berpesan agar kami bisa memaksimalkan fasilitas seperti koneksi dan library.  Setelah itu ada penyematan nametag pada peserta, peserta yang maju ialah Risca Fajariani(IPB) dan Bayu(Unnes). Setelah itu peserta registrasi(menyerahkan surat pernyataan dan dua foto) dan mengambil nametag dan menempelkan foto(diri sendiri :D ). Sebelum itu, peserta melihat di manakah ruang yang ia pakai, di 109 atau 110.
Setelah masuk, peserta diberi training kit yakni modul, bolpoint, map, dan buku. Peserta 110 menunggu bapak yang mengajar yakni bapak Eddo Fajar Nugroho. Sembari menunggu kami saling add akun Fb dan masuk ke grup JWP II. Dan saya bikin status gini:
Teknologi
(terkadang)
yang jauh serasa dekat
yang dekat serasa jauh
u,u
Gimana enggak, padahal satu kelas pada komen”an. Hha. Dasyar..

Jam 10.30 lebih pembelajaran dimulai. Bapaknya memulai pembelajaran dari bab satu yakni tentang Kode Program. Bapaknya menjelaskan sembari mengetik, jadi kami cukup banyak menulis materi yang diketik bapaknya. Jam 12 ada istirahat sampai jam 1. Kami beristirahat dan kembali lagi jam 1. Selain penjelasan dari bapaknya, ada tugas juga. Tugasnya ialah mencari dokumen word berhalaman 3-4 dan mengubahnya ke html, tampilannya harus sama dengan isi dokumen word itu. Setelah di hari kemudian kami berbincang, ternyata ada cara cepatnya, hhe. Yakni dengan save as file ke html/web page. Trus dokumen baru (yang disimpan) itu dibuka di notepad++. Jadi deh dokumen word dalam bentuk kodingan html gitu, abis itu tinggal buka pake browser. Hehe. Ni tau dari temenku dari Amikon Jogja, namanya Sri Mulyati, dia diajari temannya.

Jam 4 pembelajaran selesai, kami balik ke kamar untuk sholat dan acaranya bebas. Namun, karena kelelahan yang menggelayuti, kami memutuskan untuk istirahat. Jam 5.30an ada notif untuk berbuka puasa. Oya, kami makan di kantin, yang posisinya berseberangan dengan asrama kami. Setelah berbuka puasa sedikit, peserta sholat maghrib dan dilanjutkan makan besar kemudian sholat tarawih.
Malam harinya, sodara saya nelpon, dan kami bertemu di depan Gerbang Korea-Indonesia ICT Training Center itu. Alhamdulillaah, ketemu saudara lagi. Hhe. Menyambung silaturahmi-lah. Beliau datang se-keluarganya. Setelah ngobrol-ngobrol, kami berpisah deh, hhe. Oya, sebelum bertemu saudara saya itu, ada Coffe Break juga di kantin. Ada tiga snack, kopi, dan teh di sana. Setelah itu saya memasuki kamar saya yakni di DM A.I nomer 7. Dan satu ide saya post di grup JWP II:
Sebenarnya agak kurang ketika hanya melewatkan malam tanpa sua kebersamaan kita semua. Karna kita gak kan tau, mungkin suatu saat nanti kita bisa saling mutualisme dalam business(urusan) kita masing".

Kita sesama anak IT, mungkin nanti ada yang punya perusahaan besar, mungkin bisa jadi investor, dll. Sebenarnya mungkin kalau diadakan makrab bisa mengenalkan kita satu sama lain dan akan tercipta nostalgia untuk hari kelak yang bisa dikenang serta menambah link, bukan cuma belajar semata di sini.
hhe

#‎cmiiw
Top of Form

Alhamdulillaah dapet respon positif dari mereka, hhe. Tinggal tunggu actionnya aja.

Sebelumnya, karena seneng banget, bikin status gini dah:
===
Satu perjalanan menuntut ilmu, bonus plus-plus silaturahmi beberapa saudara dan insyaAllaah kawan lama.
*Bukan tentang seremonial saja, namun carilah hal-hal esensial
  *
Apa gak ada mata kuliah Sejarah Pemrograman gitu ya? Yang menjelaskan tentang perkembangan pemrograman dan mungkin bahasa pemrograman yang telah lapuk dimakan usia. #‎TetibaTerpikir
Ya cuma mikir aja, kan di IF gak ada tuh mata kuliah macam sejarah :D Tapi ribet juga c kalo musti ngafalin banyak gitu, hehe. #DasarManusia
Trus nyatus lagi karena terinspirasi orang unik yang baru saya temui:
===
Kadang inspirasi datang dari orang unik. Bagaimana logika pikirnya. Jangan terburu men-judge seseorang dengan yang nampak saja. Namun pikirkan dan telaah, mungkin logika dia ada benarnya. Mungkin orang unik itu banyak belajar sehingga menyebabkan dia seperti itu: kritis dan korektif. Jangan terburu terbahak tanpa makna, selusuri tiap perkataan, mungkin ada hikmah dibalik itu semua.
Soalnya beliau tu unik, tapi kritis dan sering ngoreksi apa yang ditemuinya. Ngeliat modulnya gitu udah dikritisi. Mungkin gitu kali ya orang cerdas, kadang unik.
Setelah ngenet-ngenet gitu, beristirahatlah kami untuk mempersiapkan hari esok.

Hal yang dipetik ialah:
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat: 13)


Ditulis Oleh : asysya

Artikel 01 Pelatihan JWP & Sertifikasi JWP II: Unique ini ditulis oleh asysya pada hari Wednesday, 17 July 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang 01 Pelatihan JWP & Sertifikasi JWP II: Unique dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron