Buscar

Loading...

#PKL01: Mencari Pencerahan dan Petuah Dosbing :D

Bismillaah

Alhamdulillaah kemaren udah main ke software house gitu. Kami main ke Edusarana kemaren sama kakak tingkat. Di sana terserah kita sih mau bikin apa, sewaktu kami mengusulkan PHP, Bapaknya kurang sreg dan mengarahkan kami untuk menggunakan ASP saja, karena yang sedang dicari perusahaan ialah yang bisa Bahasa pemrograman ASP. Di Edusarana ada beberapa website yang bisa digarap:

1.      http://edusarana.com/
2.      http://sipaktani.com/
3.      http://edu4indo.com/
4.      http://indoshe.com
6.      http://bibitku.com
7.      http://shentra.com
8.      http://tryout.co.id
9.      http://enlightweb.com

Di Edusarana sendiri PKLnya tidak ada deadline, karena menuntut kemandirian seseorang.

Setelah itu, saya ke dosen pembimbing, untuk fiksasi dosbing dan biar lebih mengetahui gambaran mengenai PKL.

Ini arahan beliau:

1.      Sebenarnya banyak hal (ide) yang bisa digarap anak IF. Ketika feses saja yang merupakan kotoran bisa membuat seseorang bisa meraih gelar professor, apalagi jurusan kita begitu. Banyak data yang bisa diambil, dari dinas-dinas semacam itu, banyak proyek juga yang bisa digarap. Hanya butuh ketekunan dan konsistensi kita dalam pengerjaannya.
2.      Setelah booking dosbing, jangan lupa bilang ke coordinator PKL mengenai PKL kita yakni menyampaikan tempatnya atau judul PKLnya. Karena booking dosbing saja tidak cukup, namun perlu bilang ke coordinator PKL, agar bisa didata dan yang cepat nanti bisa disetujui dosbing bookingannya, jika tidak nanti coordinator PKL akan mengacak dosbing kita.
3.      Dalam pengerjaan PKL sebaiknya diperhatikan jadwalnya (luangkan waktu untuk PKL). Jadwal yang sudah kita buat (kelak) pada skala bulan, bisa dibreakdown menjadi skala pekan dan hari. Dengan konsistensi itu, insyaAllaah PKL bisa dalam waktu dua semester bahkan satu semester, begitu pula untuk TA. Untuk lebih mempermudah lagi, pengerjaannya bisa ditarget hari ini bab sekian poin sekian. Jadi kita pun bisa memprediksi kapan kita lulus.
4.      Manfaatkan fasilitas bimbingan. PKL ialah mata kuliah yang bisa disesuaikan dengan keinginanan kita, karena tidak ada aturan yang mengikat (tidak seperti mata kuliah lain). Maka, mungkin dirasa cukup jika satu bulan satu kali bimbingan, jadi kalau satu semester kan terhitung 6 kali bimbingan.
5.      Tips mencari referensi: download jurnal sebanyak-banyaknya(mungkin bisa di kampus yang wifiya kenceng), baca, kemudian urutkan sesuai tingkat bagusnya jurnal.  
2.      Jangan todong dosen. Kadang ada yang menginginkan lulus sesuai target (misal: bulan januari wisuda), sedangkan mahasiswa seperti menodong dosen pada bulan Desember, agar Tanya kelar bulan Januari. Ingat, dosen punya binaan lain dan kesibukan lain.   
3.      Selain di software house, kedinasan, dan proyek, PKL bisa dilaksanakan untuk membuat website UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa) di Undip, Karena belum semua UKM mempunyai website.
Mungkin baru itu saja yang bisa saya sampaikan dari hasil bimbingan pertama kemaren, hhe. Semoga bermanfaat dan kita cepet lulus :D


Ditulis Oleh : asysya

Artikel #PKL01: Mencari Pencerahan dan Petuah Dosbing :D ini ditulis oleh asysya pada hari Wednesday, 25 December 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang #PKL01: Mencari Pencerahan dan Petuah Dosbing :D dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

0 comments:

Post a Comment

Assalaamu'alaykum.. Teman-teman yang mengenal saya atau pun tidak, silakan memberikan komentar teman-teman mengenai blog ini. Demi perbaikan saya, ok? :)
Syukron wa jazakumullahu khoiron