Buscar

Loading...

FINDING TIME (MENEMUKAN WAKTU)


FINDING TIME (MENEMUKAN WAKTU) – By: Paula Peisner Coxe
Kesejukkan bagi Para Wanita Sibuk


 Tips 1: Kelola Harapan Orang Lain terhadap Anda
        Tanyakan pada diri sendiri:
“Mengapa aku mau mengerjakan ini?”
“Apa yang kuinginkan dari situasi ini?”
“Apa yang diinginkan atau diharapkan orang lain yang terlibat di dalamnya?” – Fokuskan jawaban Anda pada hasilnya
“Bagaimana caraku bisa memenuhi harapan mereka dengan tetap menjaga ketenangan  saya?”
“Bisakah secara realistis saya berjanji untuk memenuhi pengharapan mereka dan mendapatkan apa yang saya inginkan dari situasi itu?”

 Tips 2: Sedikit Lapisan Tidak akan Menyakiti Siapa pun
     Bantalan yang nyaman bisa melapisi Anda pada bagian yang tepat. Usahakanlah untuk selalu memperpanjang perkiraan waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian suatu sasaran. Jalankan cara ini dan dan jadikan sebagai pengukur waktu pribadi Anda, dan perkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk semua mata rantai yang terlibat.

  Tips 3: Belajar Mengatakan ‘Tidak’ pada Orang Lain dan ‘Ya’ pada Diri Sendiri
     Jika ada orang yang meminta Anda melakukan sesuatu, jangan langsung memberi jawaban. Jangan cepat-cepat menurutinya. Jika Anda harus mengatakan ‘Tidak’, maka katakana dengan efektif dan dengan dipermanis. Diam dulu sebelum menjawab. Beri waktu bagi diri Anda sendiri untuk berpikir. Jika situasinya terlalu emosional sehingga tidak memungkinkan jawaban langsung, maka gunakanlah voice-mail atau email untuk mengatakan ‘tidak’. Mungkin kelihatannya seperti jalan keluar bagi pengecut, tetapi pesan Anda tetap bisa sampai dan tidak membuat orang lain menunggu-nunggu dalam ketidak-pastian. Dengarkanlah kata nurani Anda dan kenali motivasi Anda yang sesungguhnya. Jika kata ‘tidak’ adalah jawaban yang tepat untuk permintaan itu, katakan saja.

 Tips 4: Alihkan saja kalau Tidak Berguna dan Berlarut-Larut
1)         Memandang ke depan.
2)         Kenali konflik yang mungkin timbul
3)         Usahakan solusi yang disepakati bersama
4)         Arahkan perhatian pada hasil-hasil akhir
5)         Segera uhubungi semua pihak yang terkait
6)         Hindari terjadinya hal-hal yang tidak terduga

  Tips 5: Membangun Benteng Waktu yang Kokoh – Batasi Gangguan
   Sadari bahwa seti gangguan yang terjadi selalu mencuri waktu Anda tanpa bertanya dulu. Perlakukanlah diri Anda dengan baik, juga orang yang menelepon, atau para penunggu, tetapi bersikaplah tegas dan beregang pada jadwal kerja Anda. Jika diri Anda sendirilah musuh terburuk Anda dan Anda selalu saja menemukan cara untuk menunda-nunda pekerjaan, usahakan mengerjakan yang paling berat dulu, baru kemudian mengerjakan bagian-bagian yang lebih ringan dan menyenangkan.

 Tips 6: Telepon – Teman sekaligus Musuh Anda
1)      Mesin penjawab telepon Anda bisa merekam telepon masuk untuk menghemat waktu.
2)      Tingkatkan produktivitas setiap menit waktu yang Anda lalui dengan malakukan metoda sambil menyelam minum air – melakukan lebih dari satu hal ketika menelpon.
3)      Waspadai waktu yang Anda habiskan dalam setiap pembicaraan lewat telpon.
4)      Luangkan waktu untuk menelepon. Dengan lebih dulu menelpon seseorang, maka Anda akan lebih siap dan bisa mengendalikan lama waktu menelpon dan isinya.
5)      Gunakan cara efektif dalam mengakhiri pembicaraan.

7~ to be continued

Ditulis Oleh : asysya

Artikel FINDING TIME (MENEMUKAN WAKTU) ini ditulis oleh asysya pada hari Thursday, 17 April 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang FINDING TIME (MENEMUKAN WAKTU) dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron