CONTOH PERSONAL BRANDING VIA BLOG & FB

In the Name of Allah The Most Merciful and The Most Gracious

IMO, Personal branding adalah cara atau upaya bagaimana mengemas diri kita agar dinilai orang lain sesuai keinginanan kita. Kita ingin dikenal sebagai blogger ya kita usahakan untuk menjadi professional blogger. Kita buktikan dan implementasikan. Maka orang akan percaya kepada kita bahwa kita professional blogger. ^^

Give thanks to Allah yang udah ngasih kesehatan dan waktu luang (2 nikmat yang terlupakan, hhe) ke penulis. Dan semoga pembaca juga senantiasa sehat.

Wah, lama kagak nulis nih, rasanya apa yang ada di otak pengen ditumpahin semua, hhi. Jadi, dengan keluangan yang ada penulis pengen ngemeng (upsss, nulis maksudnya) about Online Personal Branding. Awalnya c penulis agak menggalau gitu deh mau nulis ini coz keknya tu sensi gitu ngomong tentang diri sendiri. Penulis juga keinget ini nih, sebuah surat cinta dari-nya yang bernama Wanita pada ayat ke 36.. “Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.” Semoga penulis bisa menyinkronkan antara personal branding & gak membanggakan diri. *aamiin ^^*

Di sisi lain kalo mau ngomong sesuatu contohnya personal branding sedangkan yang ngomong belum membuktikannya(mengimplementasikannya) kek sama aja bo’ong kan, hhe.

Berawal dari kegemaran online c, kegemaran blogging juga, nemu dah webnya bang Romi . Penulis baca ada artikel tentang personal branding. Penulis juga sering menemukan dua kata itu di dumay (dunia maya), juga kalo penulis ke toko buku nemu dah tulisan itu. Awalnya absurb banget nangkep arti tu kata, belum ngeh sepenuhnya juga.

Namun, Alhamdulillah di suatu hari yakni pada hari itu ada seminar Euphormatic besutan Divisi Mikat HMIF UNDIP (ups, udah pada tau belum ya Mikat ntu apa, Mikat itu Minat dan Bakat, yakni salah satu Divisi di HMIF yang mewadahi mereka yang ingin bergelut/ berkecimpung di dunia peminatan dan perbakatan *haiah, hhe*, gak harus mereka yang punya talent tapi mereka yang semangat n mau concern ke sana, hhe). Next… nah, acara yang diketuai oleh mas Renold ini diadakan di GSG UNDIP (Gedung Serbaguna Universitas Diponegoro). Subhanallah sekali dah pembicaranya beliau, kata penulis dan teman-teman c acara itu kurang lama, hmmm, entah emang kurang lama atau karena beliaunya komunikatif gitu ya, jadinya kita juga excited, hhe. Penulis yang pengen focus di dunia perbloggingan antusias dengan tema tersebut, dulu c temanya Green Computing, namun karena penjelasan Pak Romi yang ampe kemana-mana maka penulis malah nanya tentang blogging, hhe.

Penulis nanya gini nih, “Bagaimana kita membranding diri kita di blog sedangkan pengalaman dan wawasan kita belum banyak?” Trus Bapaknya menyebutkan beberapa tips. Ini dia… Tips-Tips Personal Branding via Blogging:1.       Tulis tema yang booming
2.       Daily update
3.       Jangan pakai gratisan
4.       Hanya ada di situs kita, di situs lain gak ada.
5.       Kalau belum terdaftar, segera daftarkan.


Bermula dari hal itu penulis agak galau, mau dibawa ke mana blog penulis, blog dengan niche yang campur baur dan penulis excited dengan kondisi itu, hhe.

Deskripsi blog penulis itu .: BEBERAPA TUANGAN APA YANG ADA DIOTAK, CERITA, KEMANFAATAN :.
Sedangkan judulnya adalah CUAP-CUAPZ BERMANFAAT.

Penulis belum berkesempatan untuk melakukan ekspansi bikin blog/ web baru karena tugas perkuliahan dan tugas kegiatan yang lumayan. Ya, penulis tetep stay pada blog itu. Nah karena penulis mengikuti kegiatan (sebagai peserta atapun panitia), maka penulis share di situ pengalaman penulis. Nah dari segi tema masuk kan, sinkronisasi tema dengan judul maupun deskripsi blog. Dan yang bisa dicapai juga yakni point ke 4 dan 5 dari tips di atas. Kalau tulisan kita sendiri kan berarti hanya ada di situs kita, di situs lain gak ada kecuali ada yang ngopast tulisan kita. Dan Alhamdulillah sejak awal penulis udah mendaftarkan blog penulis ke beberapa search engine (seperti google dan yahoo).

Dari pengalaman yang penulis alami jika berkesempatan penulis share di blog (implementasi khowledge sharing juga kan, hhe). Penulis usahakan gak hanya menulis pengalaman atau Cuma cerita-cerita biasa, namun penulis ambil kesimpulan, quote, hikmah, atau hal-hal kecil yang bermanfaat, insyaAllah. Selain via blog penulis juga aktif via FB.

Waktu awal karena penulis aktif di FB, admin pertama FB juga menawari penulis untuk menjadi admin FB Prodi Informatika Undip 2011, oke penulis terima, hhe. Penulis usulkan di grup itu untuk punya blog.

Dari situ penulis diminta untuk menjadi salah satu adminnya, okelah penulis setujui.

Waktu awal masuk Informatika Undip penulis masuk ke grup yang di situ isinya semua keluarga besar undip (mahasiswa, dosen, dan alumni), penulis disapprove oleh kakak tingkat 2008 yang beliau PKL di free Port namanya mbak Lindri. ^^ penulis ngewall ke beliau, penulis bertanya tentang web. Penulis juga menanyakan masalah terkait tentang web atau blog di grup itu. Alhamdulillah anggota grup itu antusias menjawab. Dan pada saat ada acara Yahoo Indonesia penulis ditanyai mbak Lindri apa akan masuk di Divisi KomInfo karena penulis seneng blogging, sedangkan di KomInfo ada web sebagai sarana untuk aplikasinya.

Jujur, penulis pengen di diklat c, penulis pengen bisa focus bantu adik-adik tingkat dalam bidang pendidikan, ini interpretasi dari diri penulis sendiri saat menjadi maba yang masih butuh banyak pencerahan soal kuliah Informatika.hhe. ada tawaran untuk jadi Sekre dan Bendahara juga. Kalo sekre mungkin karena penulis sering mencatat, hhe, kalo Bendahara pertimbangannya karena penulis sering jadi rentenir, hhe. ^^V

Saat ada open recruitment untuk menjadi panitia semnas Nanotechnologi yang diadakan oleh RIC (Riset Incbator Center) UNDIP, penulis mendaftar diri ikut, penulis diterima di sie (seksi) PDD. Setelah mengetahui pamfletnya (dikirimi soft file pamphlet via email) penulis jadikan pamphlet itu sebagai PP FB, penulis terinspirasi dengan ide kakak tingkat Informatika yang sering memakai pamphlet acara untuk Photo Profil FB. Dan sang ketua acara appreciate banget ma langkah penulis. Hhe

Setelah menjadi panitia, penulis mendapat banyak pengalaman, dan Alhamdulillah penulis post di blog dan masuk ke pencarian google dengan keyword “Nanoteknologi Undip”. Dari acara/ semnas itu dilaunchingkan juga forum NASAFOR UNDIP (Nano Sains Forum), penulis dengan santai menuliskan nama penulis di daftar nama yang ingin mengikuti forum ini. Suatu hari penulis menanyakan via SMS kepada ketua NASAFOR (Mas Singgih Fisika UNDIP 2009), apakah NASAFOR sudah mempunyai blog, kalau disearch yang muncul tu kelompok studi Nano punya UNS, “UNDIP belum punya ya?” Tanya penulis dalam hati, hhe.

Dan suatu pagi di wall penulis Mas Singgih ngewall menanyakan apakah penulis mau menjadi Staff InfoKom di NASAFOR ngurusi blog. Awalnya penulis pertimbangkan, namun karena penulis ingin jadi professional blogger maka penulis putuskan untuk ambil job itu. Hhe.

Nah itulah personal branding yang penulis lakukan secara online yakni via blog dan FB. Namun di samping itu personal branding offline juga harus diperhatikan. Jangan sampai kita membrand diri kita secara online “wah”, namun secara offline kita miskin aplikasi *jangan sampai, hhi, semoga penulis bisa menyinkronkan keduanya*.

Ditulis Oleh : asysya

Artikel CONTOH PERSONAL BRANDING VIA BLOG & FB ini ditulis oleh asysya pada hari Sunday, 18 December 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang CONTOH PERSONAL BRANDING VIA BLOG & FB dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

7 comments:

foodie-blogger (Elva)

hehe, Asysya,,, aku datangg... baru baca ini
hwa, kalo ktemu Lindri, salam yaa.. dia ketuakelasku pas SMA kelas X.
xixi

asysya

Iya mbaknya InsyaAllah, hhe.
Mbak Lindri lagi sibuk prep KKN kali. hmm
Subhanallah baru tau kalo mbaknya temen mbak Lindri ^^

foodie-blogger (Elva)

@asysya
hehe,,
Kmu Undipnya di atas apa bawah Sya? Apa udah ga ada yg bawah lagi ya? hmhm

Thamrin

ukhty, cara buat komentar Fb kaya yg di atas ini gimana ? mohon dishare ya
jazaakumullah ..

rizki edogawa

ana terharu ukh T.T

keep blogging, keep writing, keep giving something :D

Anonymous

Kak, apa sih contoh personal branding?

melon wortel

hehe. ya contohnya seperti yang di atas itu dik.

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron