Buscar

Loading...

DASAR TEORI DASHBOARD

Business Intelligence (BI) sebagaimana disampaikan oleh Turban (2010) merupakan kombinasi dari arsitektur, tool, basis data, aplikasi dan metodologi untuk dapat dilakukannya akses data secara, interaktif, manipulasi data, dan memberikan kemampuan kepada para manajer membuat keputusan bisnis yang lebih baik karena digunakannya fakta dan system yang berdasarkan fakta.

Business Intelligence (BI) mengacu pada teknik berbasis-komputer yang digunakan di dalam melihat, menggali, dan menganalisis data bisnis, seperti pendapatan penjualan suatu produk dan/atau  bagian atau hubungan beaya dan pemasukan.  (Wikipedia,2010)

Business Intelligence (BI) membantu pelaku bisnis untuk membuat putusan yang lebih informatif dengan menyediakannya tepat waktu, dan jawaban yang didukung data untuk pertanyaan-pertanyaan bisnis. BI menganalisis data yang disimpan di dalam  data warehouse, basis data operational, dan/atau  ERP systems (i.e. SAP®, Oracle, JD Edwards, Peoplesoft) dan mengubahnya menjadi dashboard dan laporan yang menarik dan mudah dimengerti. BI memberikan wawasan yang diperlukan untuk membuat putusan perencanaan strategis, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan pemrosesan bisnis.  (Microstrategy.com)

Tujuan Utama Business Intelligence:
  • Memungkinkan akses interaktif ke data (seringkali dalam bentuk real time).
  • Memungkinkan manipulasi data untuk memberikan analysis yang tepat oleh manajer.
  • Menyediakan wawasan yang bernilai untuk menghasilkan putusan yang informatif dan lebih baik.
  • Proses BI berbasis pada transformasi data ke informasi, kemudian ke putusan dan akhirnya ke aksi atau tindakan.
  • Memfasilitasi closing the strategy gap dari suatu organisasi.

Keuntungan Business Intelligence:

Eckerson (2003):
q  Penghematan waktu (60%).
q  Single version of the truth (59%).
q  Meningkatkan strategi dan plants (57%).
q  Meningkatkan putusan taktis (56%).
q  Proses lebih efisien (55%).
q  Penghematan beaya (37%).
q  Meningkatkan relationship pelanggan dan mitra (36%).

Thompson (2004):
q  Pelaporan lebih cepat, lebih teliti (81%).
q  Meningkatkan pengambilan keputusan (78%).
q  Meningkatkan layanan pelanggan (56%).
q  Menaikkan keuntungan (49%).

Salah satu tool yang digunakan BI adalah Dashboard, yang merupakan tampilan visual dari informasi penting yang disajikan pada satu tampilan layar computer. Disebut “dashboard” karena fungsinya sama seperti dashboard pada kendaraan. Fungsi utama Dashboard secara umum adalah untuk menyediakan data/informasi penting dan memberikan sinyal tentang suatu kondisi yang perlu segera mendapatkan respon atau perhatian. Contoh tampilan Dashboard untuk BI diberikan pada Gambar di bawah ini.

Dengan hanya melihat layar monitor yang ada di depan meja yang berisi tampilan Dashboard dan beberapa klik, para manajer dengan mudah dan real time dapat memantau semua aspek kinerja yang ada di kantor/ perusahaan. Didukung dengan layanan tampilan informasi dari Dashboard,  para manajer dapat melakukan analisis mengenai korelasi beragam dari variable kinerja dan juga perkembangan/ kecenderungannya, apakah naik atau menurun.

Untuk pengembangan aplikasi Dashboard, salah satu perangkat lunak yang mudah digunakan adalah Microsoft Office Excel. Melalui aplikasi Ms Excel dapat dibuat tabel atau chart yang berisikan serangkaian Key Performance Indicators (KPI) kantor/ perusahaan.
           
            Microsoft Office Excel adalah salah satu aplikasi terbaik di pasar untuk melaporkan dashboard, suatu teknik yang banyak Excel pengguna mungkin tidak akrab dengan atau mengetahui bagaimana menerapkan. Sementara banyak inividu menggunakan dashboard kata untuk menggambarkan grafik atau tabel. Panel control di Excel dapat dibuat dari gambar bentuk, gambar, tabel, grafik, sel, perbatasan, kontrol pada dasarnya apapun yang dapat diatur untuk secara visual merepresentasikan data. EMAGENT telah mengembangkan jenis dashboard ini bagi pelanggan kami selama lebih dari 12 tahun membantu mereka memvisualisasikan data mereka diselenggarakan pada lembar kerja atau di database. Karena dashboard dapat dibangun dengan cepat dan otomatis menggunakan VBA, proyek perangkat lunak yang digunakan untuk mengambil bulan dapat dilakukan di beberapa minggu. Pada dasarnya, laporan dashboard adalah cara untuk visual menyajikan data penting dalam bentuk ringkasan sehingga Anda dapat membuat keputusan yang cepat dan biaya efektif.

            Excel memiliki setidaknya lima fitur yang membuat aplikasi yang luar biasa untuk pelaporan dashboard:
o   Majalah berkualitas
o   Keluwesan
o   Daya analitis
o   Kesalahan menemukan

Dashboard pada Excel, yang tidak hanya membantu Anda untuk memahami hubungan yang kompleks di Excel data Anda, tetapi hal itu memungkinkan Anda untuk membangun dashboard Excel lebih cepat dan mudah.  Dengan komponen Dashboard untuk Excel  Anda dapat menggunakan Sparklines, Heatmaps, Mini Charts, grafik Bump dan grafik khusus lainnya, mendapatkan data visualisasi dramatis dan efektif ditingkatkan untuk perbandingan paralel cepat. Dashboard merupakan salah satu solusi untuk penyajian dan visualisasi data.  Dashbord  disini berfungsi untuk penyajian data dalam MS. EXCEL, dengan bentuk grafik yang dapat di kreasi kan dengan aplikasi yang ada dalam MS. EXCEL.

Lima pilihan untuk grafis. Pertama kemungkinan penambahan Sparklines diubah ukurannya dengan ukuran sel dalam rangka untuk membuat analisa cepat data. Kedua, dapat memasukkan heatmaps dan ikon dalam oder untuk menganalisis data sampai dengan 5 dimensi, Ketiga memiliki Charts Mini yang dioptimalkan grafis ukuran yang memungkinkan representasi yang sesuai dalam jumlah yang lebih besar data untuk dashboard, perubahan lihat Keempat dalam data segera dengan grafik benjolan. Lima, Khusus Charts satu set grafis baru yang bermanfaat.

Empat jenis grafik telah ditambahkan di bagian Charts Khusus:
- Lines (max-min)
- Lines (tinggi, rata-rata, rendah)
- Lines (max, tinggi, rata-rata, rendah, min)
- Beberapa indikator kemajuan



Contoh Excel Dashboard

1. Dashboard ini membandingkan 13 bulan kinerja penjualan untuk 110 produk yang berbeda. Tampilan ini melaporkan pengeluaran melalui rekening, penjualan oleh pelanggan, dan ukuran lain kinerja untuk item terbanyak. Dengan laporan ini manajer dapat menentukan produk yang berkinerja buruk. Laporan khas yang berisi data ini akan menggunakan banyak halaman dan memakan waktu lebih lama untuk membaca dan memahami.

2. Dashboard hitam-putih ini menampilkan data public companies, yang melaporkan ringkasan kinerja keuangan dan marketing dari dua vendor yakni MoneyCentral.MSN.com dan Finance.yahoo.com. Anda dapat menerima dashboard seperti ini untuk setiap perusahaan public yang diperdagangkan di AS. Hanya dengan mendaftar newsletter ExcelUser dan meminta form sign-up di komentar dashboard. Pastikan untuk menyertakan symbol ticker dari dashboard perusahaan yang Anda lihat.
Dashboard yang membandingkan ukuran kunci terhadap kinerja keuangan satu perusahaan dengan pesaing public. Dalam hal ini, kolom dalam tabel tidak cocok kolom spreadsheet karena laporan ini menggunakan alat Excel kamera tabel dari lembar lain dalam buku kerja.

3. Contoh dashboard berikut menggunakan tujuh baris data untuk menyajikan informasi yang sama tentang tujuh perusahaan yang berbeda. Setiap kolom grafik dalam gambar ini menggunakan nilai Y-sumbu yang sama. Dashboard ini memungkinkan pembaca untuk visual membandingkan kinerja masing-masing perusahaan untuk masing-masing dari empat langkah memetakan. 

4. Sampel dashboard berikut menampilkan 20 grafik dan 2 tabel pada satu halaman tercetak. Ketika digunakan dengan data internal. Chart seperti ini biasanya berisi 13 paling-terbaru bulan kinerja. Mereka sering termasuk anggaran untuk periode sebanding atau kinerja untuk tahun sebelumnya.

5. Berikut ini adalah dashboard rumit berdasarkan gaya majalah bisnis, yang merupakan sumber ide design untuk dashboard Excel. Ini dashboard Excel adalah mockup dengan menggunakan format yang muncul di Business Week pada saat itu. 


Ditulis Oleh : asysya

Artikel DASAR TEORI DASHBOARD ini ditulis oleh asysya pada hari Friday, 30 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang DASAR TEORI DASHBOARD dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

2 comments:

Unknown

mas kl contohnya ada gak? bisa di download gk mas, soalnya kalau cuma teori agak susah memahami nya, jadi tidak ada bayangan seperti ap.,, mungkin seperti tu mas komennya,

Martiadi kentuy

bagus tinggal tambah foto dari dashboardnya aja

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron