Buscar

Loading...

[REVIEW PERJALANAN IMAM SYAFI'I]



.Nama lengkap: Muhammad Ibnu Idris Ibnu Abbas Ibnu Utsman Ibnu Syafi' Ibnu Syaib Ibnu Ubaid Ibnu Abdi Zaid Ibnu Hasid Ibnu Mutholib.
.Belum genap 2 tahun, ayah beliau meninggal.
.Nasabnya mulia. Dari Quraisy, Mutholibi.
.Lahir: Gaza, Palestine.
.Untuk menjaga nasab, ibu beliau mengajak beliau ke Mekah.

.Beliau awali dengan belajar bahasa Arab ke orang pedalaman(logat msih asli dan bahasa Arabnya masih terjaga)
.Sambil belajar Bahasa Arab, beliau melempar dan memanah dan gak da yang mengungguli beliau.
.Saat belasan taun beliau sudah fasih berbahasa Arab
.Beliau punya kecerdasan => alangkah bagus kalo bermanfaat, yakni dengan memperlajari Fiqih dan Hadits

.Beliau belajar Fiqih dan Hadits di Mekah
.13 tahun => beliau mendengar ada alim bear di Madinah yakni Imam Malik Ibnu Anas.
.Imam Syafi'i pengen belajar Al Muwatho'(karangan Imam Malik Ibnu Anas)
.Selama 10 hari beliau membaca dan menghafal!
.Melalui bantuan gubernur beliau meminta bantuan agar bisa belajar ke Imam Malik. Ternyata gubernur sangat menghormati Imam Malik.
.Setelah bernegosiasi dengan budak Imam Malik dan dengan Imam Malik pula, Imam Malik mengizinkan. Imam Syafi'i kan udah hafal kitab itu, jadi Imam Malik simpatik ke Imam Syafi'i.

Catetanku banyak nian ternyata XD

Intinya:

beliau itu cerdas(13 tahun udah hafal Muwatho' & Bahasa Arabnya fasih -padahal bukan orang Mekah-). Dan kecerdasan itu beliau manfaatkan untuk menuntu ilmu dan berdakwah di jalan Allah.

Di samping itu meski ayah beliau sudah tiada, ibu beliau mensupport Imam Syafi'i untuk menuntut ilmu. Imam Syafi'i tu fakir, pas belajar berguru ke Imam Malik beliau menggerakkan jarinya. Imam Malik kan heran tuh. Imam Syafi'i ditanya dan great! Beliau jawab kalo gak punya pena & kertas, mangkanya beliau nyatet menggerakkan jari gitu dan beliau hafal! (Abis dites Imam Malik, beliau bisa jawab, hhe) Imam Syafi'i nyari tulang" yang cukup lebar untuk mencatat. Ibunya bantu!

Imam Syafi'i belajar ke Imam Malik 16 tahun. Beliau gak cuma berguru ke Imam Malik, tapi juga ke guru-guru di lain. Guru" Mekah udah, guru" Madinah juga udah. Gak cukup itu..

Beliau ke Yaman. Karena Imam Syafi'i bukan orang berpunya, beliau curhat ke ibunya, dan sang ibu membantu.

Imam Syafi'i berangkat, di Yaman beliau dipercaya untuk beberapa tugas pemerintahan. Imam Syafi'i bertanggung jawab dan dekat dengan pemerintahan. Beliau dipercaya untuk memimpin suatu unit, ada yang benci/ hasad, beliau dituduh berkhianat. Imam Syafi'i diuji. Beliau diborgol, dibawa ke Irak, dengan tuduhan membelot pada Harun Ar Rasyid.

Ada yang ditebas lehernya, ada tuduhan yang benar. dan giliran terakhir ialah pada Imam Syafi'i, tapi beliau bersastra dan beliau dipenjarakan XD (gak jadi ditebas lehernya). Ilmu bisa menyelamatkan, dengan izin Allah.

--ada cerita yang agak ketinggalan. Intinya ada seorang guru yang musti mengakui keilmuan Imam Syafi'i--

Beliau ke Mekah untuk Dakwah.

Imam Ahmad dan Imam Syafi'i sharing, aling mengisi ^_^

Tahun 204 Imam Syafi'i meninggal. Beliau Lahir tahun 150. Jadi 54 tahun.

Beliau aja kek gitu. Kita yang udah cukup umur gimana nih? *berkaca*

 tambahan :
-hafal Al-Qur'an usia 7 tahun
-beliau rohimahullah terakhir pergi ke mesir untuk belajar lagi dari murid senior Imam Malik rohimahullah
-dan mashaAllah sesampai di mesir beliau rohimahullah dianggap sebagai 'ulama' kabiir disana
-dan beliau rohimahullah wafat di mesir

Ditulis Oleh : asysya

Artikel [REVIEW PERJALANAN IMAM SYAFI'I] ini ditulis oleh asysya pada hari Monday, 4 March 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang [REVIEW PERJALANAN IMAM SYAFI'I] dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron