What Do U Think About Cheating...???

Bismilah... Tulisan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Saudariku Edo.. =) 1. Apa pendapat Anda mengenai “Mencontek”?  Menurut saya mencontek merupakan tindakan pembohongan yang akan mencederai diri pelakunya dan aktivitasnya. Kenapa saya katakan demikian? Coba lihat saja pada orang yang suka/ terpaksa mencontek, maka nilai yag ia peroleh bukan mutlak nilainya, karena itu amal jama’i * =) *, sehingga ia tak tau seberapa perkembangan dirinya atau seberapa kemampuannya. Aktivitas test yang digunakan untuk menilai kapabilitasnya, menjadi terkontaminasi tindak pencontekkannya. 2. Apa penyebab siswa mencontek?  Penyebab yang pasti karena ia kurang persiapan dari rumah. Namun tidak semua siswa yang kurang persiapan pasti akan mencontek.  Kepercayaan yang belum ia jiwai. Sejak kecil qt tau yang namanya bohong itu dosa. Namun semua itu tak hanya sebatas sampai di lisan, naum juga harus ada aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.  Masalah-masalah eksternal maupun internal. Contohnya: jika seorang anak dipaksa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan ia tidak mempersiapkan jauh-jauh hari, ia malas, dan tanggal main sudah di depannya, serta kepercayaan yang belum ia jiwai, maka aksi cheating pun ia lakukan.  Linkungan yang kurang baik. 3. Apakah siswa akan merasa puas setelah mencontek? mengapa?  Menurut penulis, bukan rasa puas yang qt dapatkan karena itu bukan hasil murni yang keluar dari otak qt sendiri. gimana bisa puas kalo sudah terkontaminasi hasil orang lain. 4. Apa dampak positif dan negatif dari mencontek?  Dampak positif : pencontek akan memperoleh hasil yang bagus (tidak semuanya), jadi pencontek harus pintar pula,misalnya dengan menganalisis jawaban teman dan mencontek pada teman yang kapabel.. *hhe malah ngajari mencontek*  Dampak negatif : 1) tidak mengetahui kemampuan diri sendiri. 2) memupuk sikap suka berbohong, yang bisa saja terbawa hingga dewasa. 3) menimbulkan sikap kurang kondusif saat test berlangsung. 4) memupuk sikap malas dan tidak bertanggung jawab. 5) berdosa. 5. Menurut Anda, siapakah yang paling ertanggung jawab terhadap perilaku mencontek? (siswa sendiri/ guru)  Menurut penulis ya siswa itu sendiri. Seharusnya ia mampu memimpin dirinya sendiri untuk tidakk berbuat curang dan ia bertanggung jawab atas dirinya sendiri pula.

Ditulis Oleh : asysya

Artikel What Do U Think About Cheating...??? ini ditulis oleh asysya pada hari Thursday, 16 December 2010. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang What Do U Think About Cheating...??? dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron