Buscar

Loading...

GATHERING R'nB 2013 (Makrab, Bedah Buku, dan Raker)

Bismillaah...

Alhamdulillah, tanggal 9-10 Maret 2013 tepatnya hari Sabtu dan Ahad R’nB(Research and Business) Undip telah mengadakan Makrab atau Gathering di Bandungan, tepatnya di VILLA QU. Hhe

Panitia dan peserta berangkat dari GSG Undip sekitar jam 8.00. Dua bus berangkat dari GSG dengan bus pertama yang diisi penumpang putri dan bus kedua dengan penumpang putra. Penulis datang before time dan sempat bercengkrama dengan kawan yang lama tak jumpa, hhe.
Bus putri berangkat duluan, namun tiada seorang pun tau letak persis TKPnya. Pak sopir hanya tau gambaran kasarnya. Hhe. Sempat terlalu jauh dari VILLA QU, namun turun lagi dan ketemu lah villa itu. Oya, HTM untuk acara ini ialah 85k, itu untuk penginapan, makan, dll.

Setelah sampai dan beres-beres sebentar, kami ke Aula untuk memulai acara. Seperti biasa, acara dibuka dengan sambutan, yakni sambutan Ketua Panitia Gathering saudara Lutfi Elektro 2012 dan oleh Presiden R’nB Mas Medi Prasetyo.

Kemudian acara diisi oleh mbak Tisa, yakni founder R’nB, atau kalo di buku putih nama beliau ialah Titisari. Mbak Tisa yang merupakan lulusan S2 di Taiwan ini mengisi acara Bedah Buku Putih, buku sakral R’nB, hhe. Beliau menjelaskan awalan buku itu, beliau tak menjelaskan sampai detail Kaderisasi dll, mengingat acara ini dihadiri oleh alumni Promotion Level 1 yang mana mereka masih baru alias unyu-unyu, hhe. Beliau menjelaskan bahwa R’nB merupakan ide dari Kadept Ekobis BEM KM yakni mas Lutvan dan departemen riset BEM KM Undip. Awalnya markas mereka ialah di SBC(Student Business Centre). Selain terkait buku putih dan sejarah R’nB, beliau juga menceritakan tentang pengalaman beliau belajar di Taiwan dan juga tentang penemuan Pak Warsito. Perbedaaan di Taiwan dan di Inodesia ialah terkait semangat dan totalitas.  

Setelah ishoma, pembicara selanjutnya belum datang, jadi kami sharing lagi dengan mbak Tisa. Hhe, di sini cerita mas Medi juga cukup berkesan, karena kalo mas Medi itu ditolak-ditolak-ditolak... proposalnya maksudnya, sampe kesekian, baru diterima. Namun, kalo mbak Tisa itu sekali mengajukan proposal langsung diterima, hhe.

Di tengah perbincangan dengan mbak Tisa, mas Pariman atau biasa disebut mas Piman hadir dan mengisi materi dengan game Envelope Fever, kek game taun lalu, hhe. Game itu kami memproduksi amplop dan menjual, di sisi lain ada Quality Control serta ada keadaan yang berbeda-beda.

Setelah itu, kegiatan selanjutnya ialah bersih diri, makan, sholat, istirahat (maksiat #eh).
Acara dilanjutkan sekitar jam 7.30 yakni malam pengakraban. Saat itu mas Medi memperkenalkan para direktur, manajer, dan lulusan PL2. Mas medi menjelaskan:
1.     Presdir merekomendasikan:
a.      10 menit pertama ada IC
b.      Setiap pertemuan, peserta wajib membayar 500 ke manajer, setelah itu dikumpulkan ke admin.
2.     Yunus(Manajer Pembinaan)
a.      PL1 dan PL2
b.      IC dengan coordinator project Ricky dan Hammam. IC nanti akan dispesifikkan, yang bisnis ya ikut kelompok bisnis, dan yang riset ikut kelompok riset.
3.     Intan(Manajer Akreditasi)
a.      Adanya pendataan anggota
b.      Adanya data pembicara
c.      Adanya rapor
4.     Para direktur => membangun kekeluargaan
5.     Mbak Ziza => bendahara
6.     Ula => sekretaris
7.     Selo(Manajer PR)
a.      Stuband
b.      Membuat company profile
c.      Tim pencari sponsorship
8.     Mbak Warsih(manajer Media)
a.      Fokus ke web
b.      Twitter
c.      Facebook
9.     Melia(Manajer IP)
a.      Pengelolaan jurnal => pelatihan dan konsulatasi
b.      Workshop PKM
c.      UTC dan Forum Indonesia Berinovasi
d.      Workshop business Plan
10.  Mas Anwar(Manajer EP)
a.      Expo
b.      Stuband => koordinasi dengan PR
c.      Mem-follow up-i jika ada tawaran pelatihan

Setelah itu kami bakar-bakar XD bakar-bakar jagung. Assiikkkk dah, hhe. And the next adalah bocan dan boim.

Nah, tanggal 10 Maret 2013 nya nih pagi-pagi kami olahraga dan game sueruuu. Olahraga dengan pemanasan dipimpin oleh Lutfi dan mas Malik, dilanjutkan dengan game tebak kalimat dan game gak tau namanya XD Jadi tu peserta game pake sarung, pake kalung dari sayur, dan mukanya dicemong pake adonan kopi dan adonan tepung. XD *alhamdulillah, penulis jadi Sie PDD dadakan XD *

Setelah itu, ada makan dan mandi. Dan selanjutnya ialah Presentasi Strategi Project. Semua direktur dan manajer memaparkan bagaimana strategi mereka untuk menjalankan project mereka.

Setelah itu Mas Eko Novianto datang, beliau juga memaparkan bagaimana kok bisa ada R’nB. Beliau menjelaskan bahwa kalo di negara maju itu mereka mengembangkan business by research. Beliau juga menjelaskan tentang generasi-generasi gitu, ada Generasi Purdi Candra, Bob Sadino, 2003 ke atas mulai ada seminar beasiswa tentang entrepreneurship, Wirausaha Muda Mandiri, dan YOT, tahun 2004-2005 berjamur seminar kewirausahaan. Beliau juga berkata kalo organisasi R’nB punya visi yang jauh ke depan, melebihi organisasi lain, visi R’nB juga untuk masa depan Indonesia yakni tentang melahirkan sosok technopreneur. Sukses itu butuh passion yang ditemukan/ yang dipaksakan dan analisis, BIG THINKING!

Setelah itu, sholat dan persiapan pulang. Qodarullah si bus belum dateng. Menantilah kami cukup lama. Panitia sempet nyari bus lain, namun malah ada dikit trouble. Alhamdulillah sekitar jam 4 kami pulang XD


Hikmah yang penulis petik:
1. Selalu jaga koordinasi dan komunikasi. Ini terkait masalah bus 1 yang tiada seorangpun tau di mana letak Villanya.
2. Carilah orang yang amanah, persiapkan hal terburuk, hati-hati, dan ketahui keadaan yang biasa terjadi(macet dll), ini terkait bus telat pas pulang.
3. Berbagilah dengan siapa saja, galilah ilmu dari siapapun. “Curi ilmunya”, kata mas Medi
4. Untuk menjalankan bisnis yang bisa bersaing, itu bukan pure bisnis tapi perlu riset untuk development, hhe. Business by Research.

Ada yang mau menambahi? Monggo ^_^



Ditulis Oleh : asysya

Artikel GATHERING R'nB 2013 (Makrab, Bedah Buku, dan Raker) ini ditulis oleh asysya pada hari Sunday, 10 March 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang GATHERING R'nB 2013 (Makrab, Bedah Buku, dan Raker) dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 comments:

Kiki Kamelia

Luar Biasa Dahsyat,, ^_^

asysya

Alhamdulillah. Moga kelak lebih dahsyat, lebih bagus, dan lebih bermanfaat ^_^

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron